8 Budaya Jepang yang Terkenal Hingga Mendunia

budaya-jepang

Daya tarik besar dari negara Jepang, maju dalam ekonomi dan teknologi sejak 1950-an, memikat dunia dengan pelestarian tradisi dan keunikan budayanya. Dari Geisha hingga Hanabi, warisan kuno dan modern Jepang menciptakan daya tarik global yang tak terlupakan.Berikut beberapa budaya Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia!

Sosial Budaya Jepang

Budaya sosial Jepang menonjolkan nilai hormat, disiplin, dan harmoni. Etiket tinggi, seperti tatemae dan honne, serta keharmonisan dan rasa tanggung jawab kolektif, menjadi ciri khasnya.

Ciri Khas Budaya Jepang

Budaya Jepang, kaya dengan kesenian tradisional dan modern, mencakup Kabuki, Noh, ikebana, upacara minum teh, Judo, Karate, manga, anime, dan teknologi, membentuk kekayaan budaya yang unik.

Kebiasaan dan Tradisi Orang Jepang

Orang Jepang mewarisi kebiasaan minum teh dengan upacara yang hargai kedamaian, perayaan Hanami sambil menikmati bunga sakura, dan festival Obon untuk memperingati leluhur, menciptakan warisan budaya berdalam dan indah.

Perbedaan Budaya Jepang Dengan Indonesia

Ciri-cirinya mencolok, Jepang fokus pada keharmonisan dan kolektivitas, sementara Indonesia menganut nilai keberagaman dan semangat gotong royong, termasuk perbedaan dalam aspek makanan.

Budaya Jepang yang Terkenal

Berikut merupakan deretan budaya Jepang yang telah dikenal dan menjadi daya tarik masyarakat dunia :

Geisha

geisha

Geisha adalah salah satu budaya Jepang yang paling terkenal di dunia. Geisha sering digambarkan sebagai wanita yang cantik dan elegan, dan mereka sering menjadi objek wisata di Jepang. Namun, penting untuk diingat bahwa geisha adalah seniman profesional yang telah menjalani pelatihan yang ketat, dan mereka tidak boleh diperlakukan sebagai objek seksual.

Matsuri

matsuri-festival-di-jepang

Matsuri adalah festival tradisional Jepang yang biasanya diadakan untuk menghormati dewa atau roh tertentu. Festival-festival ini sering menampilkan berbagai acara, seperti parade, pertunjukan seni, dan permainan.

Sadou

sadou-upacara-minum-teh-di-jepang

Sadou atau upacara minum teh adalah ritual tradisional Jepang yang melibatkan persiapan dan penyajian teh hijau bubuk. Sadou sering dianggap sebagai simbol budaya Jepang yang elegan dan halus. Sadou adalah ritual yang kompleks dan penuh arti, dan itu lebih dari sekadar minum teh. Sadou adalah tentang menghargai keindahan dan kesederhanaan hidup.

Kimono

kimono

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang terbuat dari kain sutra atau katun. Kimono biasanya dikenakan oleh wanita, tetapi juga dapat dikenakan oleh pria. Kimono memiliki berbagai macam gaya dan warna, dan sering dikenakan untuk berbagai acara, dan mereka sering digunakan untuk menunjukkan status atau kehormatan.

Takoage

takaoge-layang-layang-jepang

Takoage adalah jenis layang-layang tradisional Jepang yang berbentuk seperti cumi-cumi. Takoage biasanya terbuat dari kertas washi dengan kerangka tipis dari bambu atau kayu cemara, dan tinta hitam atau sumi.

Origami

origami

Origami adalah seni melipat kertas tradisional Jepang. Origami sering digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk, seperti bunga, burung, dan hewan. Origami dianggap sebagai simbol budaya Jepang yang kreatif dan inovatif.

Hanami

hanami

Hanami adalah tradisi Jepang untuk menikmati bunga sakura. Hanami biasanya dilakukan pada musim semi, ketika bunga sakura bermekaran. Orang-orang sering piknik di bawah pohon sakura untuk menikmati pemandangan bunga yang indah.

Baca Juga: 5 Prinsip Budaya Kerja Jepang yang Perlu Kamu Ketahui

Hanabi

hanabi

Hanabi adalah festival kembang api tradisional Jepang untuk merayakan musim panas dan budaya Jepang. Festival-festival ini sering diadakan pada malam hari, dan menampilkan berbagai macam kembang api dengan berbagai warna dan bentuk. Hanabi dianggap sebagai simbol budaya Jepang yang meriah dan penuh warna.

Siapkan koper dan wishlist untuk belanja di Jepang! Dapatkan pengalaman liburan tak terlupakan. Kirim uang dengan mudah untuk belanja dan persiapkan liburanmu dengan Easylink! Untuk mengetahui cara terbaik untuk kirim uang ke Jepang.

8-budaya-jepang-yang-terkenal-hingga-mendunia

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!