Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat BNI

cara cepat transfer uang ke luar negeri lewat bni

Sekarang ini kebutuhan untuk mengirim uang ke luar negeri semakin banyak, entah itu keperluannya bersifat pribadi ataupun bisnis.

Namun, untuk mengirim uang ke luar negeri terkadang seringkali harus mencari mana jasa yang paling tepat atau lebih tepatnya mencari smart remittance terbaik yang bisa mengirimkan valas (valuta asing) dengan biaya yang murah dan juga dengan cara yang mudah. Apabila Anda memiliki rekening bank BNI, selamat! Anda bisa transfer uang ke luar negeri lewat BNI sekarang ini.

Bank Nasional Indonesia mengerti berbagai keperluan yang menyangkut bisnis atau pribadi yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri dengan mudah bagi seluruh nasabahnya. Bagaimana cara mudah transfer uang ke luar negeri lewat BNI ini?

Apakah Bank BNI Bisa Transfer ke Luar Negeri?

Saat ini, Anda dapat mengirim uang ke saudara atau kerabat bisnis di luar negeri dengan menggunakan layanan International Remittance yang tersedia melalui aplikasi BNI Mobile Banking. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat dengan mudah mengirimkan dana ke luar negeri.

Selain menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirimkan valas ke luar negeri asalkan Anda merupakan nasabah bank BNI.

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Menggunakan BNI Smart Remittance

Smart Remittance adalah layanan yang ditawarkan oleh Bank BNI yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dana baik dalam maupun luar negeri menggunakan berbagai mata uang (Outgoing Transfer), serta menerima transfer dana dari luar negeri ke dalam negeri (Incoming Transfer).

Incoming Transfer (ITR)

Untuk dapat menerima transfer uang dari luar negeri dengan menggunakan Bank BNI, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  1. ITR BNI account: Pengiriman uang dari luar negeri langsung ke rekening BNI Anda.
  2. ITR non-BNI account: Pengiriman uang dari luar negeri ke rekening bank domestik di Indonesia selain BNI.
  3. BNI Wesel PIN: Pengiriman uang dari luar negeri yang dapat diambil dalam bentuk tunai di berbagai outlet BNI, kantor pos, Alfamart, Pegadaian, agen 46, dan agen pembayar BNI Wesel PIN lainnya.
  4. BNI Mobile Remittance (BNImore): Inovasi digital dari BNI untuk memudahkan pengiriman uang dari Singapura ke Indonesia. Dapat diakses melalui ponsel di mana saja dan kapan saja.
  5. Pengiriman uang dari luar negeri yang cepat, mudah, dan aman.
  6. Jaringan koresponden yang luas di luar negeri.
  7. Tarif kompetitif.

Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima uang dari luar negeri menggunakan Bank BNI, di antaranya:

  1. Pengirim datang ke agen pengirim/koresponden BNI di luar negeri dengan menyerahkan uang kiriman dan identitas, serta mengisi formulir kiriman uang atau melalui aplikasi digital koresponden.
  2. Penerima kiriman uang yang mengambil kiriman uang di cabang BNI melalui layanan BNI Wesel PIN harus membawa nomor PIN dan kartu identitas (KTP/SIM).
  3. Untuk kiriman uang yang diterima dalam rekening tabungan BNI, dapat diambil melalui ATM BNI, outlet BNI, atau agen 46.

Outgoing Transfer (OTR)

Bagaimana dengan Anda yang ingin mengirimkan uang dari luar negeri atau ke luar negeri? BNI Smart Remittance memliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Multi-currencies: Layanan pengiriman uang yang dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara.
  2. Produk Yuan Remittance, Won Remittance, serta Ringgit Remittance: Memudahkan pengiriman uang ke negara-negara seperti China, Korea Selatan, dan Malaysia.
  3. Produk OTR Local Currency Settlement (LCS): Layanan pengiriman uang yang dapat dikirim dan diterima dalam mata uang Malaysia Ringgit dan Thailand Baht (MYR dan THB).
  4. Fitur OTR mobile: Pengiriman uang dapat dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking Personal.
  5. Tarif kompetitif.
  6. Cepat, pengiriman uang dapat diterima pada hari yang sama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk dapat melakukan Outgoing Transfer dengan menggunakan Bank BNI, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti:

  1. Merupakan nasabah BNI (bukan walk-in customer).
  2. Membawa buku tabungan ke cabang BNI dan membayar biaya kirim sesuai ketentuan.
  3. Membawa dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR.

Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat Kantor Cabang BNI

Ada berbagai cara untuk bisa transfer uang ke luar negeri bagi Anda yang meruopakan nasabah dari Bank BNI. Tidak perlu menggunakan jasa remmitance yang tentu saja terkadang memiliki pajak dan juga biaya layanan yang mahal.

