10 Indonesian Export Commodities You Need to Know

komoditas ekspor indonesia

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam menggali ragam komoditas ekspor Indonesia, mari kita pahami terlebih dahulu makna dari istilah ‘komoditas’ dalam dunia ekonomi.

Dalam ranah perdagangan internasional, konsep ini merujuk pada barang-barang dagangan penting yang memiliki standar mutu, menjawab kebutuhan pasar global, dan memegang peran sentral dalam ekspor suatu negara.

Memahami dasar-dasar konsep komoditas menjadi kunci dalam merespons dinamika ekonomi global serta menata strategi perdagangan yang lebih solid.

Bersama-sama, mari kita telusuri lebih dalam peran serta pengaruh yang dimiliki komoditas dalam mengukir peta ekspor Indonesia. Simak informasi selanjutnya di bawah untuk mengenal lebih jauh mengenai komoditas ekspor Indonesia!

Apa Itu Komoditas?

Komoditas adalah barang atau produk yang dapat diperjualbelikan, dan memiliki nilai yang dapat ditukar dengan produk serupa. Barang atau produk ini umumnya dapat diperdagangkan di pasar dengan mudah karena karakteristiknya yang seragam dan dapat diperhitungkan dalam harga. 

Contoh komoditas meliputi logam, energi seperti minyak, hasil pertanian seperti kopi, gandum, serta barang-barang lainnya yang memiliki sifat standar dan dapat diperjualbelikan di pasar komoditas. Komoditas juga menjadi bagian dalam perdagangan internasional, memainkan peran penting dalam stabilitas ekonomi global.

Daftar Komoditas Ekspor Indonesia

Ekspor Indonesia dikenal dengan beragam komoditas unggulan yang memainkan peran penting dalam perdagangan internasional. Berikut adalah 10 komoditas utama yang berperan signifikan dalam ekspor, seperti yang dikutip dari laman resmi Kementerian Perdagangan:

Udang

Udang menjadi salah satu komoditas unggulan dalam ekspor Indonesia, terutama dalam industri perikanan.  Indonesia merupakan salah satu penghasil utama udang di dunia. Komoditas ini menempati peran penting dalam sektor perikanan ekspor, dengan kualitasnya yang diakui di pasar global.

Kopi

Kopi Indonesia sangat terkenal akan kualitasnya dan oleh sebab itu, kopi Indonesia menjadi komoditas penting di pasar global dengan varietas seperti arabika dan robusta. Indonesia merupakan penghasil kopi arabika dan robusta yang berkualitas dan menjadi kontributor utama dalam industri kopi dunia.

Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit, baik dalam bentuk mentah maupun produk turunannya, adalah salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia. Digunakan dalam industri makanan, kosmetik, dan bioenergi, minyak kelapa sawit menjadi sumber penting dalam perdagangan internasional.

Kakao

Kakao Indonesia merupakan salah satu sumber biji coklat yang berkualitas, menjadi salah satu kontributor utama dalam industri cokelat dunia. Indonesia adalah produsen kakao yang dikenal di pasar global untuk biji coklat berkualitasnya. Biji kakao dari Indonesia digunakan dalam pembuatan berbagai produk cokelat di seluruh dunia.

Karet

Karet alam adalah komoditas ekspor penting lainnya dari Indonesia. Digunakan dalam berbagai industri termasuk otomotif dan manufaktur, karet alam Indonesia dikenal akan kualitasnya.

Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Industri tekstil Indonesia termasuk dalam komoditas utama ekspor, meliputi pakaian jadi, kain, dan berbagai produk tekstil.

Alas Kaki

Ekspor alas kaki, seperti sepatu dan sandal, memiliki kontribusi signifikan dalam perdagangan internasional. Produk-produk alas kaki Indonesia terkenal karena desainnya dan kualitasnya.

Elektronika

Produk elektronik dari Indonesia, termasuk komponen elektronik dan perangkat elektronik konsumen, juga menjadi bagian penting dari ekspor. Produk ini memiliki permintaan yang stabil di pasar internasional.

Komponen Kendaraan Bermotor (Otomotif)

Komponen otomotif menjadi bagian penting dalam ekspor, menghadirkan produk-produk yang digunakan dalam industri kendaraan bermotor.

