10 Komoditas Ekspor dan Impor Thailand yang Populer!

komoditas impor thailand

Thailand, yang dikenal dengan julukan “Negeri Gajah Putih,” adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki perekonomian yang dinamis dan beragam. Dengan posisi strategis di pusat wilayah tersebut, Thailand telah menjadi pusat perdagangan dan investasi yang penting. 

Perekonomian Thailand sangat bergantung pada perdagangan internasional, baik melalui ekspor maupun impor, yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonominya. Negara ini terkenal dengan berbagai komoditas unggulannya yang diekspor ke seluruh dunia serta berbagai barang yang diimpor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai komoditas ekspor dan imported Thailand.

Komoditas Ekspor Thailand

Thailand dikenal sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang kuat di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan data yang diambil dari Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia, berikut adalah beberapa komoditas utama yang diekspor oleh Thailand beserta negara tujuan ekspornya:

Mobil, Komponen, dan Aksesoris

Thailand adalah salah satu produsen utama mobil dan suku cadang otomotif di dunia. Industri otomotif ini berkontribusi besar terhadap ekspor negara, dengan negara tujuan utama seperti Jepang, Australia, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Mobil-mobil yang diproduksi di Thailand terkenal karena kualitasnya dan biaya produksi yang kompetitif, membuatnya menjadi pilihan populer di pasar internasional. Jika Anda membutuhkan pengiriman uang ke Thailand, Easylink Solusinya!.

Polimer Etilena, Propilena, dll dalam Bentuk Primer

Produk polimer ini digunakan dalam berbagai industri, termasuk kemasan, konstruksi, dan manufaktur. Thailand mengekspor produk polimer ini ke negara-negara seperti China, India, Vietnam, Indonesia, dan Jepang. Polimer etilena dan propilena dari Thailand dikenal karena kemurnian dan kualitas tinggi, yang membuatnya diminati di pasar global untuk berbagai aplikasi industri.

Mesin dan Komponen Terkait

Thailand memproduksi berbagai jenis mesin dan komponen yang digunakan di berbagai sektor industri. Mesin dan komponennya diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, dan Malaysia. Produk-produk ini mencakup mesin pertanian, mesin konstruksi, dan peralatan manufaktur, yang semuanya berkontribusi signifikan terhadap pendapatan ekspor negara.

Produk Kimia

Ekspor produk kimia meliputi berbagai bahan kimia industri yang digunakan dalam produksi, pertanian, dan keperluan lainnya. Negara-negara tujuan ekspor produk kimia dari Thailand termasuk China, Jepang, Indonesia, dan Malaysia. Industri kimia Thailand menghasilkan produk-produk seperti bahan kimia dasar, pupuk, dan bahan kimia khusus yang digunakan dalam berbagai sektor ekonomi.

Gula

Thailand adalah salah satu eksportir gula terbesar di dunia, dengan produksi yang signifikan dari perkebunan tebu domestik. Gula diekspor ke negara-negara seperti China, Indonesia, Korea Selatan, dan Malaysia. Gula dari Thailand dihargai karena kualitasnya yang tinggi dan metode produksi yang efisien, menjadikannya pemasok utama di pasar internasional.

Mesin Pembakaran Dalam dengan Pengapian Busi

Jenis mesin digunakan dalam kendaraan bermotor dan peralatan lainnya yang memerlukan mesin pembakaran internal. Ekspor mesin ini ditujukan ke Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, dan Malaysia. 

Produk Besi dan Baja

Besi dan baja dari Thailand dikenal karena kekuatannya dan kualitas produksi yang tinggi, mendukung berbagai proyek konstruksi dan manufaktur di seluruh dunia. Produk besi dan baja diekspor ke negara-negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Vietnam, dan Indonesia. 

Read Also: 10 Komoditas Impor Utama Indonesia dan Asal Negaranya

Mesin Pendingin Ruangan dan Komponen Terkait

Produk ini meliputi AC dan komponen terkait, yang diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Jepang, Vietnam, dan Filipina. Produk pendingin ruangan dari Thailand terkenal karena efisiensinya dan teknologi canggih yang digunakan, menjadikannya pilihan utama di pasar internasional.

Produk Plastik

Produk plastik dari Thailand digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kemasan, otomotif, dan barang konsumen. Negara-negara tujuan utama ekspor produk plastik ini adalah China, Indonesia, Jepang, dan Vietnam. Industri plastik Thailand menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang digunakan dalam berbagai industri, mulai dari kemasan makanan hingga komponen otomotif.

Produk Tapioka

Thailand adalah salah satu produsen dan eksportir utama tapioka, yang digunakan dalam industri makanan dan berbagai produk lainnya. Produk tapioka diekspor ke negara-negara seperti China, Jepang, Taiwan, dan Indonesia. Tapioka dari Thailand dihargai karena kualitasnya yang tinggi dan berbagai aplikasi yang luas, mulai dari bahan makanan hingga bahan industri.