Anda bisa cukup ke kantor cabang BNI untuk mengirim uang ke luar negeri dengan cara sebagai berikut:

  1. Persiapkan Dokumen dan Informasi Anda: Pastikan Anda memiliki rekening BNI, KTP, dan buku rekening Anda.
  2. Cari Kantor BNI Terdekat: Temukan kantor BNI yang terdekat dengan lokasi Anda.
  3. Berkunjung ke Kantor BNI: Setelah tiba di kantor BNI, sampaikan kepada petugas bank bahwa Anda ingin melakukan transaksi internasional ke luar negeri.
  4. Mengisi Formulir dan Menyerahkan Dokumen: Petugas bank akan memberikan formulir yang perlu Anda isi. Pastikan untuk menyertakan semua persyaratan yang diperlukan:
    • Isi kode SWIFT (atau BIC code) dari bank tujuan. Jika Anda tidak mengetahui kode ini, Anda dapat bertanya kepada petugas bank atau mencarinya di theswiftcodes.com.
    • Masukkan IBAN CODE (International Bank Account Number) atau nomor rekening internasional bank tujuan.
    • Tuliskan nama bank tujuan, negara, nama penerima, dan jumlah uang yang akan dikirim.
    • Setelah selesai mengisi formulir, berikan formulir tersebut kepada teller bersama dengan uang yang akan dikirimkan dan biaya pengiriman yang berlaku.
  5. Proses Pengiriman Internasional: Petugas BNI akan memproses transaksi internasional Anda setelah menerima semua dokumen dan informasi yang diperlukan.

Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat Mobile Banking

Adapun cara lainnya yang lebih mudah dan juga bisa dilakukan kapan saja, yaitu dengan menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, apa saja itu? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi BNI Mobile Banking: Akses aplikasi BNI Mobile Banking dan masuk ke halaman utama.
  2. Pilih Transfer: Di halaman utama, pilih opsi “Transfer.”
  3. Menu International Remittance: Dalam menu Transfer, cari dan pilih opsi “International Remittance.”
  4. Baca Syarat dan Ketentuan: Setelah membaca dengan teliti syarat dan ketentuan, lanjutkan dengan mengklik opsi “Lanjut.”
  5. Pilih Nomor Rekening Debet: Pilih nomor rekening BNI Anda yang akan digunakan untuk melakukan transfer.
  6. Pilih Input Baru: Dalam menu ini, pilih “Input Baru.”
  7. Pilih Negara Tujuan Transfer: Pilih negara tempat Anda akan mengirim uang.
  8. Pilih Bank Tujuan: Selanjutnya, pilih bank penerima di negara tujuan Anda.
  9. Isi Detail Penerima: Masukkan nomor rekening atau IBAN penerima, lalu tuliskan nama dan alamat penerima. Jika Anda ingin menyimpan nomor rekening penerima sebagai favorit, tandai kotak “Simpan ke Daftar Favorit” dan masukkan nama singkat.
  10. Isi Jumlah Uang dan Beban Ongkos Bank Koresponden: Tentukan jumlah uang yang akan Anda kirim dalam mata uang yang dipilih (misalnya, US Dollar, Euro, dll.). Selanjutnya, pilih opsi “Beban Ongkos Bank Koresponden.”
  11. Pilih Tujuan Transaksi: Anda akan diarahkan ke halaman validasi. Masukkan kata sandi transaksi Anda.
  12. Klik Lanjut: Setelah semua data telah diisi dan transaksi telah divalidasi, klik opsi “Lanjut” untuk menyelesaikan transaksi Anda.

Berapa Lama Waktu Transfer Uang ke Luar Negeri?

Terkait dengan berapa lama waktu transfer uang ke luar negeri dengan menggunakan Bank BNI, tidak ada waktu yang pasti. Anda bisa tanya langsung ke teller terlebij dahulu sebelum mengirimkan uang ke luar negeri tersebut.

Akan tetapi, beberapa pengalaman berkata jika to send money abroad dengan menggunakan Bank BNI ini bisa diterima langsung saat itu juga setelah semua proses dilaksanakan.

Akan tetapi, jika menggunakan BNI Mobile Banking bisa berbeda, bisa jadi beberapa jam baru bisa uang tersebut diterima, hal ini tergantung juga dengan berapa nominal yang Anda kirimkan dan juga jika bukan dalam hari kerja bisa jadi pengiriman uangnya delay beberapa jam.

Apakah BNI Taplus Bisa Digunakan di Luar Negeri?

BNI Taplus adalah jenis rekening Bank BNI yang diperuntukkan penggunaannya untuk usaha dan juga digunakan untuk menabung. Namun, BNI Taplus ini sebenarnya masih bisa digunakan untuk transfer uang ke luar negeri.

Namun, ada batasan yang masih berlaku yaitu untuk transfer ke sesama Bank BNI dibatasi Rp. 100 juta perharinya. Sedangkan untuk pengiriman uang di lain bank dibatasi sehari Rp. 25 juta saja.

Alternatif Untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

banner cara transfer uang ke luar negeri lewat bni

 

Untuk Anda yang ingin bisa transfer uang ke luar negeri dengan mudah dan juga dijamin bisa mendapatkan banyak sekali penawaran yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa remittance dari Easylink.

Easylink dapoat memberikan anda kemudahan untuk kirim uang ke luar negeri di lebih dari 170 negara entah itu untuk kebutuhan personel ataupun untuk kebutuhan bisnis.

Artikel Terkait:

  1. Cara Transfer Dari Luar Negeri ke Indonesia
  2. Cara Transfer Uang ke Luar Negeri
  3. How to Transfer Money Abroad via BRI
form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!