Kuliah di Australia: Persiapan, Syarat, Jurusan dan Biayanya

kuliah di australia

Kuliah di Australia merupakan impian bagi para calon mahasiswa, akan tetapi dengan biaya yang terbilang mahal menjadikan kesulitan bagi para orang tua untuk memenuhi keinginan anak. Perlu yang dinamakan anggaran perencanaan anggaran bagi Anda untuk mengatur keuangan secara efektif. Untuk di Australia, berikut merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin kuliah di Australia

Kenapa Kuliah di Australia?

Kuliah di Australia adalah pintu gerbang menuju pengalaman akademik dunia yang berkualitas tinggi. Dengan sistem pendidikan yang diakui secara global, universitas bergengsi, dan fokus pada inovasi, Australia adalah destinasi populer bagi para mahasiswa internasional. 

Selain itu, lingkungan multikultural dan peluang karir yang luas membuatnya tempat yang menarik untuk belajar.

Cara Kuliah di Australia

Kuliah di Australia dapat diakses melalui berbagai cara, tergantung pada latar belakang pendidikan, pengalaman, dan tujuan akademik kalian. Beberapa cara umum mencakup:

Penerimaan Reguler

Mendaftar langsung ke universitas atau institusi pendidikan tinggi melalui proses penerimaan reguler, dimulai dari aplikasi online dan pengumpulan dokumen persyaratan.

Beasiswa

Melamar beasiswa akademik atau riset yang ditawarkan oleh pemerintah Australia, lembaga pendidikan, atau organisasi terkait. Beasiswa dapat mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan bahkan penelitian.

Program Pertukaran Mahasiswa

Mengikuti program pertukaran mahasiswa antar universitas atau institusi pendidikan di Australia melalui kerja sama antarnegara.

Pathway atau Transfer

Mengambil jalur pendidikan alternatif seperti program persiapan (foundation program) atau kuliah di institusi pendidikan tinggi atau perguruan tinggi yang memiliki program transfer ke universitas.

Program Bahasa dan Persiapan (ELICOS)

Mengambil kursus Bahasa Inggris (English Language Intensive Courses for Overseas Students) sebelum memulai studi akademik.

Program Dual Degree

Memilih program kuliah yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan dua gelar sekaligus atau mendalami dua bidang studi sekaligus.

Pilih cara yang sesuai dengan minat, kualifikasi, dan tujuan karir kalian, serta pastikan untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Persiapan yang Perlu Dilakukan

Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan bahasa Inggris yang memadai adalah syarat utama. Kamu perlu mengikuti tes bahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL, atau Cambridge English. Setiap universitas memiliki standar minimal yang harus dicapai.

Transkrip Nilai

Universitas akan menilai transkrip nilai akademik kalian. Standar nilai penerimaan bisa bervariasi tergantung pada universitas dan program studi yang dipilih. Pastikan untuk memeriksa persyaratan nilai minimal.

Persyaratan Khusus

Beberapa jurusan mungkin memiliki persyaratan khusus, seperti pengalaman kerja atau kualifikasi sebelumnya yang relevan. 

Dokumen Aplikasi

Siapkan dokumen aplikasi dengan baik, termasuk surat rekomendasi, esai motivasi, dan CV. Dokumen-dokumen ini membantu universitas memahami latar belakang, minat, dan komitmenmu terhadap studi.

Dana Finansial

Kamu juga perlu membuktikan bahwa kamu memiliki dana finansial yang cukup untuk menutup biaya kuliah dan hidup selama studi di Australia. Ini bisa termasuk surat keterangan tabungan atau sponsor.

Baca Juga: Kirim Uang ke Australia Untuk Keperluan Kuliah

Visa Pelajar

Setelah diterima di universitas, proses pemberian visa pelajar dimulai. 

Mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi persyaratan tersebut adalah langkah penting menuju kuliah di universitas di Australia. 

Jurusan dan Universitas di Australia

Australia adalah tujuan populer bagi banyak mahasiswa internasional karena memiliki universitas-universitas terkemuka yang menawarkan berbagai jurusan dan program studi. 

Di antara universitas-universitas terkemuka tersebut, University of Melbourne populer dengan jurusan-jurusan seperti Bisnis, Kedokteran, Arsitektur, dan Ilmu Komputer. Australian National University (ANU) juga menawarkan jurusan-jurusan unggulan seperti Ilmu Politik, Hukum, dan Ekonomi. 

Selain itu, University of Sydney memiliki popularitas dalam bidang Manajemen, Keuangan, dan Kedokteran, sementara Monash University terkenal dalam Ilmu Komputer, Bisnis, dan Kedokteran. Pilihan universitas seperti University of Queensland yang menawarkan Kedokteran, Teknik, dan Ilmu Hayati juga patut dipertimbangkan. 

