Kuliah di Turki: Syarat, Jurusan, Persiapan dan Biayanya

kuliah-di-turki

Saat mempersiapkan diri untuk kuliah di Turki, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan syarat-syarat untuk kuliah di turki seperti dokumen, izin tinggal, visa dan berada dalam kondisi yang sesuai untuk memudahkan proses administratif selama studi di Turki.

Persiapan Kuliah di Turki

Selanjutnya, penyusunan rencana adalah kunci untuk sukses, baik secara keuangan, akademik, maupun sosial selama masa studi. Rencanakan dengan cermat untuk memastikan adaptasi yang lebih lancar. 

Penting juga untuk memahami kebudayaan setempat dengan mengenali budaya, tradisi, dan norma-norma sosial di Turki. Terakhir, belajar dasar-dasar bahasa Turki dapat membantu kalian berkomunikasi lebih efektif dengan lingkungan sekitar dan memaksimalkan pengalaman belajar kalian selama di Turki.

Apa Saja Perguruan Tinggi yang Ada di Turki?

Apakah kalian tertarik untuk kuliah di Turki? Terdapat lima universitas unggulan yang layak kalian pertimbangkan untuk mengampuh pembelajaran di Turki. 

Menurut Times Higher Education Cankaya University, Koç University, Sabanci University, Middle East Technical University, dan Bahçeşehir University merupakan 5 universitas unggulan di Turki. Berikut merupakan penjelasan singkat alasan mengapa universitas tersebut layak kalian pertimbangkan : 

  1. Cankaya University: Dikenal akan lingkungan akademiknya yang inklusif dan inovatif. Menawarkan program-program unggulan dengan fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan akademik.
  2. Koç University: Terkenal dengan staf pengajar berkualitas dan fasilitas modern. Memiliki program-program multidisipliner yang mendorong pengembangan kreativitas dan kepemimpinan.
  3. Sabanci University: Mengutamakan penelitian dan inovasi dengan pendekatan kolaboratif. Menawarkan lingkungan pembelajaran yang mendukung mahasiswa dalam mencapai potensi penuh mereka.
  4. Middle East Technical University (METU): Terkenal karena reputasi global dan kualitas pendidikan tinggi. Memberikan penekanan pada penelitian ilmiah dan teknologi, mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan global.
  5. Bahçeşehir University: Menyediakan program yang dirancang untuk menghubungkan teori dengan praktik, memungkinkan siswa untuk memperoleh wawasan mendalam dan relevan di bidangnya.

Dengan reputasi dan fokus yang berbeda, kelima universitas ini menjanjikan pengalaman akademik yang kaya dan relevan bagi para calon mahasiswa. Oleh karena itu, kalian dapat mempertimbangkannya kelima universitas tersebut sebagai pilihan.

Tipe Perguruan Tinggi di Turki

Perguruan tinggi di Turki menawarkan beragam tipe institusi pendidikan tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan belajar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Universitas Umum: Menawarkan berbagai program studi dengan fokus pada penelitian ilmiah dan pendidikan yang komprehensif. Cocok bagi mereka yang mencari pengetahuan mendalam dan pengembangan keterampilan kritis.
  2. Institut Teknologi: Dikenal akan penekanannya pada ilmu teknologi dan rekayasa. Menyediakan program yang memadukan teori dan praktik untuk menciptakan para ahli teknologi yang terampil.
  3. Sekolah Bisnis: Menyediakan pendidikan tinggi di bidang bisnis, manajemen, dan keuangan. Fokus pada pengembangan pemimpin bisnis masa depan dengan pengetahuan mendalam tentang dunia korporat.
  4. Sekolah Seni dan Desain: Mengutamakan kreativitas dan inovasi. Menawarkan program seni, desain, dan kemanusiaan yang membangun keahlian kreatif dan estetika.
  5. Kampus Teknologi dan Riset: Bertujuan untuk mendorong inovasi dan penelitian di berbagai disiplin ilmu. Menjadi pilihan bagi mereka yang ingin terlibat dalam proyek penelitian yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Ada Jurusan Apa Saja yang Ada di Turki?

Turki menawarkan beragam jurusan menarik untuk para calon mahasiswa internasional. Kalian dapat menjelajahi bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, seperti Antropologi, Psikologi, atau Hubungan Internasional. 

