Berapa Biaya Hidup di China? Cek Jawabannya di sini!

biaya hidup di china per bulan

Dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat selama beberapa dekade terakhir, saat ini China telah menjadi salah satu tujuan populer bagi tenaga kerja asing yang ingin memperbaiki perekonomian mereka. 

Meskipun demikian, pertanyaan yang sering muncul sebelum memutuskan untuk menetap atau tinggal di sana adalah apakah biaya hidup di China mahal? Artikel ini akan membahas estimasi biaya hidup bulanan di China dan faktor-faktor yang memengaruhi tingkat biaya hidup di negara tersebut.

Rincian Biaya Hidup di China

Biaya hidup di China tentunya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Selain itu, lokasi tempat tinggal juga memainkan peran penting, dengan biaya hidup di kota-kota besar cenderung lebih tinggi jika dibandingkan tinggal di pinggir kota. Berikut adalah rincian perkiraan biaya hidup di India.

Biaya Makan & Minum di China

Biaya makan dan minum di China sangat bervariasi tergantung pada wilayah dan pemilihan tempat makan yang Anda pilih. Restoran mewah yang berlokasi di tempat wisata biasanya cenderung memiliki biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan restoran biasa. Namun secara keseluruhan, biaya makan dan minum di China masih cukup terjangkau. 

Di restoran murah atau resto cepat saji, perkiraan biaya per orang sekitar 30-40 yuan, sedangkan di restoran kelas menengah sekitar 100 yuan per orang untuk tiga menu. Belanja dan memasak sendiri bisa lebih hemat, karena harga bahan makanan di supermarket China cenderung murah. 

Biaya Transportasi

China memiliki sistem transportasi yang efisien, seperti kereta cepat, bus, dan taksi, dengan biaya yang bervariasi tergantung pada jarak dan jenis transportasi yang Anda gunakan. 

Meskipun tiket kereta cepat antar kota biasanya lebih mahal daripada kereta konvensional, biaya menggunakan transportasi umum seperti bus jauh lebih terjangkau. Tiket sekali jalan untuk transportasi lokal sekitar 3 yuan atau setara dengan Rp6,5 ribu, sementara untuk tiket bulanan biayanya sekitar 200 yuan atau setara dengan Rp433 ribu. Penggunaan taksi memiliki biaya antara 2 hingga 48 yuan per perjalanan.

Biaya Tempat Tinggal

Biaya hidup di China sangat dipengaruhi oleh biaya sewa tempat tinggal. Seperti halnya di negara lain, harga sewa apartemen di China ditentukan oleh lokasi, ukuran, dan fasilitas yang tersedia. Di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai, biaya sewa cenderung lebih tinggi daripada di kota-kota kecil. 

Contohnya, biaya sewa apartemen satu kamar tidur di pusat kota Beijing sekitar 6.900 yuan atau setara dengan Rp 14,9 juta per bulan, sementara apartemen dengan tiga kamar bisa mencapai 18.300 yuan atau setara dengan Rp39,6 juta. 

Jika Anda memilih apartemen di pinggir kota bisa menghemat sekitar setengah dari harga sewa di pusat kota, dengan biaya sewa apartemen satu kamar sekitar 4.300 yuan atau setara dengan Rp9,3 juta dan tiga kamar sekitar 9.100 yuan atau setara dengan Rp19,7 juta.

Biaya Lainnya

Biaya hiburan dan kebutuhan lain di China bervariasi sesuai dengan preferensi dan gaya hidup individu. Sebagai contoh, tiket bioskop di kota besar berkisar antara 50 hingga 100 yuan atau setara dengan Rp108 ribu hingga Rp216 ribu. Harga tiket untuk konser atau pertunjukan seni bisa lebih tinggi, tergantung pada artis dan jenis acaranya.

也阅读: Gampang Banget! Cara Import Barang Dari China Skala Kecil

Mengikuti keanggotaan gym, spa, atau kegiatan olahraga lainnya dapat meningkatkan biaya hiburan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan dan mempertimbangkan anggaran sebelum memutuskan untuk bergabung.

Total Biaya Hidup di China per Bulan

Secara keseluruhan total biaya hidup di China dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal dan gaya hidup individu. Kota-kota besar seperti Beijing, Shanghai, dan Guangzhou cenderung memiliki biaya hidup yang lebih tinggi daripada daerah pedesaan. Sebagai contoh, biaya hidup bulanan di Beijing diperkirakan mencapai sekitar 4.700 yuan, belum termasuk biaya sewa tempat tinggal.

Secara umum, biaya hidup bulanan untuk satu orang di seluruh China berkisar antara 5.000 hingga 10.000 yuan, termasuk biaya sewa apartemen, makanan, transportasi, dan hiburan.

Selain itu, gaya hidup juga memainkan peran penting dalam menentukan biaya hidup. Seseorang dengan gaya hidup mewah, hobi belanja, dan sering berkunjung ke tempat-tempat wisata populer akan menghabiskan lebih banyak uang daripada seseorang dengan gaya hidup sederhana. Berikut jika kamu ingin transfer uang ke china:

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di China

Memilih tempat tinggal atau apartemen di China bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa dengan pasar properti di negara tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih tempat tinggal di China:

  1. Tentukan area yang ingin Anda tinggali sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan aksesibilitas ke tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya. Beberapa kota besar di China, seperti Beijing, Shanghai, dan Shenzhen, memiliki wilayah yang sangat padat dan lalu lintas yang sibuk, jadi pastikan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan gaya hidup Anda.
  2. Tetapkan anggaran yang jelas untuk sewa atau pembelian properti. Harga properti di kota-kota besar China bisa sangat tinggi, jadi pastikan Anda mempertimbangkan ketersediaan dana Anda. 
  3. Periksa fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen atau kompleks perumahan. Beberapa fasilitas yang umum termasuk pusat kebugaran, kolam renang, taman bermain anak-anak, dan keamanan 24 jam. Pastikan fasilitas ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  4. Pastikan juga area tersebut aman dan terjamin keamanannya. Anda dapat mencari informasi tentang tingkat kejahatan di daerah tersebut dan memeriksa apakah kompleks perumahan tersebut memiliki keamanan yang memadai.
  5. Pertimbangkan juga aksesibilitas transportasi umum dari tempat tinggal Anda. Stasiun kereta bawah tanah atau bus yang dekat dapat memudahkan mobilitas Anda di sekitar kota.

Inilah informasi tentang estimasi biaya hidup di China. Jika Anda berencanan untuk melakukan pengiriman uang dari Indonesia ke China, pakai Easylink aja! Dengan Easylink, proses pengiriman uang Anda ke China jadi lebih aman, mudah dan cepat. 

Easylink juga dapat menghemat biaya pengiriman Anda karena hanya dengan Rp30 ribu Anda bisa kirim uang ke lebih dari 170 negara lho. Jadi tunggu apalagi, pakai Easylink sekarang juga!Berapa Biaya Hidup di China Cek Jawabannya di sini

Tertarik mengeksplorasi dunia dan mengalami kehidupan di China? Jika ingin mendapat artikel menarik lainnya daftar sekarang juga agar tidak ketinggalan.

 

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!