Rekening Nostro: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

rekening-nostro

Dalam dunia perbankan, istilah rekening Nostro memiliki peranan penting dalam mendukung transaksi internasional. Dengan tujuan yang spesifik dan cara kerja yang terstruktur, rekening Nostro menjadi elemen kunci dalam memfasilitasi perdagangan lintas negara. Mari kita telaah lebih dalam pengertian, fungsi, contoh, hingga cara kerja dari rekening Nostro.

Apa yang Dimaksud Rekening Nostro?

Rekening Nostro adalah jenis rekening bank yang dimiliki oleh bank satu negara dalam mata uang negara lain. “Nostro” sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “milik kita.” Dalam konteks ini, rekening ini memungkinkan suatu bank untuk menyimpan dan mengelola dana dalam mata uang asing di bank lain.

Akun Pihak Ketiga itu Apa?

Akun pihak ketiga, atau lebih dikenal sebagai rekening loro, merujuk pada rekening bank yang dimiliki oleh bank satu negara di bank lain dalam mata uang negara tersebut. Fungsi utamanya adalah untuk menyederhanakan transaksi internasional dan memfasilitasi penyimpanan dana dalam mata uang asing.

Apa Itu Debit Nostro?

Debit Nostro terjadi ketika bank pemilik rekening Nostro mengeluarkan dana atau melakukan penarikan dari rekening tersebut. Ini dapat terjadi, misalnya, saat bank tersebut menyelesaikan transaksi atau membayar kewajiban ke bank lain.

Fungsi Rekening Nostro

Rekening Nostro berfungsi sebagai alat untuk memudahkan transaksi internasional dan menyimpan dana dalam mata uang asing. Bank pemilik rekening Nostro dapat dengan lebih efisien menangani transaksi lintas batas dan memenuhi kewajiban pembayaran dalam mata uang asing.

Cara Kerja Rekening Nostro

Cara kerja akun Nostro dan Vostro sesungguhnya merujuk pada satu entitas, namun dilihat dari perspektif yang berbeda. Sebagai contoh, ketika Bank X memiliki rekening di Bank Y dengan mata uang Bank Y, Bank X menyebutnya sebagai akun Nostro, yang berarti “rekening kami dalam catatan Anda.” Sebaliknya, Bank Y menyebutnya sebagai Vostro, yang berarti “rekening Anda dalam catatan kami.”

Fungsi akun ini adalah untuk mempermudah transaksi internasional dan menyelesaikan pembayaran dengan melindungi risiko perubahan nilai tukar.

Sebelum adanya euro sebagai mata uang penyelesaian keuangan pada 1 Januari 1999, setiap bank perlu memiliki rekening Nostro di setiap negara yang pada akhirnya menggunakan euro. 

Namun, setelah tanggal tersebut, satu rekening Nostro untuk seluruh zona euro sudah cukup. Dalam situasi di mana suatu negara meninggalkan zona euro, baik secara sukarela atau tidak, bank harus mengaktifkan kembali rekening Nostro di negara tersebut dengan mata uang baru agar pembayaran dapat terus dilakukan.

Baca Juga: Rekening Vostro

Contoh Rekening Nostro

Ilustrasi berikut menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan pembayaran menggunakan akun Nostro. Sebagai contoh, Bank A di Amerika Serikat (AS) menjalin kontrak valuta asing spot untuk membeli pound Inggris dari Bank B, yang berbasis di Swedia.

Pada tanggal penyelesaian, Bank B diwajibkan untuk mentransfer pound dari akun Nostro mereka di Inggris ke akun Nostro Bank A, yang juga berlokasi di Inggris. Secara simultan, Bank A harus melakukan pembayaran dalam bentuk dolar AS ke akun Nostro Bank B.

Apakah Rekening Nostro sama Dengan Rekening Giro?

Mungkin kalian akan bertanya-tanya apakah rekening nostro sama dengan rekening giro? jawabannya adalah tidak, Rekening Nostro dan Rekening Giro memiliki perbedaan. 

Rekening Nostro adalah rekening bank dalam mata uang asing di bank luar negeri, sementara Rekening Giro adalah rekening bank dalam mata uang nasional di bank dalam negeri.

Kepanjangan Dari Nostro?

Nostro berasal dari kata Latin yang berarti “milik kita”. Rekening ini umumnya digunakan dalam rangka mempermudah transaksi valuta asing dan perdagangan dengan efisiensi.

Apakah Terdapat Biaya yang Dikenakan

Tentu, terdapat biaya yang dikenakan untuk akun nostro. Namun,biaya yang dikenakan pada Rekening Nostro dapat bervariasi tergantung pada perjanjian antara bank pemilik rekening dan bank koresponden. Beberapa biaya yang mungkin timbul termasuk biaya administrasi, biaya pemeliharaan dan biaya transaksi internasional.

Dengan memahami konsep dan fungsi rekening Nostro, kita dapat mengapresiasi peran pentingnya dalam mendukung kegiatan ekonomi global. 

Dari contoh-contoh yang telah disajikan hingga pemahaman tentang cara kerjanya, rekening Nostro menjadi landasan yang kokoh bagi sistem perbankan internasional. 

Secara keseluruhan, penggunaan rekening Nostro tidak hanya mencerminkan perkembangan teknologi keuangan, tetapi juga mewakili hubungan yang erat antarbangsa dalam menyelenggarakan transaksi keuangan yang aman dan efisien.

About The Author