Mau Kuliah di Taiwan? Cek Persyaratannya di Sini!

kuliah di taiwan

Mungkin banyak diantara kalian yang ingin melanjutkan pendidikannya di Taiwan, terlebih lagi dengan fasilitas pendidikan di Taiwan yang sudah lebih modern dan siap untuk menyambut mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikannya disana.

Namun, pertanyaan yang pastinya terbesit di benak Anda tentunya bagaimana caranya? dan persyaratan apa yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan disana? Oleh karena itu, mari kita simak penjelasannya dibawa ini!

Kenapa Kuliah di Taiwan? 

Terdapat beberapa alasan mengapa banyak sekali mahasiswa dari negara lain yang mempertimbangkan Taiwan sebagai destinasi kuliah yang mereka tuju untuk melanjutkan pendidikan, berikut alasannya:

  1. Prestasi Pendidikan Tinggi Terkemuka di Asia: Taiwan memiliki beberapa universitas unggulan, seperti National Taiwan University (NTU) yang meraih peringkat 187 dalam Times Higher Education World University Ranking 2023. Selain itu, ada juga China Medical University dan Taipei Medical University yang menduduki peringkat 251-350.
  2. Biaya Hidup yang Terjangkau: Meskipun merupakan negara maju, Taiwan menawarkan biaya hidup yang relatif terjangkau. Kesempatan mendapatkan beasiswa untuk menutupi sebagian besar biaya kuliah juga dapat diandalkan.
  3. Lokasi Strategis: Letak Taiwan yang mudah di akses ke negara-negara tetangga seperti Korea Selatan, China, dan Jepang. Selain itu, terdapat penerbangan langsung antara Jakarta dan Taipei dengan durasi sekitar 5,5 jam.
  4. Keanekaragaman Budaya: Taiwan dikenal sebagai negara multikultural yang memungkinkan mahasiswa untuk mendalami dan mempelajari beragam budaya serta memperluas jejaring internasional.

Berapa Lama Kuliah di Taiwan?

Durasi kuliah di Taiwan bervariasi tergantung pada tingkat studi yang diambil. Untuk gelar sarjana (Bachelor’s Degree), biasanya memakan waktu sekitar 4 tahun di universitas-universitas di Taiwan. 

Sementara untuk program magister (Master’s Degree), durasinya umumnya sekitar 2 tahun, walaupun ada beberapa program khusus yang bisa lebih pendek atau lebih panjang. Sedangkan untuk gelar doktoral (Doctoral Degree), programnya berlangsung sekitar 3-5 tahun, tergantung pada bidang studi, proyek penelitian, dan persyaratan khusus dari program yang diikuti. 

Namun, perlu diingat juga bahwa durasi tersebut bersifat umum dan dapat bervariasi tergantung pada universitas, jenis program, serta kecepatan perkembangan akademik individu mahasiswa.

Biaya Kuliah di Taiwan

Berapa biaya kuliah di Taiwan? Tentunya salah satu pertimbangan Anda dalam memilih negara mana yang akan dituju untuk melanjutkan pendidikan adalah biaya kuliah dan hidup selama di negara tersebut.

Biaya hidup di Taiwan dapat bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih. Namun, secara umum, biaya rata-rata per tahun berkisar antara NT$100,000 hingga NT$200,000. Dalam nilai tukar rupiah, angka ini setara dengan sekitar Rp 48.000.000 hingga Rp 97.000.000. 

Meskipun bervariasi, biaya ini relatif terjangkau dan tidak jauh berbeda dengan biaya pendidikan tinggi di Indonesia.

Biaya Hidup di Taiwan Untuk Mahasiswa Internasional

Biaya hidup di Taiwan umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, atau Korea Selatan. Namun, estimasi biaya yang disampaikan di bawah ini merupakan perkiraan yang bisa berubah-ubah tergantung pada lokasi, gaya hidup, dan preferensi individu, berikut rinciannya:

Kebutuhan Perkiraan Biaya
Akomodasi 10.000 – 20.000 NTD
Transportasi 20 NTD (per sekali perjalanan MRT)
Makanan 50 – 500 NTD
Listrik dan Air 1.000 – 2.000 NTD
Biaya Internet 500 – 1.000 NTD
Biaya Kesehatan 300 – 500 NTD
Biaya Asuransi Kesehatan 5.000 – 6.000 NTD

Syarat Kuliah di Taiwan

Untuk melanjutkan pendidikan di Taiwan, visa pelajar Taiwan menjadi syarat utama bagi pemerintah Taiwan. Namun, sebelum mengajukan visa pelajar, calon mahasiswa harus memperoleh LoA (Letter of Acceptance) dari universitas atau institusi pendidikan di Taiwan. 

