Estimasi Biaya Hidup di Thailand Beserta Tipsnya!

biaya hidup di thailand

Thailand merupakan salah satu negara di asia tenggara yang memiliki destinasi wisata populer bagi wisatawan mancanegara. Keberagaman budayanya, pantai-pantai eksotis, dan kuil-kuil bersejarah menjadi daya tarik utama. 

Selain keindahan alam dan warisan sejarahnya, dikenal juga dengan biaya hidup Thailand yang terjangkau, hal tersebut yang membuat banyak wisatawan mancanegara tertarik untuk tinggal atau menetap dalam jangka waktu lama di sana. 

Bagaimana, apakah Anda juga tertarik dan memiliki keinginan untuk tinggal atau menetap di Negara Gajah Putih? Namun, sebelum memutuskan untuk tinggal atau menetap di sana Anda perlu untuk mempersiapkan estimasi biaya hidup di Thailand. 

Untuk itu, simak informasi dibawah ini karena kita akan memberikan rincian estimasi biaya hidup di Thailand, saran memilih tempat tinggal yang relatif lebih terjangkau sesuai kebutuhan Anda!

Biaya Makan & Minum di Thailand

Keistimewaan serta keunikan makanan khas Thailand juga menjadi salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan mancanegara di Negeri Gajah Putih ini. Selain memikat lidah dengan cita rasa yang lezat, di sana Anda juga ditawarkan beragam hidangan lokal yang kaya akan rasa yang khas yaitu asam dan pedas sehingga memberikan kesegaran pada saat menyantap makanan tersebut.

Estimasi biaya untuk makanan di Thailand sangat bervariasi tergantung pada tempat makan yang dikunjungi. Jika memilih untuk makan di restoran lokal biaya yang dikeluarkan juga cukup terjangkau yaitu sekitar 80 Baht atau setara dengan Rp35 ribu saja untuk menikmati hidangan lezat. Namun, bagi Anda yang ingin makan di restoran mewah atau tempat wisata terkenal, biaya makan bisa mencapai kisaran 300-500 Baht atau setara dengan Rp132-Rp220 ribu.

Tidak hanya makanan beratnya saja yang memiliki kelezatan, street food di Thailand juga sangat terkenal bagi wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, apabila Anda ingin makan dengan harga yang lebih terjangkau lagi Anda dapat mencoba street food di Thailand karena berkisar antara 20-40 Baht per porsi atau setara dengan Rp8-Rp17 ribu saja. 

Biaya Transportasi

Transportasi umum di Thailand memiliki tarif yang relatif lebih terjangkau. Salah satu opsi transportasi yang populer dan ikonik di Thailand adalah tuk-tuk. Tarif tuk-tuk biasanya berkisar antara 30-100 Baht atau setara dengan Rp13 ribu-Rp44 ribu, kisaran tarif tersebut tergantung pada jarak dan hasil negosiasi dengan pengemudi.

Selain tuk-tuk, Thailand memiliki sistem transportasi umum lainnya seperti bus dan kereta api. Tiket bus dihargai antara 7-30 Baht atau setara dengan Rp3 ribu-Rp13 ribu. Sementara itu, tiket kereta api berkisar antara 100-500 Baht atau setara dengan Rp44 ribu-Rp220 ribu, tergantung kelas dan jarak perjalanan. Untuk penggunaan reguler, langganan kartu bulanan tersedia dengan harga 1.150 Baht.

Jika Anda ingin mengeksplor pulau-pulau cantik di Thailand, Anda dapat menggunakan kapal ferry. Kisaran tarif untuk naik kapal ferry bervariasi tergantung pada jarak dan tujuan yang Anda tuju. Secara umum, biaya tiket kapal ferry untuk perjalanan antar pulau berkisar antara 200-1.000 Baht atau setara dengan Rp88 ribu-Rp440 ribu.

Biaya Tempat Tinggal

Apabila Anda tertarik untuk tinggal atau menetap di pusat kota di Thailand seperti Bangkok, penting untuk mempersiapkan biaya untuk menyewa apartemen. Estimasi biaya sewa apartemen untuk satu kamar di Bangkok yaitu sekitar 24.700 Baht per bulan atau setara dengan Rp10,8 juta, sementara untuk apartemen tiga kamar bisa mencapai 61.500 Baht atau setara dengan Rp27 juta.

