6 Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

cara-kirim-uang-dari-luar-negeri-ke-indonesia

Mengirim uang ke luar negeri dulunya merepotkan. Saat ini, ada banyak cara berbiaya rendah dan efisien untuk melakukan transfer internasional.

Anda tidak perlu mengirimkan uang melalui kantor pos yang Anda kirimkan dengan menggunakan amplop coklat. Memang cara tersebut masih saja bisa, tapi untuk segi keefektivitasannya, itu tentu saja sangat kurang.

Beberapa bisnis atau perorangan biasanya akan menggunakan cara yang paling mudah. Saat ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk kirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Untuk kebutuhan bisnis, Anda bisa menggunakan Easylink for Business.

Jika Anda sedang memiliki masalah tersebut, selamat! Anda datang ke artikel yang tepat untuk mencari tahu tentang cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia.

Data Yang Dibutuhkan Untuk Menerima Uang dari Luar Negeri

Pertama, kita bahas terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan untuk menerima uang dari luar negeri ini.

Apabila Anda yang berada di dalam kasus ini, atau kerabat Anda di Indonesia yang ingin menerima uang dari Anda yang ada di luar negeri, ada beberapa data yang dibutuhkan untuk menerima uang dari Anda.

Berikut ini adalah data yang harus disiapkan penerima uang di Indonesia dari luar negeri:

  •   Nama dan alamat lengkap
  •   Jumlah yang yang akan dikirimkan atau diterima
  •   Nama dan alamat bank yang digunakan penerima
  •   Nomor dan jenis rekening bank yang digunakan penerima
  •   Nomor routing bank yang digunakan penerima
  •   Kode SWIFT atau BIC bank yang digunakan penerima (jika perlu)
  •   Referensi transfer

Setiap transaksi pengiriman uang memang ada pajaknya sendiri, baik itu pajak yang harus dibayar oleh pengirim dan juga penerima.

Pajak Terima Uang dari Luar Negeri

Bagi Anda yang memiliki kerabat dan ingin menerima uang dari Anda yang berada di luar negeri, Anda harus memberitahukan kepadanya bahwa ada biaya untuk pajak terima uang dari luar negeri.

Biaya tersebut melibatkan biaya transaksi yang mungkin dikenakan oleh bank atau layanan keuangan, biaya konversi mata uang jika transfer dilakukan dalam mata uang selain dolar Amerika, dan biaya lain yang mungkin timbul selama proses transfer. Biaya yang muncul bisa dari Rp50 ribu sampai dengan Rp150 ribu.

Baca Juga: Apa Itu Telegraphic Transfer?

Saat ini, terdapat layanan pengiriman uang internasional yang memungkinkan pengirim dan penerima dana untuk melakukan transaksi tanpa biaya tambahan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyelidiki dan membandingkan layanan transfer internasional yang ada, untuk memastikan bahwa Anda memilih layanan yang paling menguntungkan bagi Anda.

Batas Maksimal Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Setiap jasa remitansi atau remittance memiliki batas menerima dan juga mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia.

Perlu Anda ketahui juga, untuk setiap negara memang batas maksimal transfer uang dari luar negeri ke negara lain itu berbeda-beda. Akan tetapi, untuk Indonesia sendiri memang sudah dibatasi.

Batas transaksi pengiriman uang dalam valuta asing adalah sebesar Rp100 juta per bulan per nasabah. Apabila jumlah transaksi melebihi batas ini, nasabah diwajibkan untuk menyediakan dokumen pendukung atau underlying sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan peraturan yang mengatur transaksi keuangan internasional.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Sudah tahu betul bagaimana menerima uang dari luar negeri dan juga kebijakan yang berlaku untuk pengirim uang? Sekarang adalah saatnya bagi Anda yang ingin mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia mengerti bagaimana caranya.

Sampai dengan sekarang ini, remitansi di Indonesia sudah sangat beragam. Bahkan Anda bisa mencarinya sendiri dan memang sangat banyak. Tapi, Anda harus ingat bahwa pilihlah jalur-jalur resmi yang sudah mendapatkan lisensi.

Beberapa jasa pengiriman uang dari atau ke luar negeri yang sudah resmi apa saja? Berikut adalah pilihannya yang banyak!

Western Union

Western Union merupakan platform yang aman dan tersedia secara luas untuk berbagai jenis transfer. Sampai sekarang ini, Western Union bisa melaksanakan remitansi di 200 negara, 500.000 lokasi.

Keuntungannya adalah di kecepatan transfernya, hari yang sama untuk pengiriman tunai, hingga seminggu untuk transfer bank.

