5 Prinsip Budaya Kerja di Jepang yang Perlu Kamu Ketahui

budaya kerja jepang

Dalam lingkungan kerja di Jepang, terdapat nilai budaya yang mendalam yang memengaruhi cara orang bekerja, menerapkan etos, serta menjaga hubungan dalam konteks profesionalisme. Mari kita telusuri bersama, aspek budaya kerja di Jepang yang mempengaruhi landasan dasar keberhasilan masyarakat dalam berkarier di Jepang.

Etos Kerja Orang Jepang

Orang Jepang dikenal dengan etos kerja yang kuat, yang sering kali mencerminkan dedikasi, disiplin, kerja keras, kerjasama, dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan. Mereka cenderung menekankan nilai-nilai seperti kesetiaan, ketekunan, kedisiplinan, dan menghargai hierarki dalam pekerjaan.

Prinsip-Prinsip Kerja Budaya Orang Jepang

Budaya kerja di Jepang memiliki prinsip seperti Kaizen, Bushido, Meishi Kokan, Keishin, dan Ganbatte. Prinsip-prinsip ini sering menjadi dasar dari bagaimana orang Jepang bekerja dalam lingkungan korporat. Berikut merupakan penjelasanya :

1. Kaizen

Kaizen adalah konsep yang merujuk pada filosofi perbaikan terus-menerus atau pembaruan terus-menerus. Ini mengacu pada pendekatan untuk terus-menerus meningkatkan proses, produk, atau kehidupan secara umum dengan cara yang bertahap, konsisten, dan berkelanjutan. 

2. Bushido

Bushido adalah kode etik samurai dalam sejarah Jepang. Ini adalah prinsip moral dan etika yang dipegang teguh oleh para samurai, yang meliputi keberanian, kejujuran, kesetiaan, pengendalian diri, dan loyalitas yang tinggi. 

3. Meishi Kokan

Meishi Kokan adalah tradisi pertukaran kartu nama di Jepang. Ini merupakan praktik yang sangat penting dalam interaksi bisnis di Jepang, di mana pertukaran kartu nama dilakukan dengan sopan dan dianggap sebagai langkah awal dalam membangun hubungan profesional.

Baca Juga: Apa Itu Metode Kakeibo? Berikut Penjelasannya

4. Keishin

Keishin adalah konsep dalam bahasa Jepang yang mengacu pada semangat atau sikap yang berapi-api dalam mengejar tujuan, tekad yang kuat, dan semangat untuk mencapai keberhasilan. Ini sering diinterpretasikan sebagai sikap yang gigih, tekun, dan berkomitmen terhadap tujuan.

5. Ganbatte

Ganbatte merupakan ungkapan dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk memberikan semangat atau dukungan kepada seseorang yang sedang berusaha atau bekerja keras. Ungkapan ini sering diucapkan sebagai dorongan atau semangat agar seseorang tetap kuat, gigih, dan berusaha sekuat tenaga.

Peluang Kerja di Jepang

Jepang adalah negara maju dengan ekonomi yang kuat. Hal ini menjadikan Jepang sebagai tujuan yang menarik bagi tenaga kerja asing. Peluang kerja di Jepang dapat bervariasi tergantung pada industri dan keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja.

Ada banyak peluang kerja di Jepang, mulai dari bidang manufaktur, teknologi, hingga pariwisata. Untuk mengetahui info selengkapnya mengenai peluang kerja di Jepang kalian dapat mencari tahu di sini!

Persiapan Sebelum Berangkat ke Jepang

Sebelum berangkat ke Jepang, penting untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, memahami perbedaan budaya, mempelajari bahasa Jepang (jika memungkinkan), dan memahami aturan serta peraturan di tempat tinggal dan lingkungan kerja yang mungkin berbeda dari negara asal.

Baca Juga: Cara Kerja di Luar Negeri Beserta Syaratnya

Budaya Jepang

Daya tarik besar dari negara Jepang yang terletak di timur laut Samudra Pasifik adalah keunikan budayanya. Sejak tahun 1950-an, negara ini telah menjadi salah satu negara paling maju dalam bidang ekonomi dan teknologi di dunia. Kemajuan ini beriringan dengan pelestarian tradisi budaya yang telah berlangsung sejak lama. Untuk mengetahui info selengkapnya mengenai budaya Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia kalian dapat mencari tahu di artikel berikut: https://easylink.id/budaya-jepang/

Budaya Kerja di Jepang

Budaya kerja di Jepang dikenal sangat disiplin dan teratur. Orang-orang Jepang dikenal sebagai pekerja keras dan memiliki etos kerja yang tinggi. Berikut adalah beberapa karakteristik budaya kerja di Jepang:

  1. Jam kerja panjang, Jam kerja di Jepang umumnya panjang, yaitu sekitar 8-10 jam per hari, 5 hari per minggu. Bahkan, tidak jarang karyawan Jepang bekerja lembur hingga larut malam.
  2. Sistem senioritas, Sistem senioritas sangat penting dalam budaya kerja Jepang. Karyawan yang lebih senior memiliki posisi dan kekuasaan yang lebih tinggi, serta mendapatkan perlakuan yang lebih baik.
  3. Harmoni group, Harmoni group sangat penting dalam budaya kerja Jepang. Karyawan didorong untuk bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Ruang kerja terbuka, Ruang kerja terbuka sangat umum di Jepang. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar karyawan.
  5. Ketepatan waktu, Ketepatan waktu sangat penting dalam budaya kerja Jepang. Karyawan dituntut untuk datang tepat waktu ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  6. Membeli omiyage, Membeli omiyage, atau oleh-oleh, untuk rekan kerja dan atasan adalah kebiasaan umum di Jepang. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan penghargaan dan rasa hormat.

Tips Menerapkan Budaya Kerja Jepang

Budaya kerja Jepang memiliki banyak hal positif yang dapat diterapkan di tempat kerja lainnya. Berikut adalah beberapa tips menerapkan budaya kerja Jepang:

  1. Disiplin diri : Salah satu kunci utama untuk menerapkan budaya kerja Jepang adalah disiplin diri. Karyawan harus mampu mengatur waktu dan bekerja secara efisien.
  2. Kerja sama tim : Kerja sama tim sangat penting untuk mencapai tujuan bersama. Karyawan harus mampu bekerja sama dengan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif.
  3. Ketepatan waktu : Ketepatan waktu adalah hal yang penting di mana pun, termasuk di tempat kerja. Karyawan harus datang tepat waktu ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  4. Kualitas : Kualitas juga penting dalam budaya kerja Jepang. Karyawan harus mengutamakan kualitas dalam pekerjaannya.

Baca Juga: Tips Hemat dan Daftar Biaya Hidup di Jepang

Tingkat kesuksesan dalam menerapkan budaya kerja di Jepang terletak pada kemauan untuk mengadopsi nilai-nilai disana, menjaga keseimbangan antara inovasi dan tradisi, serta berkomitmen pada kerjasama dan loyalitas.

Dengan menerapkan tips ini, kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk mengatasi tantangan, memperluas jaringan kerja, dan mencapai kesuksesan dalam karier di berbagai lingkungan kerja.

Siap untuk memulai pekerjaan baru di Jepang? Mau kirim uang ke Jepang dengan aman, mudah dan cepat untuk biaya kebutuhan hidupmu di Jepang? Pakai Easylink aja! Klik link berikut untuk mengetahui cara mudah untuk kirim uang ke jepang.

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!