在新加坡生活的费用是多少?以下是详细信息!

berapa biaya hidup di singapura ini rinciannya

Singapura merupakan salah satu negara yang berkilauan di Asia Tenggara, di mana menyimpan pesona yang luar biasa dengan menjadi pusat keuangan yang gemilang, dan memiliki kekayaan kultural yang beragam, Singapura telah menjadi magnet bagi masyarakat dari seluruh dunia untuk berkunjung atau bahkan menetap di negara tersebut. 

Seiring dengan perkembangannya Singapura telah menjadi salah satu negara maju di Asia Tenggara, di mana tentunya pendapatan masyarakat di sana pun meningkat.

Lantas, mungkin banyak di antara kalian yang memiliki pertanyaan berapa biaya hidup di Singapura? Untuk mengetahuinya Anda dapat menyimak informasi di bawah ini!

Kebutuhan Hidup di Singapura

Sebagai salah satu negara maju, Singapura memiliki kebutuhan hidup yang beragam sehingga mengakibatkan pengeluaran yang cukup besar. Meskipun begitu, upah minimum para pekerja di sana cukup besar yaitu mencapai US$4.350 atau setara dengan Rp64 juta sehingga mereka dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut. Jika dibandingkan dengan upah minimum di Indonesia, perbedaannya sangat mencolok.

Jika Anda memiliki niat untuk tinggal di Singapura, penting untuk mengetahui berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi selama Anda tinggal di sana, seperti tempat tinggal, kebutuhan makan, transportasi, belanja dan pembayaran kebutuhan bulanan, pendidikan, asuransi, hiburan, dan faktor lainnya.

Berapa Biaya Hidup di Singapura?

Sebagai salah satu destinasi yang memukau di Asia Tenggara, Singapura memiliki daya tarik dari berbagai lapisan masyarakat, baik pekerja, keluarga, dan mahasiswa. Karena hal tersebut, sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di Singapura Anda wajib untuk mengukur biaya hidup di sana. Berikut merupakan perkiraan biaya hidup di Singapura.

Pekerja

Bagi para pekerja, kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, konsumsi, dan transportasi menjadi pertimbangan utama. Menyewa tempat tinggal di pinggiran kota, seperti yang disarankan oleh gov.sg, dapat menghabiskan biaya sekitar S$600 hingga S$800 per bulan. Bagi mereka yang tinggal sendiri, pilihan tempat tinggal yang lebih terjangkau dapat menjadi solusi yang efisien.

Keluarga

Estimasi biaya hidup untuk keluarga di Singapura melibatkan variabel tambahan, seperti tempat tinggal yang direkomendasikan oleh The Housing & Development Board (HDB), dengan biaya sewa sekitar S$3.000 atau setara Rp33,9 juta per bulan. Sementara biaya makanan berkisar antara S$3 hingga S$10 per kali makan, harus diakumulasikan sesuai jumlah anggota keluarga.

Mahasiswa

Bagi mahasiswa, mencari solusi yang efisien menjadi kunci menghadapi biaya hidup. Asrama kampus, dengan biaya sekitar S$200 atau Rp2,2 juta, dapat menjadi opsi terjangkau, terutama jika mahasiswa tinggal dekat dengan area kampus. Penyesuaian pada biaya transportasi juga mungkin diperlukan, dengan mempertimbangkan kebutuhan studi seperti buku, praktikum, dan keperluan akademis lainnya.

Biaya Hidup di Singapura 1 Hari

Biaya hidup per hari di Singapura dapat bervariasi tergantung pada keputusan dan preferensi pribadi setiap individu. Sekira makan di warung atau food court, diperkirakan biaya per orang berkisar antara SGD 5 – SGD 20, sementara transportasi harian dengan MRT, bus, atau taksi dapat mencapai SGD 1 – SGD 5, ditambah biaya per kilometer. 

Bagi yang menginap di hotel atau hostel, biaya akomodasi per malam berkisar antara SGD 50 hingga SGD 300, tergantung pada kelas dan fasilitas. Untuk hiburan dan kegiatan lainnya, seperti tiket bioskop, museum, atau atraksi wisata, biaya bisa mencapai SGD 10 hingga SGD 30 atau lebih. 

Biaya Sehari-Hari

Berikut adalah rincian biaya hidup di Singapura mulai dari kebutuhan makanan, transportasi, asuransi, hingga pengeluaran lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda tinggal atau berlibur di sana.

Biaya Makan

Anggaran untuk kebutuhan makan sangat bervariasi tergantung pada kebiasaan makan dan preferensi pribadi. Mengonsumsi makanan di restoran dapat menghabiskan sekitar SGD 3 – 8 atau Rp33.000 – Rp88.500 per kali makan. 

Jika diperhitungkan untuk tiga kali makan sehari, biaya makan di luar dapat mencapai sekitar SGD 720.000 atau setara Rp8.000.000 per bulan. Alternatifnya, memasak sendiri dapat menghemat hingga sekitar Rp4.000.000 – Rp5.000.000 per bulan, dengan harga bahan makanan pokok yang mencakup susu, telur, sayuran, dan daging.

