Tips Hemat dan Biaya Hidup di Jepang Dengan Estimasinya

biaya-hidup-di-jepang

Negara Jepang merupakan negara impian bagi sebagian besar orang di Indonesia. Dari segi kuliner, tempat wisata, belajar, kerja dan masih banyak lagi. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui tentang biaya hidup di Jepang agar memudahkan perjalanan Anda ke Jepang.

Cost of Living in Japan

Biaya hidup di Jepang dapat bervariasi tergantung pada lokasi, gaya hidup, dan kebutuhan individu itu sendiri. Secara umum, Jepang dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang relatif tinggi, terutama di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka.

Untuk mengetahui estimasi biaya hidup di Jepang dan mengetahui tips untuk hidup hemat di Jepang, simak artikel ini!

Biaya Tempat Tinggal

Di kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo atau Kyoto, apartemen adalah pilihan utama untuk tempat tinggal. Biaya sewa apartemen di Jepang bervariasi, seperti sewa apartemen dengan 1 kamar tidur berkisar antara ¥58.000 hingga ¥89.000, sedangkan untuk apartemen dengan 3 kamar tidur berkisar antara ¥121.000 hingga ¥193.000. Harga apartemen per meter persegi berkisar antara ¥437.000 hingga ¥777.000.

Biaya Sehari-hari

Biaya sehari-hari di Jepang dapat bervariasi. Untuk makanan, makan di restoran sederhana bisa sekitar ¥700 – ¥1,500 per hidangan, sedangkan makan malam di tempat yang lebih formal bisa mencapai ¥1,500 – ¥5,000 atau lebih. 

Biaya transportasi harian berkisar antara ¥200 – ¥500 untuk transportasi umum di kota besar. Belanja kebutuhan harian dan barang rumah tangga bisa sekitar ¥3,000 – ¥7,000. 

Biaya hiburan seperti museum atau bioskop sekitar ¥500 – ¥2,500. Biaya listrik, air, gas, dan tagihan bulanan lainnya berkisar ¥5,000 – ¥10,000 per bulan. Tapi angka-angka ini bisa berbeda tergantung pada gaya hidup dan tempat Anda tinggal di Jepang.

Read Also: Apa Itu Telegraphic Transfer? Berikut Penjelasannya!

Biaya Makan

Biaya hidup yang cukup besar di Jepang adalah untuk makanan dan belanja bulanan. Memasak di rumah dapat membantu menghemat pengeluaran. Perkiraan biaya makanan dan belanja bulanan di Jepang adalah sebagai berikut:

  • Makan di restoran sekitar ¥1.000.
  • Harga produk-produk seperti susu sekitar ¥199 per liter, beras putih sekitar ¥466 per kilogram, air mineral sekitar ¥123 untuk 1.5 liter, ayam filet sekitar ¥903 per kilogram, roti sekitar ¥212 untuk 500 gram.
  • Harga buah-buahan berkisar antara ¥331 hingga ¥677 per kilogram dan sayur-sayuran sekitar ¥180 hingga ¥596 per kilogram.

Biaya Transportasi

Transportasi umum di Jepang sangat baik karena telah terintegrasi dengan baik, mencakup berbagai jenis kereta dan layanan bus di setiap titik di kota-kota. Selain tiket satu arah, ada pilihan langganan bulanan untuk transportasi umum bagi mereka yang sering berpindah-pindah. Berikut merupakan rincian biaya hidup di Jepang terkait transportasi:

  • Tiket satu arah (One-way ticket): ¥210.
  • Langganan bulanan (Monthly Pass): ¥6.900.
  • Tarif taksi per kilometer: ¥410.
  • Harga 1 liter bahan bakar: ¥164.

Asuransi

Penting untuk mempertimbangkan asuransi sebagai langkah pencegahan jika Anda berencana tinggal di Jepang. Untuk mahasiswa, biaya asuransi kesehatan di Jepang sekitar ¥2.500 per bulan.