Untuk batas maksimal pengirimannya, tergantung dengan negara penerimanya. Cara mengirimnya adalah sebagai berikut:

  •   Mendaftar akun Western Union dengan menambahkan detail pribadi, atau Log in apabila Anda sudah punya akun
  •   Pilih Kirim Uang dan tambahkan tujuan, jumlah transfer, dan mata uang
  •   Pilih bagaimana uang akan diterima – sebagai teladan, pengambilan tunai atau via rekening bank
  •   Pilih metode pembayaran – biasanya yang lazim yaitu dengan kartu kredit atau debit, transfer bank, atau secara tunai di lokasi Western Union
  •   Tinjau ringkasan transfer dan kirim
  •   Selesaikan pembayaran dan uang Anda seketika diproses!

Paypal

Cara yang sudah sangat umum dan juga dianggap mudah adalah Paypal. Ini merupakan platform yang mudah digunakan untuk pinjaman peer-to-peer.

Sudah tersedia di 200 negara termasuk Indonesia, dan untuk masalah kecepatan transfer, ini bisa langsung diterima di hari yang sama!

Menggunakan Paypal untuk mengirim uang ke luar negeri ini ada batas transaksinya yaitu $60,000 sampai dengan $10,000 untuk beberapa lokasi. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1.     Daftarlah di aplikasi PayPal atau melalui situs desktop PayPal.
  2.     Jika diperlukan, lengkapi langkah-langkah verifikasi yang diminta.
  3.     Pilih opsi “Kirim Uang”.
  4.     Masukkan jumlah yang ingin Anda kirimkan dalam mata uang Rupiah.
  5.     Tambahkan alamat email atau nomor telepon penerima.
  6.     Konfirmasikan metode pembayaran yang akan Anda gunakan dari opsi yang sudah tersedia di akun PayPal Anda.
  7.     Periksa semua detail dengan cermat, dan uang Anda akan segera diproses!

Wise

Wise adalah solusi yang sangat tepat untuk transfer uang dari luar negeri ke Indonesia yang mudah dan berbiaya rendah tanpa tarif markup.

Sayangnya, tidak semua negara bisa merasakan jasa Wise. Indonesia memang sudah bisa, tapi tergantung negara yang Anda tinggali sekarang ini apakah terdapat layanan Wise atau tidak.

Kecepatan transfernya instan untuk kredit/debit, hingga seminggu untuk transfer bank. Menariknya dari Wise adalah batas transaksinya $250.000 per transaksi, dan $1 juta per tahun. Cara transfernya adalah sebagai berikut:

  1.     Mendaftar di aplikasi Wise atau website desktop Wise
  2.     Lakukan langkah verifikasi. Setelah akun Anda terverifikasi, Anda siap untuk mengirim transferan pertama Anda
  3.     Pilih Kirim di aplikasi atau Kirim Uang di website desktop
  4.     Masukkan jumlah yang mau Anda kirim dan konfirmasikan ragam pembayaran
  5.     Tambahkan detail pribadi Anda dan detail penerima, yang dapat berupa rekening bank, rekening dompet komputerisasi, atau alamat e-mail mereka
  6.     Konfirmasikan metode pembayaran Anda dan tambahkan pesan untuk penerima
  7.     Selesaikan pembayaran dan uang Anda langsung diproses!

Baca Juga: Apa Itu Cross Border? Cara Kerja dan Dampaknya Barang Impor

MoneyGram

Selanjutnya Anda bisa menggunakan MoneyGram. Remitansi ini memiliki keunggulan berupa transfer tunai mudah dengan biaya awal yang rendah.

Sudah tersedia di 200 negara, 380.000 lokasi, Anda bisa melakukan transfer uang dari luar negeri ke Indonesia dengan kecepatan transfer pada hari yang sama dalam banyak kasus.

Baca Juga: Pengertian Wire Transfer

Sayangnya, untuk batas transfernya memang terbatas yaitu $10.000 per transaksi. Tapi dengan kecepatan transfernya, dan untuk kebutuhan yang ringan, ini adalah yang terbaik. Untuk cara transfernya ke Indonesia adalah sebagai berikut:

  •   Berikan terhadap pengirim terperinci kabar Anda termasuk nama lengkap sah, nama bank, nomor rekening bank dan negara tempat tinggal.
  •   Di moneygram.com, pengirim memilih “Rekening Tabungan” sebagai pilihan penerimaan dan masukkan jumlah yang akan dikirim.
  •   Pengirim akan melanjutkan pembayaran. Skor tukar mata uang dan biaya akan ditampilkan di layar.
  •   Pengirim memberikan kabar untuk verifikasi identitas.
  •   Pengirim meneliti seluruh kabar dan mengirim!

Bank

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan bank saja. Bank yang dimaksud di sini adalah bank yang menyediakan layanan remitansi, tidak terbatas pada jenis bank apapun, termasuk bank nasional dan bank swasta.

Layanan remitansi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang dari satu lokasi ke lokasi lain, di seluruh jaringan bank yang bekerja sama, demi memberikan kemudahan dan aksesibilitas yang lebih luas bagi para pelanggan.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengirim dan menerima dana, terlepas dari jenis bank yang Anda gunakan.