Biaya Transportasi

Singapura menawarkan sistem transportasi yang baik, dan biaya transportasi dapat menjadi faktor penting. Langganan bulanan transportasi publik seharga SGD 153 atau Rp1.700.000 bisa menjadi opsi bagi yang menggunakannya setiap hari. 

也阅读: 新加坡你必须了解的8个传统

Penggunaan transportasi umum sporadis dikenai biaya sekitar Rp9.000 per perjalanan dengan MRT. Biaya transportasi lainnya, seperti bis, taksi, dan sepeda, bervariasi tergantung pada pilihan dan jarak yang ditempuh.

Biaya Asuransi

Asuransi menjadi pertimbangan penting selama tinggal di Singapura, dan premi tahunan rata-rata berkisar antara SGD 1.920 hingga SGD 3.200 atau Rp21.000.000 – Rp35.000.000. Memasukkan asuransi ke dalam perhitungan biaya hidup menjadi langkah berjaga-jaga untuk mengatasi risiko selama studi atau tinggal di Singapura.

Biaya Lain-Lain

Biaya hidup lainnya mencakup tagihan bulanan seperti listrik, air, gas, dan internet. Estimasi biaya ini mencakup SGD 200 – SGD 400 (Rp2.200.000 – Rp4.400.000) untuk listrik, SGD 35 (Rp380.000) per tabung gas, SGD 36 (Rp400.000) per bulan untuk air, dan SGD 30,18 – SGD 40,30 (Rp330.000 – Rp442.000) untuk internet. Dana tambahan juga diperlukan untuk hiburan, seperti bioskop dan kebutuhan darurat sekitar SGD 600 per bulan atau Rp6.600.000.

Daerah Termurah di Singapura

Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang tinggi di dunia. Oleh karena itu, mencari daerah termurah di Singapura mungkin tidak sepenuhnya relevan, karena Singapura merupakan salah satu negara maju yang memiliki biaya hidup yang tinggi.

Namun, Singapura memiliki beberapa wilayah perumahan yang lebih terjangkau, tetapi tetap saja biaya hidupnya umumnya tinggi. Beberapa daerah yang mungkin memiliki harga sewa atau harga properti yang lebih terjangkau antara lain Woodlands dan Jurong. 

Woodlands

Woodlands terletak di ujung utara Singapura dan merupakan salah satu daerah perumahan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa bagian pusat kota. Daerah ini memiliki sejumlah fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan (Woodlands Regional Centre), taman, dan sekolah-sekolah.

Ketersediaan lahan yang lebih luas di sekitar Woodlands dapat mempengaruhi harga properti dan biaya hidup. Jarak yang lebih jauh dari pusat kota dapat menciptakan harga sewa dan harga properti yang lebih terjangkau.

Jurong

Jurong terletak di barat daya Singapura dan dikenal sebagai pusat bisnis dan industri utama. Meskipun telah mengalami perkembangan pesat, beberapa bagian di Jurong, seperti Jurong West dan Jurong East, mungkin menawarkan opsi perumahan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pusat kota yang lebih pusat.

Sebagai daerah industri, Jurong memiliki banyak pusat bisnis, pusat perbelanjaan, dan fasilitas pendidikan. Namun, harga properti dan biaya hidup di Jurong mungkin lebih rendah dibandingkan dengan distrik bisnis utama di pusat kota.

Perlu diingat bahwa aspek “relatif murah” dapat berbeda untuk setiap individu tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi mereka. Sementara Woodlands dan Jurong dapat menawarkan beberapa opsi perumahan yang lebih terjangkau, biaya hidup di Singapura secara keseluruhan tetap tinggi dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia.

Tips Hemat Biaya Hidup di Singapura

Untuk menghemat biaya hidup di Singapura, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya hidup di sana. 

Seperti salah satu contohnya, memasak sendiri makanan sehari-hari tidak hanya memberikan manfaat kesehatan tetapi juga dapat mengurangi pengeluaran secara signifikan. Selain itu, menghindari gaya hidup mewah merupakan cara efektif untuk mengontrol biaya hidup, mengingat adanya banyak godaan untuk menghabiskan uang dalam kegiatan hiburan.

Anda juga perlu mempertimbangkan cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Salah satunya adalah dengan mengejar pekerjaan lepas sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Di Singapura, terdapat banyak peluang magang dan pekerjaan sampingan yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi Anda. 

Setelah membahas tentang tips menghemat biaya hidup di Singapura, Easylink dapat membantu kalian untuk merealisasikannya lho! Untuk kalian yang memiliki kebutuhan pengiriman uang ke Singapura dengan biaya yang lebih hemat pake Easylink aja! Dengan Easylink kalian hanya memerlukan biaya mulai dari Rp 30 ribu untuk bisa kirim uang ke luar negeri. Jadi tunggu apalagi kirim uang ke Singapura pake Easylink sekarang!

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!