Biaya Lain-Lain

Selain biaya utama seperti akomodasi, asuransi, dan makanan, ada pengeluaran lain yang perlu dipertimbangkan saat tinggal di Jepang, seperti hiburan, kegiatan olahraga, dan sebagainya. Perincian biaya hidup tambahan di Jepang adalah sebagai berikut:

  • Member Fitness Club per bulan: ¥8.000.
  • Nonton film di bioskop: ¥1.800.
  • Tiket masuk Tokyo Disneyland: ¥6.900 – ¥9.400.

Total Biaya Hidup di Jepang Per Bulan

Jika diakumulasikan, biaya hidup bulanan di Jepang khusunya di kota besar seperti Tokyo, berkisar antara ¥200.000 hingga ¥300.000 atau sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta. Perlu dicatat bahwa setiap kota memiliki rentang harga yang berbeda, terutama di daerah perkotaan, yang umumnya lebih tinggi. 

Dalam hal biaya hidup harian di Jepang, perkiraannya sekitar Rp600.000, meskipun angka ini sangat bergantung pada situasi dan bisa bervariasi berdasarkan gaya hidup serta kebutuhan individu.

Read Also: Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Tips Hidup Hemat di Jepang

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu hidup hemat di Jepang:

  1. Gunakan Transportasi Umum: Kartu transportasi prabayar (seperti Pasmo atau Suica) dapat membantu mengurangi biaya transportasi harian. Pilihlah tiket harian atau bulanan jika sering menggunakan kereta atau bus.
  2. Masak di Rumah: Beli bahan makanan dari supermarket lokal dan masak di rumah. Ini lebih ekonomis daripada makan di restoran setiap hari.
  3. Temukan Diskon: Manfaatkan diskon dan penawaran khusus di toko atau supermarket. Gunakan aplikasi atau kartu keanggotaan untuk mendapatkan harga lebih murah.
  4. Cari Makanan Murah: Jangan ragu untuk mencari kedai makanan murah atau promo makanan siang di restoran-restoran sekitar.
  5. Hindari Waktu Sibuk untuk Transportasi: Menggunakan transportasi di luar jam sibuk dapat memberikan diskon atau tarif lebih rendah.
  6. Pilih Tempat Tinggal yang Terjangkau: Cari apartemen atau rumah sewa yang terjangkau, terutama di daerah pinggiran kota yang memiliki biaya sewa yang lebih rendah.
  7. Pilih Hiburan Terjangkau: Pilih hiburan yang tidak terlalu mahal, seperti mengunjungi taman umum atau pameran seni yang memiliki tiket masuk murah.
  8. Bijak dalam Penggunaan Listrik dan Air: Matikan perangkat listrik jika tidak digunakan dan gunakan air dengan bijak untuk mengurangi tagihan bulanan.
  9. Beli Barang Kebutuhan Harian dengan Bijak: Belilah barang kebutuhan harian dalam jumlah yang sesuai kebutuhan untuk menghindari pemborosan.
  10. Manfaatkan Kupon dan Voucher: Gunakan kupon atau voucher diskon yang sering tersedia di Jepang untuk mendapatkan harga lebih murah saat berbelanja.

Dengan mengikuti tips hidup hemat ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran harian selama berada di Jepang.

Kota-Kota Termurah Untuk Tinggal di Jepang

Beberapa kota di Jepang yang dikenal memiliki biaya hidup lebih terjangkau adalah Fukuoka, Sapporo, Kyoto, dan Hiroshima. Lokasi ini sering dianggap lebih ekonomis dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Jepang. Berikut rata-rata pengeluaran disana:

  • Fakuoka

Fukuoka merupakan salah satu kota yang cukup terkenal sebagai tempat dengan biaya hidup yang lebih terjangkau. Biaya sewa apartemen, makanan, transportasi umum, dan utilitas cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya seperti Tokyo atau Osaka. 