Setiap universitas memiliki fokus dan reputasi akademiknya sendiri, sehingga calon mahasiswa dapat memilih berdasarkan minat, tujuan karir, dan kebutuhan pribadi mereka. Pastikan juga kalian untuk memilih universitas yang sesuai dengan impian akademik kalian. 

Proses Pendaftaran Kuliah di Australia

Proses pendaftaran melibatkan riset universitas, pengisian aplikasi secara tepat waktu, dan penyusunan dokumen dengan rapi. Perhatikan batas waktu aplikasi dan pastikan aplikasi Anda mencerminkan kepribadian dan pencapaian akademik Anda.

Biaya Hidup di Australia

Mengatur anggaran keuangan dengan baik adalah kunci sukses saat kalian kuliah di Australia. Dalam merencanakan keuangan kalian, pertimbangkan beberapa aspek utama seperti berikut:

Belanja Bahan Makanan, Kegiatan Sosial, dan Darurat

Sisihkan dana untuk kebutuhan sehari-hari, kegiatan sosial, dan keadaan darurat. Sebaiknya tetap berpegang pada anggaran mingguan sekitar AUD 200-400 untuk memastikan keseimbangan pengeluaran kalian.

Biaya Komunikasi

Tentukan alokasi untuk biaya komunikasi seperti tagihan telepon dan internet.

Bahan Makanan

Tentukan anggaran untuk belanja bahan makanan, tergantung apakah Anda tinggal di akomodasi mandiri atau paket yang termasuk makanan. Anggaran sekitar AUD 180 per dua minggu adalah acuan yang baik.

Buku dan Persediaan

Rencanakan pengeluaran untuk buku dan persediaan studi. Kalian bisa memilih buku bekas atau versi digital untuk menghemat biaya.

Pengeluaran Pribadi

Hitung pengeluaran harian termasuk laundry, perlengkapan mandi, pakaian, dan makan malam. Sesuaikan dengan gaya hidup dan preferensi kalian.

Biaya Kuliah di Australia

Biaya kuliah di Australia dapat bervariasi tergantung pada universitas, program studi, dan jenjang pendidikan yang kalian pilih. Namun, untuk memberikan gambaran umum, berikut adalah perkiraan biaya kuliah di Australia:

Sarjana (Bachelor’s Degree)

Biaya kuliah untuk program sarjana berkisar antara AUD 15,000 hingga AUD 33,000 per tahun, tergantung pada universitas dan jurusan.

Pascasarjana (Master’s Degree)

Untuk program pascasarjana, biaya kuliah berkisar antara AUD 20,000 hingga AUD 37,000 per tahun. Program yang lebih khusus atau bergengsi mungkin memiliki biaya lebih tinggi.

Doktoral (Doctoral Degree)

Biaya kuliah untuk program doktoral biasanya lebih rendah dan berkisar antara AUD 14,000 hingga AUD 37,000 per tahun.

Jika kalian perlu mentransfer uang untuk membayar biaya kuliah, Easylink dapat menjadi solusi yang aman, cepat dan terjangkau. Dengan biaya admin yang rendah, kalian dapat dengan mudah mentransfer uang ke universitas di Australia melalui Easylink, dan memastikan proses pembayaran kuliah berjalan lancar.

Berapa Lama Kuliah di Australia?

Durasi kuliah di Australia tergantung pada tingkat pendidikan yang Anda ambil. S1 biasanya berlangsung sekitar 3-4 tahun, sementara S2 dan S3 bisa lebih lama tergantung pada fokus penelitian kalian.

Tips Kuliah di Luar Negeri Lainnya:

  1. Kuliah di Inggris
  2. Kuliah di Jerman
  3. Kuliah di Turki
  4. Kuliah di Jepang
  5. Kuliah di Luar Negeri
  6. Kuliah di Taiwan

Tips-Tips Selama Kuliah di Australia

Tips yang wajib kalian ketahui untuk memulai perkuliahan di Australia. Pertama kalian dapat memanfaatkan waktu kalian dengan baik seperti, terlibatlah dalam kegiatan ekstrakurikuler, bangun jejaring, kunjungi konselor akademik, dan jangan ragu untuk mencari pengalaman di luar ruang kelas. Manfaatkan fasilitas yang ada dan temukan keseimbangan antara akademik dan sosial.

Dengan memahami dan merencanakan setiap aspek di atas, kalian akan memaksimalkan pengalaman kuliah kalian di Australia dan membuka pintu menuju masa depan yang cerah.

kuliah-di-australia-persiapan-syarat-jurusan-dan-biayanya

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!