Rincian Biaya Hidup di Turki dan Cara Menghematnya!

biaya hidup di turki

Turki merupakan negara yang terletak di dua benua sekaligus dari segi geografis sebagian besar wilayah Turki berada di Benua Asia, sementara sebagian kecil lainnya masuk ke wilayah Eropa. Kondisi tersebut menciptakan gaya hidup yang mencerminkan perpaduan antara budaya Barat dan Timur bagi masyarakatnya.

Dengan jumlah populasi sekitar 85,8 juta jiwa, mayoritas penduduknya bekerja di sektor jasa, industri, dan pertanian. Upah minimum di Turki saat ini sekitar Rp7,2 juta per bulan, sehingga memungkinkan masyarakat di sana untuk hidup berkecukupan. 

Meskipun begitu, biaya hidup secara keseluruhan di Turki tidak terlalu tinggi, bahkan relatif mirip dengan biaya hidup di Indonesia. Hal ini membuat Turki menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi negara dengan kekayaan bangunan bersejarah seperti Masjid Hagia Sophia, Benteng Konstantinopel, dan keindahan alam Cappadocia. 

Tidak disangka, biaya hidup di Turki tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Simak ulasan berikut ini, untuk mengetahui info lengkapnya!

Rincian Biaya Hidup di Turki

Estimasi biaya hidup di Turki dapat berbeda tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Berikut merupakan rincian estimasi biaya hidup di Turki.

Biaya Makan & Minum di Turki

  • Biaya makan dan minum di Turki dapat bervariasi tergantung pada jenis restoran atau tempat makan yang dipilih. Secara umum, harga makanan di restoran biasanya berkisar antara TRY 20 hingga TRY 50 per hidangan atau setara dengan Rp9.000 hingga Rp24.000, tergantung pada jenis makanan dan lokasi tempat makan. Belanja di supermarket dan memasak sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Biaya Transportasi

  • Biaya transportasi di Turki juga bervariasi tergantung pada moda transportasi yang digunakan. Harga tiket transportasi umum seperti bus, tram, atau metro biasanya berkisar antara TRY 3 hingga TRY 8 atau setara dengan Rp3.000 per perjalanan, tergantung pada kota dan jarak tempuh. Penggunaan taksi juga merupakan pilihan transportasi yang nyaman namun lebih mahal.

Biaya Tempat Tinggal

  • Biaya tempat tinggal di Turki sangat dipengaruhi oleh lokasi, ukuran, dan fasilitas properti yang dipilih. Biaya sewa apartemen di kota-kota besar seperti Istanbul, Ankara, atau Izmir dapat berkisar antara TRY 1.000 hingga TRY 3.000 per bulan atau setara dengan Rp485 ribu hingga Rp1,4 juta tergantung pada lokasi dan kualitas properti. Selain itu, juga ada opsi homestay atau akomodasi kampus yang dapat menjadi pilihan lebih ekonomis bagi mahasiswa.

Biaya Kesehatan

  • Setiap warga negara atau penduduk di Turki wajib memiliki asuransi kesehatan. Biaya asuransi kesehatan dapat bervariasi tergantung pada jenis asuransi dan cakupan yang dipilih. 
  • Secara umum, premi asuransi kesehatan dapat mencapai beberapa ratus TRY hingga lebih dari TRY 1.000 per bulan atau setara dengan Rp485 ribu, tergantung pada provider asuransi dan cakupan yang dipilih.

Biaya Lainnya

  • Biaya hidup lainnya di Turki meliputi pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, hiburan, komunikasi (telepon dan internet), dan kebutuhan pribadi lainnya. Harga-harga ini dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup dan preferensi individu.

Read Also: Dikenal Sebagai Kota Terkaya, Yuk Intip Biaya Hidup di Dubai

Total Biaya Hidup di Turki per Bulan

Estimasi total biaya hidup di Turki per bulan dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup individu, lokasi tempat tinggal, dan kebutuhan pribadi lainnya. 

Dengan perkiraan estimasi biaya hidup di atas, total biaya hidup di Turki per bulan yaitu berkisar antara TRY 2.550 hingga TRY 6.900 atau sekitar Rp1,2 hingga 3,3 juta. Berdasarkan kutipan yang diambil dari Okezone, biaya hidup di ibukota negara Turki yaitu Ankara itu hanya sekitar Rp4,5 hingga Rp6 juta. 

Masih di bawah upah minimum yang dapat diterima pekerja di sana. dengan catatan bahwa angka ini bersifat perkiraan dan bisa berubah tergantung pada situasi dan keputusan individu. Disarankan untuk melakukan perencanaan keuangan yang cermat dan mengikuti perkembangan harga dan tarif di Turki.

Read Also: Kuliah di Turki: Syarat, Jurusan, Persiapan dan Biayanya

Tips Menghemat Biaya Hidup di Turki

Jika Anda ingin mengurangi pengeluaran selama tinggal di Turki. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menghemat biaya hidup selama tinggal di Turki:

Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Cari akomodasi seperti apartemen atau homestay yang sesuai dengan anggaran Anda. Bandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan sebelum membuat keputusan.

Gunakan Transportasi Umum

Manfaatkan sistem transportasi umum seperti bus, metro, dan tram untuk perjalanan sehari-hari. Biasanya lebih ekonomis daripada menggunakan taksi atau kendaraan pribadi.

Cari Promo dan Diskon 

Selalu pantau promo dan diskon untuk makanan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Hal ini dapat membantu menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Masak Sendiri 

Cobalah untuk memasak di rumah daripada makan di restoran secara teratur. Belanja di pasar lokal dan memasak makanan sendiri dapat mengurangi pengeluaran untuk makanan.

Pilih Aktivitas Gratis atau Murah 

Temukan kegiatan hiburan yang tidak memerlukan biaya tinggi, seperti mengunjungi taman, museum dengan harga tiket terjangkau, atau acara budaya lokal yang gratis.

Beli Barang dengan Bijak 

Belanja kebutuhan sehari-hari dengan bijak. Bandingkan harga di berbagai toko dan pertimbangkan kebutuhan sebelum membeli barang.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menghemat biaya hidup Anda selama tinggal di Turki dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di India, sangat penting untuk mempertimbangkan estimasi biaya hidup. 

Oleh karena itu, Easylink hadir untuk membantu Anda mengirim uang dari Indonesia ke Turki dengan lebih aman, mudah, dan cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika menghadapi kekurangan uang di sana, Anda dapat dengan mudah meminta bantuan teman, keluarga, atau saudara untuk mengirimkan uang ke Turki melalui layanan Easylink.

Tips Menghemat Biaya Hidup di Turki

form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!