Rata-rata biaya tersebut membuat Fukuoka menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin tinggal atau mengunjungi Jepang tanpa harus menghabiskan biaya yang terlalu besar. 

Biaya Hidup di Fakuoka Biaya Pengeluaran (¥)
Rata-rata Gaji per Bulan ¥201,840
Rata-rata Biaya Sewa Apartemen per Bulan ¥2,541 
Rata-rata Biaya Makan per Minggu ¥8,356 
Rata-rata Biaya Transportasi Umum per Bulan ¥2,825 
Rata-rata Biaya Listrik, Air dan Gas per Bulan ¥11,232 
  • Sapporo

Sapporo merupakan kota yang terletak di Hokkaido, Jepang, juga dikenal dengan biaya hidup yang relatif terjangkau. Biaya sewa apartemen, pengeluaran makanan, transportasi umum, dan utilitas di kota ini cenderung lebih rendah daripada di kota-kota besar lainnya di Jepang. Keadaan ini menarik bagi wisatawan atau penduduk yang ingin merasakan Jepang tanpa menghabiskan biaya besar.

Biaya Hidup di Fakuoka Biaya Pengeluaran (¥)
Rata-rata Gaji per Bulan ¥200,400
Rata-rata Biaya Sewa Apartemen per Bulan ¥40,000
Rata-rata Biaya Makan per Minggu ¥8,025
Rata-rata Biaya Transportasi Umum per Bulan ¥3,023
Rata-rata Biaya Listrik, Air dan Gas per Bulan ¥14,771
  • Kyoto

Kyoto, kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, memiliki biaya hidup yang bervariasi. Walaupun terdapat area-area yang mahal, ada juga bagian kota dengan biaya hidup yang lebih terjangkau. 

Secara umum, biaya sewa, makanan, dan transportasi di Kyoto bisa lebih murah jika dibandingkan dengan Tokyo. Hal ini membuatnya menarik bagi mereka yang ingin mengeksplorasi warisan budaya Jepang tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Biaya Hidup di Fakuoka Biaya Pengeluaran (¥)
Rata-rata Gaji per Bulan ¥211,680 
Rata-rata Biaya Sewa Apartemen per Bulan ¥3,244 
Rata-rata Biaya Makan per Minggu ¥8,887 
Rata-rata Biaya Transportasi Umum per Bulan ¥4,063
Rata-rata Biaya Listrik, Air dan Gas per Bulan ¥11,353
  • Hiroshima

Hiroshima merupakan kota yang memiliki warisan sejarah yang kuat, disana juga menawarkan biaya hidup yang lebih terjangkau. Biaya sewa apartemen, makanan, dan transportasi umum yang cenderung lebih rendah daibandingkan kota-kota besar lainnya di Jepang. 

Dengan demikian, Hiroshima menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan sejarah Jepang tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

 

Biaya Hidup di Fakuoka Biaya Pengeluaran (¥)
Rata-rata Gaji per Bulan ¥202,560
Rata-rata Biaya Sewa Apartemen per Bulan ¥2,561
Rata-rata Biaya Makan per Minggu ¥8,084
Rata-rata Biaya Transportasi Umum per Bulan ¥2,240
Rata-rata Biaya Listrik, Air dan Gas per Bulan ¥11,755 

Biaya sewa tempat tinggal, harga barang, dan kehidupan di negara-negara tersebut memang cenderung lebih terjangkau. Meskipun begitu, biaya hidup masih dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan individual dan lokasi di kota tersebut.

Siap untuk memulai perjalanan kuliah di Jepang? Kirim uang ke Jepang dengan aman, mudah dan cepat untuk biaya kuliah dan kebutuhan hidupmu di Jepang? Pakai Easylink aja! Klik link berikut untuk mengetahui cara mudah untuk kirim uang ke jepang.

form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!