Di seluruh dunia, bank-bank biasanya mengkoordinasikan transfer internasional menggunakan jaringan SWIFT.

Dalam situasi ini, pembayaran dikirim dari bank pengirim ke bank penerima melalui satu atau lebih bank mitra yang dikenal sebagai bank perantara atau bank koresponden.

Proses ini seringkali memakan waktu 3-5 hari. Metode ini juga dapat menimbulkan biaya tambahan karena bank perantara mungkin mengenakan biaya atas layanan mereka dalam proses ini.

DANA

Siapa sangka jika aplikasi DANA juga bisa Anda gunakan sebagai transfer uang dari luar negeri ke Indonesia? Walaupun memang layanannya terbatas untuk beberapa negara saja, tapi bisa dipastikan menggunakan DANA adalah solusi yang terpikirkan juga bagi sebagian orang.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1.     Datangi gerai mitra DANA terdekat.
  2.     Masukkan nomor telepon penerima, jumlah uang yang akan dikirimkan, serta nama penerima yang sesuai dengan KTP dan nomor KTP penerima.
  3.     Di gerai tersebut, informasi akan dimasukkan untuk pengiriman uang ke Indonesia, yang mencakup detail seperti: informasi pengirim (termasuk nama dan metode pembayaran), informasi penerima uang, nomor tujuan, dan jumlah uang yang dikirimkan.

Untuk Anda yang juga penasaran bagaimana dengan cara transfer uang dari luar negeri ke indonesia dengan menggunakan DANA, Anda bisa klik di sini!

BCA

Apabila Anda adalah nasabah bank BCA, Anda bisa menggunakannya sebagai remitansi Anda. Hal ini disebut dengan pengiriman Valas (valuta asing). 

Jika Anda sudah melakukan pendaftaran untuk pengiriman valas, Anda langsung bisa transfer uang ke Indonesia dengan cara berikut:

  1.     Login ke KlikBCA Anda
  2.     Silahkan pilih menu “Transfer Dana”
  3.     Lalu pilih “Transfer Valas ke Rek Bank Lain” dan isi informasi transfer
  4.     Masukkan Respon KeyBCA Appli 2 dan klik “Lanjutkan”
  5.     Cek langsung detail transfernya
  6.     Masukkan Respon KeyBCA Appli 1, centang box syarat dan ketentuan dan klik “Kirim” apabila memang sudah dipastikan benar
  7.     Transaksi berhasil dilakukan, bukti transaksi bisa Anda cetak atau simpan

Sampai dengan sekarang ini, KlikBCA dapat melayani pengiriman valas dalam 14 mata uang asing, seperti AUD, CAD, CHF, CNY, DKK, EUR, GBP, HKD, JPY, NZD, SAR, SEK, SGD, USD dengan biaya yang kompetitif.

Mandiri

Transfer dari luar negeri ke Mandiri juga bisa.. Terdapat dua jenis produk opsi untuk mendapatkan uang yang bisa kamu gunakan. Apa saja itu?

  1.     Incoming Transfer (ITR)

Layanan perbankan yang satu ini dikhususkan untuk mendapatkan dana dari luar negeri. Anda dapat mendapatkan keuntungan dari sisi keamanan dalam mendapatkan uangnya.

  1.     Outgoing Transfer (OTR)

Layanan yang satu ini membuat Anda dapat kirim uang dalam 125 jenis mata uang asing. Layanan ini bahkan akan terkredit secara langsung ke rekening Mandiri penerima. Pengirim hanya perlu datang ke mitra Mandiri yang ada di luar negeri untuk transfer dana ke rekening tujuan di Indonesia.

BRI

Terakhir, Anda bisa menggunakan bank BRI untuk mengirim uang ke Indonesia dari luar negeri. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengunjungi outlet Bank/Remittance Company mitra BRI lalu isi form pengiriman uang dengan data berikut:

  •   Nama lengkap yang mendapatkan transfer
  •   Alamat yang mendapatkan transfer
  •   Nomor rekening tujuan (jika diperuntukkan ke rekening)

Tips Aman Transfer Uang dari Luar Negeri

Sangat banyak cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia dengan aman. Salah satu tipsnya adalah dengan memilih remittance yang aman, salah satunya adalah Easylink.

Mengirim uang ke luar negeri dengan cepat, online, biaya yang murah, dan sudah tersedia di 170 negara lebih ini bisa Anda jadikan tips aman untuk transfer uang dari luar negeri ke Indonesia.

Anda bisa langsung mengunjungi website Easylink dan melakukan registrasi di sini. Dapatkan kemudahannya dan juga support dari CS yang siap membantu Anda memastikan transfer uang Anda berjalan lancar.

banner-cara-kirim-uang-dari-luar-negeri-ke-indonesia

About The Author