Jika minatmu lebih pada dunia teknologi, tersedia jurusan Teknik dan Ilmu Komputer seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Komputer. Bagi yang tertarik di bidang kesehatan, Turki menawarkan program Kedokteran, Keperawatan, dan Farmasi. 

Selain itu, tersedia juga jurusan Ekonomi dan Bisnis seperti Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Untuk para seniman dan kreatif, ada jurusan Seni dan Desain seperti Seni Rupa, Desain Grafis, dan Arsitektur.

Baca Juga: Kirim Uang ke Turki dari Indonesia

Kenapa Kuliah di Turki?

Lingkungan Aman dan Ramah

Turki menawarkan lingkungan belajar yang aman dan ramah bagi mahasiswa internasional, menciptakan suasana belajar yang kondusif dan nyaman.

Biaya Hidup yang Lebih Murah

Biaya hidup di Turki lebih terjangkau dibandingkan dengan banyak negara lainnya, termasuk biaya makanan, akomodasi, transportasi, dan keperluan sehari-hari.

Tersedia Beasiswa

Turki menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk mahasiswa internasional, membantu meringankan beban finansial. Banyak institusi pendidikan dan organisasi yang menawarkan beasiswa berdasarkan prestasi akademik atau kebutuhan finansial.

Universitas di Turki Mengadopsi Bologna Process

Universitas di Turki mengadopsi Bologna Process, sistem pendidikan tinggi yang diakui secara internasional. Hal ini memastikan bahwa gelar yang kalian peroleh diakui di seluruh Eropa.

Persyaratan Kuliah di Turki

Untuk dapat menempuh pendidikan di Turki tentu terdapat persyaratan yang wajib kalian penuhi, berikut merupakan persyaratannya. Pertama, pastikan kalian memiliki paspor yang sah sebagai identitas resmi sebelum mendaftar ke perguruan tinggi di Turki. 

Selanjutnya, kalian perlu mendapatkan surat penerimaan (Letter of Acceptance) dari perguruan tinggi yang kalian tuju, sebuah langkah penting dalam proses aplikasi. 

Lalu persiapkan juga ijazah sekolah menengah atas atau setara yang diakui secara resmi. Proses aplikasi visa pelajar juga harus kalian lakukan untuk tinggal dan belajar di Turki, pastikan Anda memenuhi persyaratan visa yang berlaku. 

Beberapa perguruan tinggi mungkin juga meminta sertifikat bahasa asing seperti TOEFL atau IELTS sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris. Dengan memenuhi syarat-syarat ini, kalian akan siap memulai perjalanan kuliah di Turki dan kuliah di luar negeri lain.

Berapa Lama Kuliah di Turki?

Durasi yang kalian perlukan pada saat ingin menempuh perkuliahan di Turki tentunya bervariasi tergantung pada jenjang studi yang akan kalian pilih:

  1. Sarjana (Bachelor’s Degree): Umumnya berlangsung selama 4 tahun, tergantung pada program studi dan universitas tertentu.
  2. Magister (Master’s Degree): Biasanya memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 tahun akademik penuh.
  3. Doktoral (Doctoral Degree): Program doktoral di Turki berlangsung sekitar 3 hingga 5 tahun, tergantung pada bidang studi dan penelitian yang kalian lakukan.

Pastikan kalian untuk memeriksa terlebih dahulu durasi studi yang tepat untuk program yang kalian minati di perguruan tinggi yang dituju.

Tips Kuliah di Luar Negeri Lainnya:

  1. Kuliah di Inggris
  2. Kuliah di Jerman
  3. Kuliah di Australia
  4. Kuliah di Jepang
  5. Kuliah di Luar Negeri
  6. Kuliah di Taiwan

Tertarik untuk menjalani perjalanan pendidikan di Turki? Jangan khawatir tentang urusan finansial atau proses kirim uang ke luar negeri. Dengan Easylink, semua kebutuhan pengiriman uang internasional kalian akan terpenuhi dengan mudah, cepat dan transparan. 

Dapatkan pengalaman kuliah yang lebih nyaman dan fokus pada studi kalian, sementara Easylink menangani urusan keuangan kalian. Selamat memulai perjalanan pendidikan internasional kalian!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!