Untuk meminimalisir biaya selama tinggal di Thailand, salah satu yang dapat Anda lakukan yaitu memilih daerah atau lokasi di pinggir pusat kota karena dapat menghemat anggaran sewa apartemen. 

Sedangkan bagi Anda yang ingin berlibur dan menginap di hotel, biaya sewa per malamnya bervariasi berkisar antara 500-3.000 Baht atau setara dengan Rp220 ribu-Rp1,3 juta, biaya sewa kamar hotel juga dapat bervariasi tergantung pada tipe dan lokasi hotel yang Anda pilih.

Biaya Lain-Lain

Selain menghitung biaya makanan, transportasi, dan tempat tinggal, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan beberapa biaya lainnya seperti berikut:

  1. Untuk biaya bulanan untuk listrik dan air biasanya berkisar antara 1.000-3.000 Baht atau berkisar Rp400 ribu-Rp1,3 juta, tergantung pada konsumsi dan lokasi tempat tinggal.
  2. Sementara untuk biaya internet berkisar sekitar 500-1.000 Baht per bulan atau setara dengan Rp220 ribu-Rp400 ribu, tergantung pada kecepatan dan penyedia layanan.
  3. Sedangkan untuk biaya pulsa telepon, televisi berlangganan, dan keanggotaan gym dapat dimulai dari 200-2.000 Baht atau setara dengan Rp87 ribu-Rp878 ribu.

Total Biaya Hidup di Thailand per Bulan

Jika memilih untuk menetap di kota besar Thailand seperti Bangkok, estimasi rincian biaya hidup per bulan dapat dibagi sebagai berikut. Biaya untuk makanan dan minuman diperkirakan sekitar 5.000-10.000 Baht, sedangkan untuk transportasi, anggarannya berkisar 1.000-3.000 Baht. 

Biaya tempat tinggal, tergantung pada jenis dan lokasi, diperkirakan mencapai kisaran 10.000-60.000 Baht. Selanjutnya, biaya lain-lain seperti listrik, air, internet, dan keperluan lainnya diperkirakan sekitar 2.000-5.000 Baht.

Secara keseluruhan, total perkiraan biaya hidup bulanan di kota besar Thailand berkisar antara 22.000-80.000 Baht, tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di Thailand

Ketika mencari tempat tinggal atau apartemen di Thailand, ada beberapa faktor yang sebaiknya Anda pertimbangkan jika ingin tinggal atau menetap di sana:

  1. Pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk aksesibilitas ke tempat kerja, transportasi umum, supermarket, dan fasilitas lainnya.
  2. Periksa kelengkapan fasilitas yang tersedia, seperti keamanan, area parkir, kolam renang, dan pusat kebugaran.
  3. Lakukan perbandingan harga dan usahakan untuk bernegosiasi pada harga sewa jika memungkinkan.
  4. Teliti aturan dan kontrak sewa sebelum menandatanganinya, pastikan pemahaman terhadap ketentuan pembayaran, durasi sewa, dan peraturan lainnya. Jika merasa kurang yakin, dapat meminta bantuan dari seseorang yang berpengalaman dalam urusan properti di Thailand.

Biaya hidup di Negara lainnya:

  1. 马来西亚生活费用详情及储蓄秘诀!
  2. Tips Hemat Biaya Hidup di Inggris Selama Sebulan
  3. 在新加坡生活的费用是多少?以下是详细信息!

Dengan menggali informasi tentang estimasi biaya hidup di Thailand, Anda dapat mempersiapkan anggaran untuk biaya hidup di Thailand dengan lebih baik. Mempersiapkan biaya hidup di Thailand merupakan salah satu hal yang penting. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan pengiriman uang ke Thailand dengan aman, mudah dan cepat Anda dapat memanfaatkan layanan Easylink!Selain bisa kirim uang ke Thailand, Easylink juga bisa kirim uang ke lebih dari 170 negara baik dengan mata uang lokal maupun 全球美元 dengan biaya yang lebih terjangkau!

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!