Rincian Biaya Hidup di India per Bulan

biaya hidup di india per bulan

Siapa yang tidak mengetahui salah satu negara yang terletak di Asia Selatan ini, negara ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena film Bollywoodnya serta aktor dan aktris yang dapat memikat hati masyarakat Indonesia.

India tidak hanya dikenal sebagai tempat lahirnya agama-agama besar seperti Hinduisme dan Budha, tetapi juga telah menjadi salah satu pusat inovasi dan perkembangan ekonomi. Jika Anda tertarik untuk menetap atau tinggal di sana, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah biaya hidup di India.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan mengetahui estimasi biaya hidup di India, mulai dari biaya makan, transportasi, tempat tinggal, dan biaya lainnya. Yuk, simak informasi selengkapnya dibawah!

Rincian Biaya Hidup di India

Kebutuhan individu dapat mempengaruhi biaya hidup Anda jika tinggal di India, biaya hidup akan dianggap mahal atau murah tergantung kepada keperluan Anda. 

Faktor lain yang memiliki peran penting adalah penentuan lokasi atau daerah tempat Anda tinggal, di mana biaya hidup di kota-kota seperti Mumbai dan Delhi seringkali lebih tinggi dibandingkan dengan Kolkata yang dianggap lebih ekonomis. Berikut merupakan rincian estimasi biaya hidup di india.

Biaya Makan & Minum di India

Estimasi biaya untuk makanan di India dapat bervariasi tergantung pada tempat serta jenis restoran yang Anda kunjungi. Mengonsumsi makanan di restoran lokal atau warung pinggir jalan biasanya membutuhkan biaya sekitar 200 – 500 INR atau setara dengan 37.3740 – 94.324 IDR. 

Sementara itu, untuk makan di restoran kelas menengah yang menyajikan hidangan lengkap untuk dua orang dengan tiga hidangan harganya berkisar antara 600 – 2.500 INR atau setara dengan 113.188 – 471.619 IDR. 

Untuk opsi restoran cepat saji seperti Mcdonald atau Burger King, estimasi biaya yang dibutuhkan untuk makanan di Mcdonald’s sekitar 326 INR atau setara dengan 61.499 IDR, sementara burger keju dihargai sekitar 98 INR atau setara dengan 18.475 IDR.

Read Also: Rincian Biaya Hidup di Swiss Untuk Mahasiswa dan Pekerja

Biaya kebutuhan pokok juga menjadi faktor yang cukup penting dalam mengelola biaya hidup di India, dan besarnya biaya hidup yang dikeluarkan tergantung pada pilihan tempat Anda belanja, baik itu di supermarket maupun pasar tradisional.

Biaya Transportasi

India menyediakan berbagai opsi transportasi umum, meliputi kereta api, bus, taksi, dan rickshaw. Biaya transportasi umumnya tergolong lebih terjangkau, khususnya untuk kereta api dan bus. 

Tiket harian dapat dibeli dengan harga sekitar 15 – 50 INR atau setara dengan 2.827 – 9.426 IDR, sedangkan tiket bulanan dihargai antara 320 hingga 1,500 INR atau setara dengan 60.318 – 282.742 IDR dengan harga reguler.

Biaya Tempat Tinggal

Akomodasi merupakan bagian terpenting dari biaya hidup di India dan harganya bervariasi tergantung pada lokasi atau daerah yang Anda pilih serta fasilitas yang ditawarkan. Namun, di bawah ini adalah estimasi rata-rata biaya sewa per bulan di India.

Kebutuhan Harga (INR) Harga (IDR)
Apartemen (1 kamar tidur) di pusat kota 8.000 – 56.000 INR 1.510.673 – 10.575.965 IDR
Apartemen (1 kamar tidur) di luar pusat kota 5.000 – 51.000 INR 944.421 – 9.633.100 IDR
Apartemen (3 kamar tidur) di pusat kota 17.000 – 116.000 INR 3.213.316 – 21.923.374 IDR
Apartemen (3 kamar) di luar pusat kota 12.000 – 60.000 INR 2.267.935 – 11.335.770 IDR

Biaya Utilitas

Sebagai salah satu bagian penting dari kebutuhan dasar dalam biaya hidup di India, biaya utilitas seperti listrik, air, dan internet umumnya dianggap terjangkau. 

Meskipun demikian, besarnya biaya ini dapat bervariasi juga tergantung pada tingkat konsumsi dan lokasi tempat tinggal. Di kota-kota besar, biaya utilitas mungkin cenderung lebih tinggi dibandingkan di pinggir kota atau daerah pedesaan.

Read Also: 10 Recommendations for Traditional Indian Souvenirs

Kebutuhan Harga (INR) Harga (IDR)
Biaya (listrik, penghangat ruangan, air, sampah) untuk sebuah apartemen 1.500 – 6.000 INR 283.442 – 1.133.835 IDR
Min. 1 ponsel prabayar tarif lokal (tidak ada diskon) 0,20 – 1,20 INR 37,81 – 226,81 IDR
Internet (60 Mbps atau lebih, Unlimited Data, Kabel ADSL) 500 – 1.100 INR 94.505 – 207.913 IDR

Total Biaya Hidup di India per Bulan 

Total biaya hidup di India per bulan mencapai rata-rata sekitar 27.265 INR atau sekitar 5.139.883 IDR. Angka ini mencakup berbagai elemen pengeluaran yang diperlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari di negara ini seperti biaya makanan, tempat tinggal, transportasi, dan biaya lainnya.

Penting untuk diingat juga bahwa estimasi total biaya hidup di India per bulan ini dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup, preferensi pribadi, dan lokasi tempat tinggal Anda di India.

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di India

Memilih tempat tinggal atau apartemen di India memerlukan pertimbangan yang cermat agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses pemilihan tempat tinggal di India:

  1. Pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan jarak ke tempat kerja, akses transportasi umum, dan ketersediaan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, dan sekolah.
  2. Tentukan estimasi biaya sewa yang sesuai dengan keuangan Anda. Biaya tempat tinggal dapat bervariasi tergantung pada lokasi atau daerah, fasilitas, dan luas bangunan. Pastikan juga untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti listrik, air, dan pemeliharaan.
  3. Keamanan lingkungan sekitar juga merupakan salah satu faktor penting. Pilihlah tempat tinggal yang memiliki sistem keamanan yang baik, seperti pengawasan CCTV, sistem keamanan pintu, atau kehadiran penjaga keamanan.

Read Also: Estimasi Biaya Hidup di Thailand Beserta Tipsnya!

Diatas merupakan rincian biaya hidup di India yang dapat memberikan gambaran saat Anda ingin tinggal atau menetap di sana. Dengan memahami rincian ini, Anda dapat merencanakan anggaran dengan lebih baik saat tinggal di India. 

Sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di India, sangat penting untuk mempertimbangkan estimasi biaya hidup. Oleh karena itu, Easylink hadir untuk membantu Anda mengirim uang dari Indonesia ke India dengan lebih aman, mudah, dan cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika menghadapi kekurangan uang di sana, Anda dapat dengan mudah meminta bantuan teman, keluarga, atau saudara untuk kirim uang ke India melalui layanan Easylink.

pengiriman uang ke india

form newsletter

Register Newsletter

Register now to get the latest articles from Easylink!