10 Rekomendasi Makanan Jepang yang Halal!

makanan jepang halal

Makanan khas Jepang memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Daya tariknya tidak hanya terbatas pada asalnya dari Jepang, tetapi juga karena popularitasnya di kalangan masyarakat Indonesia, yang mayoritas beragama Islam. Karena itu, masyarakat Indonesia umumnya lebih memilih makanan Jepang yang sesuai dengan prinsip halal. 

Sebelum menjelajahi jenis makanan Jepang halal, penting untuk memahami beberapa keunikan dari hidangan Jepang tersebut. Berikut beberapa rekomendasi makanan halal yang penting untuk diketahui!

Apakah di Jepang banyak makanan Halal?

Seiring dengan meningkatnya minat wisatawan Muslim di Jepang, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dalam ketersedian makanan halal. Beberapa restoran di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan beberapa destinasi wisata lainnya telah mulai menawarkan pilihan menu halal untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

Meskipun begitu, jumlah restoran yang menyajikan makanan halal masih terbatas jika dibandingkan dengan jumlah restoran non-halal di Jepang. Namun, upaya untuk menyediakan lebih banyak pilihan makanan halal terus berkembang seiring dengan permintaan yang semakin meningkat dari wisatawan Muslim.

Selain restoran-restoran yang menyediakan makanan halal, ada juga toko-toko yang menjual bahan makanan dan produk-produk yang telah bersertifikasi halal. Ini membantu wisatawan Muslim yang ingin memasak makanan mereka sendiri selama berada di Jepang.

Tips Memilih Makanan Jepang Halal

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membedakan antara keduanya:

  • Mencari Referensi: Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu melalui internet mengenai restoran-restoran Jepang yang menyajikan makanan halal. 
  • Memastikan Bahan yang Digunakan: Pastikan sebelum memesan makanan, kalian perlu mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam penyediaan hidangan. Beberapa bahan mungkin tidak halal, seperti alkohol dalam saus atau bahan-bahan haram lainnya.
  • Pilih Menu Ikan atau Sayuran: Menu-menu yang berbahan dasar ikan atau sayuran seringkali lebih aman dari segi kehalalan dibandingkan dengan menu yang menggunakan daging atau bahan yang tidak jelas status kehalalannya.
  • Cari Restoran dengan Sertifikasi Halal: Cari restoran-restoran yang memiliki sertifikasi halal resmi dari otoritas yang terpercaya. Sertifikasi ini menjamin bahwa proses persiapan makanan di restoran tersebut sesuai dengan standar kehalalan yang ditetapkan.
  • Tanyakan pada Karyawan Restoran: Jika ada keraguan mengenai kehalalan suatu hidangan, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada karyawan restoran. Mereka biasanya dapat memberikan informasi yang jelas mengenai bahan-bahan dan proses persiapan makanan.

Baca Juga: Kuliah di Jepang: Persiapan, Syarat dan Biayanya

Rekomendasi Makanan Jepang Halal

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan Jepang halal yang bisa Anda coba di Jakarta:

  • Onigiri adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari nasi yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti alpukat, tuna, atau ayam. Onigiri biasanya dibungkus dengan nori, yaitu rumput laut kering. Onigiri adalah makanan yang praktis dan mudah dibawa untuk bekal.
  • Sushi adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi yang dilapisi dengan nori dan diisi dengan berbagai macam bahan, seperti ikan, sayuran, atau telur. Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang paling populer di dunia.
  • Soba adalah mie Jepang yang terbuat dari gandum. Soba biasanya disajikan dengan kuah kaldu dashi, shoyu, atau miso. Soba adalah makanan yang sehat dan bergizi.
  • Tempura adalah makanan Jepang yang terbuat dari ikan, sayuran, atau seafood yang digoreng dengan tepung tempura. Tempura adalah makanan yang renyah dan gurih.
  • Sukiyaki adalah makanan Jepang yang terbuat dari daging sapi yang direbus dalam kuah kaldu dashi. Sukiyaki biasanya disajikan dengan berbagai macam sayuran, seperti jamur, bawang bombay, dan wortel. Sukiyaki adalah makanan yang hangat dan lezat.
  • Tendon adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi, telur, sayuran, dan daging yang digoreng dengan tepung tempura. Tendon adalah makanan yang lezat dan bergizi.
  • Shabu-shabu adalah makanan Jepang yang terbuat dari daging sapi yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu dashi. Shabu-shabu biasanya disajikan dengan berbagai macam sayuran, seperti jamur, bawang bombay, dan wortel. Shabu-shabu adalah makanan yang sehat dan segar.
  • Gyoza adalah pangsit Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan berbagai macam bahan, seperti daging sapi, sayuran, atau seafood. Gyoza biasanya digoreng atau dikukus. Gyoza adalah makanan yang renyah dan gurih.
  • Okonomiyaki adalah pancake Jepang yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan sayuran. Okonomiyaki biasanya diisi dengan berbagai macam bahan, seperti daging sapi, seafood, atau keju. Okonomiyaki adalah makanan yang lezat dan mengenyangkan.
  • Takoyaki adalah bola-bola goreng yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan sayuran. Takoyaki biasanya diisi dengan gurita. Takoyaki adalah makanan yang lezat dan lucu.

Selain makanan-makanan di atas, masih banyak lagi makanan Jepang halal yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa rekomendasi tambahan seperti, ramen,  udon, donburi, karaage, yakisoba, chahan, tamagoyaki dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Prinsip Budaya Kerja Jepang yang Wajib Kamu Ketahui!

Restoran di Jepang yang Memiliki Makanan yang Halal

Jepang adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Namun, bagi wisatawan muslim, bisa jadi sulit untuk menemukan makanan halal di Jepang. Berikut ini adalah beberapa restoran di Jepang yang memiliki makanan halal:

Hannari

Hannari adalah restoran Jepang yang terletak di kota Tokyo. Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan Jepang halal, termasuk sushi, sashimi, tempura, dan bento.

Sushi Ichizyu

Sushi Ichizyu adalah restoran sushi halal yang terletak di kota Osaka. Restoran ini menyajikan berbagai macam sushi, sashimi, dan donburi halal.

MALAYCHAN Satu

Malaychan Satu adalah restoran Malaysia yang terletak di kota Tokyo. Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan Malaysia halal, termasuk nasi lemak, laksa, dan ayam goreng.

Restoran Jepang ORIGAMI Asakusa

Restoran Jepang ORIGAMI Asakusa adalah restoran Jepang yang terletak di kota Tokyo. Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan Jepang halal, termasuk ramen, udon, dan donburi.

Sushiken Asakusa

Sushiken Asakusa adalah restoran sushi halal yang terletak di kota Tokyo. Restoran ini menyajikan berbagai macam sushi, sashimi, dan donburi halal.

Nagomi Daging Sapi Kobe Halal

Nagomi Daging Sapi Kobe Halal adalah restoran yang menyajikan daging sapi Kobe halal. Restoran ini terletak di kota Tokyo.

Ryotei Jyusouya

Ryotei Jyusouya  adalah restoran Jepang tradisional yang terletak di kota Kyoto. Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan Jepang tradisional halal, termasuk sushi, sashimi, dan tempura.

Sekarang kirim uang atau beli makanan Halal di Jepang jadi lebih mudah dengan Easylink! Nikmati kemudahan mengirim uang ke Jepang yang lebih cepat dan aman.  Klik disini untuk kirim uang ke Jepang sekarang juga dan nikmati makanan halal Jepang favorit Anda!

About The Author