Oleh karena itu, langkah awalnya adalah mendaftar di universitas dan program studi yang diinginkan sambil menyiapkan dokumen persyaratan kuliah di Taiwan yang terdiri dari:

  1. Gelar pendidikan terakhir
  2. Sertifikat kemampuan bahasa asing atau bahasa mandarin
  3. Transkrip nilai resmi
  4. Surat rekomendasi dari supervisor akademik atau dosen
  5. Surat keterangan kesehatan
  6. Paspor dan visa pelajar
  7. Biaya aplikasi dan uang kuliah
  8. Kartu tanda penduduk asing (Alien Resident Certificate/ARC)

Cara Kuliah di Taiwan

Sebelum kamu melanjutkan studinya di Taiwan, diperlukan informasi lebih lanjut mengenai cara mendaftar dan proses kuliah di sana. Berikut adalah rincian langkah-langkahnya:

  1. Pilih program studi dan universitas yang diinginkan.
  2. Buat akun dan lengkapi aplikasi online melalui situs universitas terkait.
  3. Siapkan dan lengkapi persyaratan aplikasi seperti transkrip nilai, sertifikat bahasa, dan rekomendasi dosen.
  4. Kirim aplikasi ke universitas dan tunggu pengumuman hasil seleksi.
  5. Setelah diterima, universitas akan mengirimkan surat penerimaan dan formulir permohonan visa pelajar.
  6. Isi dan lengkapi formulir permohonan visa pelajar serta persyaratan pendukung lainnya.
  7. Ajukan visa pelajar ke kantor imigrasi Taiwan terdekat.
  8. Setelah visa diterima, siapkan keberangkatan ke Taiwan dan nikmati pengalaman kuliah di sana.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri: Cara, Persiapan dan Syaratnya!

Beasiswa Kuliah di Taiwan

Kabar baik bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Taiwan dengan biaya yang lebih terjangkau yaitu melalui jalur beasiswa. Beberapa opsi beasiswa kuliah di Taiwan yang dapat Anda pertimbangkan antara lain:

  1. Beasiswa Taiwan ICDF: Mencakup biaya kuliah, transportasi, tunjangan hidup, serta asuransi kesehatan. Beasiswa ini terbuka bagi calon mahasiswa yang fokus pada bidang studi pembangunan.
  2. Beasiswa Taiwan Scholarship: Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Taiwan yang memberikan dukungan biaya kuliah, transportasi, asuransi kesehatan, dan tunjangan hidup. Beasiswa ini dapat diajukan untuk program sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3).
  3. Beasiswa TUSA (Taiwan United States Sister Relations Association): menawarkan dukungan biaya kuliah dan tunjangan hidup bagi calon mahasiswa program sarjana (S1) dan magister (S2).

Universitas Terbaik di Taiwan

Lalu, saat kalian telah menetapkan Taiwan sebagai negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan tahap selanjutnya yang harus kalian pertimbangkan adalah universitas mana yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan pendidikan? Berikut adalah 5 universitas terbaik di Taiwan berdasarkan data Times Higher Education 2023 (THE):

Nama Universitas Peringkat Times Higher Education 2023 
National Taiwan University  Peringkat 29
China Medical University Peringkat 33
Taipei Medical University Peringkat 43
Asia University Peringkat 49
National Yang Ming Chiao Tung University Peringkat 85
National Tsing Hua University Peringkat 95

Kuliah di Taiwan adalah salah satu destinasi tujuan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan karena memiliki universitas dan tenaga pengajar yang bagus, biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif terjangkau, lokasinya yang strategis serta memiliki lingkungan yang multikultural lah yang menjadikan Taiwan sebagai destinasi tujuan para mahasiswa internasional.

Biaya kuliah dan biaya kehidupan di Taiwan adalah salah satu pertimbangan yang cukup krusial sebelum Anda menetapkan Taiwan sebagai destinasi tujuan pendidikan Anda.

Untuk itu, Easylink hadir untuk mempermudah Anda dalam melakukan pengiriman uang ke Taiwan dengan aman, mudah dan cepat hanya dalam hitungan menit. Tunggu apalagi, yuk kirim uang ke Taiwan sekarang juga dan nikmati kemudahannya dengan Easylink!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!