Komponen otomotif dari Indonesia menjadi komoditas utama dalam ekspor, digunakan dalam pembuatan kendaraan bermotor di seluruh dunia.

Furniture

Ekspor furniture dari Indonesia, termasuk mebel kayu dan furniture rumah tangga, menjadi salah satu kontributor besar dalam perdagangan internasional. Produk furniture Indonesia dikenal akan desain dan kualitasnya.

Komoditas-komoditas ini menunjukkan keragaman sektor ekspor Indonesia yang mencakup berbagai industri dan produk, memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi negara serta memainkan peran penting dalam pasar global.

Komoditas Ekspor Non Migas di Indonesia

Ekspor non-migas Indonesia yang tidak termasuk minyak dan gas bumi, menjadi pilar utama ekonomi dengan kontribusi sekitar 70% dari total ekspor. Beberapa komoditas utama dalam ekspor non-migas Indonesia meliputi:

Pertanian

Komoditas pertanian seperti kelapa sawit, kopi, karet, kakao, teh, dan rempah-rempah menjadi kontributor besar dalam ekspor non-migas. Produk-produk ini memiliki pangsa signifikan dalam pasar internasional.

Pertambangan

Sektor pertambangan juga memainkan peran penting dalam ekspor non-migas Indonesia. Komoditas seperti nikel, tembaga, batu bara, dan emas merupakan bagian integral dari ekspor negara ini.

Kehutanan

Produk kehutanan seperti kayu, pulp, dan kertas juga menjadi komponen penting dalam ekspor non-migas. Ekspor kayu olahan dan produk kehutanan lainnya memiliki permintaan yang stabil.

Industri

Produk industri termasuk dalam kategori ekspor non-migas, seperti tekstil, elektronik, dan otomotif. Meskipun tidak sebesar sektor pertanian dan pertambangan, industri-industri ini juga memberikan kontribusi signifikan terhadap ekspor non-migas Indonesia.

Read Also: Import: Definition, Types, Commodities, and Examples of Imports

Pada tahun 2022, nilai ekspor non-migas Indonesia meningkat sebesar 33,3% menjadi $258,3 miliar, menunjukkan peran penting sektor ini dalam pertumbuhan ekonomi negara.

Hal ini sejalan dengan upaya Direktorat PPH Perkebunan dalam mengeksekusi rencana aksi strategis guna meningkatkan ekspor 3 kali lipat pada sektor perkebunan hingga mencapai 1.200 triliun tahun 2024, sesuai dengan target besar dari Menteri Pertanian.

Komoditas Ekspor Perkebunan di Indonesia

Indonesia, sebagai salah satu produsen utama komoditas perkebunan, memiliki beragam komoditas ekspor yang memainkan peran penting dalam perekonomian. Beberapa komoditas ekspor utama dari sektor perkebunan Indonesia meliputi:

Kelapa Sawit

Produk turunan kelapa sawit seperti minyak kelapa sawit adalah salah satu komoditas utama dalam ekspor perkebunan Indonesia. Produk ini digunakan dalam berbagai industri makanan, kosmetik, dan bahan bakar.

Kopi

Kopi Indonesia terkenal di pasar global karena kualitasnya yang tinggi. Kopi arabika dan robusta merupakan varietas yang paling umum diekspor.

Karet

Produksi karet Indonesia, terutama jenis karet alam, menjadi kontributor utama dalam pasar internasional, digunakan dalam berbagai industri seperti otomotif dan manufaktur.

Kakao

Kakao adalah komoditas penting lainnya dalam ekspor perkebunan Indonesia, dengan biji kakao yang digunakan untuk membuat cokelat dan produk-produk kakao lainnya.

Teh

Meskipun Indonesia bukan penghasil utama teh secara global, tetapi tetap menjadi salah satu komoditas ekspor perkebunan yang signifikan.

Rempah-rempah

Komoditas rempah-rempah seperti lada, kayu manis, pala, dan lainnya juga menjadi bagian penting dari ekspor perkebunan Indonesia.

Read Also: Gampang Banget! Cara Import Barang Dari China Skala Kecil

Komoditas-komoditas ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memiliki pangsa besar dalam pasar ekspor global, menjadikan sektor perkebunan sebagai salah satu sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia.

easylink call to action blog

form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!