Apa Itu Metode Kakeibo? Tips Menabung Ala Orang Jepang

metode-kakeibo

Metode kakeibo adalah metode pengelolaan keuangan tradisional Jepang yang patut dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan panduan menabung dengan metode kakeibo. 

Kata ini mengacu pada teknik mencatat dan merencanakan keuangan rumah tangga yang dianggap efektif. Namun, apa sebenarnya metode Kakeibo? Apa langkah-langkah yang harus diikuti? Yuk, temukan penjelasan lebih detailnya dibawah ini!

Pengertian Metode Kakeibo

Menurut sumber MoneyCrasher, Kakeibo adalah salah satu cara dalam mencatat keuangan dengan tujuan mencapai target keuangan. Ini menekankan penggunaan pena dan kertas sebagai alternatif dari aplikasi pencatatan keuangan. 

Menurut CNBC, pencatatan manual dan perencanaan keuangan memiliki potensi lebih tinggi untuk berhasil tercapai. Dengan konsistensi dalam mencatat pengeluaran dan tujuan keuangan, secara tidak sadar akan membentuk kebiasaan untuk mempertimbangkan pengeluaran demi mencapai tujuan tersebut. 

Ditemukan pada tahun 1904 oleh Motoko Hani, metode ini diyakini dapat membantu mengurangi pengeluaran hingga 25%.

Baca Juga: Biaya Hidup di Jepang

Panduan Metode Kakeibo

Metode Kakeibo adalah sistem manajemen keuangan sederhana yang melibatkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara terperinci. 

Langkah pertama adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran awal bulan, menentukan jumlah tabungan yang diinginkan, dan mencatat pengeluaran harian dengan rinci. 

Setelah itu, dilakukan evaluasi rutin untuk memastikan pengeluaran sesuai rencana, dengan analisis kebiasaan keuangan untuk perbaikan. 

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pengeluaran sehari-hari dan mengoptimalkan tabungan serta perencanaan keuangan di masa depan.

Cara Atur Keuangan Metode Kakeibo

Metode Kakeibo adalah panduan sederhana dalam mengatur keuangan dengan langkah-langkah seperti menetapkan tujuan keuangan, mencatat pendapatan, pengeluaran harian yang terinci, serta membuat rencana pengeluaran bulanan. 

Pengeluaran dikelompokkan dan dinilai setiap minggu, sementara pertanyaan reflektif membantu memahami kebiasaan pengeluaran. Evaluasi bulanan dan tahunan diperlukan untuk penyesuaian dan menetapkan tujuan baru. 

Melibatkan keluarga, menjaga konsistensi, dan memberi hadiah pada diri sendiri merupakan bagian dari proses ini untuk meningkatkan kesadaran keuangan. Metode ini bertujuan memberikan struktur dan pemahaman yang lebih baik terhadap pengelolaan keuangan pribadi.

Baca Juga: 8 Budaya Jepang yang Terkenal Hingga Mendunia

Tahapan Pencatatan

Langkah-langkah dalam metode Kakeibo adalah sebagai berikut:

  1. Awali pencatatan pada awal bulan dengan mengetahui pendapatan yang akan masuk dan perkiraan pengeluaran yang pasti, seperti pembayaran cicilan.
  2. Setelah mencatat pengeluaran, tentukan jumlah yang ingin ditabung dari sisa uang yang tersedia.
  3. Detailkan pengeluaran harian dengan teliti, mencatat setiap pengeluaran sesuai dengan pos yang telah ditentukan sebelumnya.
  4. Lakukan evaluasi dan analisis terhadap aktivitas keuangan yang dilakukan. Tinjau catatan pengeluaran untuk memastikan kesesuaian dengan rencana yang dibuat sebelumnya. Evaluasi dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. 

Gunakan catatan pengeluaran sebagai panduan evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang. Jika pengeluaran sesuai dengan anggaran dan masih ada sisanya, maka penerapan Kakeibo telah berhasil. Namun, jika tidak, diperbaiki di bulan berikutnya.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Tips Menabung Metode Kakeibo

  • Mempertimbangkan dengan matang sebelum membeli barang

Pertimbangkan kebutuhan serta manfaat barang sebelum membeli untuk menghindari pembelian impulsif atau yang tidak diperlukan.

  • Sering mengecek saldo rekening

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap saldo rekening untuk memastikan kesesuaian dan mengontrol pengeluaran.

  • Bertransaksi menggunakan uang tunai

Transaksi dengan uang tunai dapat membantu dalam mengendalikan pengeluaran karena lebih terlihat dan lebih mudah memantau jumlah yang dikeluarkan.

Baca Juga: Kuliah di Jepang

  • Buat pengingat di dompet

Menyertakan pengingat atau reminder di dompet sebagai pengingat tujuan menabung atau untuk membatasi pengeluaran.

  • Menganalisis kebiasaan dalam menggunakan uang

Melakukan evaluasi dan analisis terhadap kebiasaan pengeluaran uang pribadi untuk menemukan area yang dapat dioptimalkan atau dikurangi pengeluarannya.

Tips Menabung Metode Kakeibo Perbaiki keterampilan menabung dengan tips efektif Metode Kakeibo! Pelajari cara mengelola keuangan dengan lebih baik untuk capai tujuan finansialmu. Serta, temukan cara mudah, aman, dan cepat kirim uang ke Jepang menggunakan layanan Easylink di sini!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!