Komoditas Impor Thailand

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang berkembang pesat di Asia Tenggara, Thailand memiliki kebutuhan impor yang besar untuk mendukung industrinya. Berikut adalah beberapa komoditas utama yang diimpor oleh Thailand beserta negara asal impornya, berdasarkan data dari Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia:

1. Minyak Mentah

Minyak mentah merupakan salah satu komoditas utama yang diimpor oleh Thailand untuk memenuhi kebutuhan energi domestik. Minyak mentah ini digunakan sebagai bahan baku utama dalam produksi bahan bakar dan produk petrokimia. Negara-negara asal impor minyak mentah untuk Thailand antara lain adalah negara-negara di Timur Tengah, Rusia, dan Amerika Serikat. 

Read Also: Estimasi Biaya Hidup di Thailand Beserta Tipsnya!

2. Batu Bara

Batu bara diimpor untuk memenuhi kebutuhan energi di Thailand, terutama untuk pembangkit listrik dan industri berat. Thailand mengimpor batu bara dari negara-negara seperti Indonesia, Australia, dan Rusia. Batu bara merupakan sumber energi yang masih dominan di Thailand karena biaya yang relatif rendah dan ketersediaannya yang melimpah, meskipun ada upaya untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

3. Bijih Logam Lainnya dan Limbah Logam

Thailand juga mengimpor bijih logam lainnya dan limbah logam untuk mendukung industri peleburan dan produksi logam dalam negeri. Bahan-bahan ini diimpor dari negara-negara seperti Australia, Chile, dan Peru. Bijih logam dan limbah logam ini digunakan untuk memproduksi berbagai produk logam yang kemudian digunakan dalam sektor konstruksi, manufaktur, dan teknologi.

4. Mesin dan Part

Thailand mengimpor mesin dan part dari negara-negara seperti Jepang, China, dan Jerman. Mesin-mesin ini diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri lokal serta untuk menggantikan mesin-mesin lama dengan teknologi yang lebih canggih.

5. Bahan Kimia

Thailand mengimpor berbagai jenis bahan kimia yang digunakan dalam industri manufaktur, pertanian, dan farmasi. Negara-negara asal impor bahan kimia ini termasuk China, Amerika Serikat, dan Jerman. Bahan kimia ini digunakan dalam proses produksi berbagai produk, dari bahan plastik hingga obat-obatan, dan sangat penting untuk industri Thailand yang terus berkembang.

6. Suku Cadang dan Aksesoris Kendaraan

Suku cadang dan aksesoris kendaraan diimpor untuk mendukung industri otomotif Thailand yang berkembang pesat. Negara-negara seperti Jepang, China, dan Korea Selatan menjadi sumber utama impor suku cadang dan aksesoris ini. Industri otomotif Thailand memerlukan pasokan suku cadang berkualitas tinggi untuk produksi dan perawatan kendaraan yang diekspor ke berbagai negara di dunia.

7. Mobil Penumpang

Thailand mengimpor mobil penumpang untuk memenuhi permintaan pasar domestik yang tinggi. Mobil-mobil ini diimpor dari negara-negara seperti Jepang, Jerman, dan Korea Selatan. Impor mobil penumpang membantu Thailand memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kendaraan dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur canggih.

Read Also: 10 Indonesian Export Commodities You Need to Know

8. Mesin Listrik dan Komponennya

Mesin listrik dan komponennya diimpor untuk mendukung berbagai sektor, termasuk elektronik dan otomasi di Thailand. Negara-negara seperti China, Jepang, dan Korea Selatan menjadi sumber utama impor mesin listrik dan komponennya. Produk-produk ini sangat penting untuk perkembangan teknologi dan peningkatan efisiensi industri di Thailand.

9. Sayuran dan Produk Sayuran

Thailand juga mengimpor berbagai sayuran dan produk sayuran, termasuk serealia, tepung, minyak kelapa, lemak, karet, coklat, dan tembakau. Produk-produk ini diimpor dari negara-negara seperti China, Vietnam, dan Indonesia. Sayuran dan produk sayuran ini digunakan dalam industri pangan dan berbagai produk konsumen lainnya di Thailand.

10. Hewan laut Segar, Dingin, Beku, Olahan, dan Instan

Thailand mengimpor produk ini untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan industri pangan. Produk-produk ini diimpor dari negara-negara seperti Vietnam, China, dan India. Impor produk-produk hewan air ini membantu memastikan ketersediaan pasokan makanan laut berkualitas tinggi untuk konsumen Thailand.

easylink call to action blog

form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!