Panduan dan Tips Untuk Berwisata di Malaysia

wisata di malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki keindahan alam dan budaya yang mempesona. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara. 

Menurut data dari Kementerian Pariwisata Malaysia pada tahun 2023, Jumlah wisatawan di Malaysia mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Singapura, Tiongkok, dan India. Mereka tertarik untuk mengunjungi Malaysia karena berbagai faktor, seperti keindahan alamnya, budayanya yang beragam, dan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya.

Sebelum Anda berwisata ke Malaysia, ada beberapa panduan untuk berwisata yang perlu diketahui agar dapat mempermudah Anda pada saat berwisata di Malaysia. Simak dibawah ini untuk mengetahui persiapan dan destinasi apa saja yang perlu Anda ketahui! 

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk liburan ke Malaysia?

Daftar Isi

Liburan ke Malaysia menjanjikan petualangan tak terlupakan di negara yang kaya akan budaya dan keindahan alam. Untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum berwisata ke Malaysia :

Paspor dan Visa

Pastikan paspor Anda masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal kepulangan. Cek apakah diperlukan visa sebelum berangkat ke Malaysia untuk menghindari kendala pada saat perjalanan.

Vaksinasi dan Kesehatan

Periksa vaksinasi yang diperlukan dan pastikan vaksinasi umum Anda sudah up to date. Pertimbangkan vaksinasi khusus sesuai rekomendasi dokter. Bawa obat-obatan pribadi dan resep medis yang mungkin diperlukan pada saat berwisata ke Malaysia.

Penginapan

Anda dapat memesan akomodasi sebelum berwisata ke Malaysia untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Pastikan juga hotel atau tempat menginap Anda telah sesuai dengan kebutuhan dan lokasi yang diinginkan.

Transportasi

Rencanakan transportasi dari dan ke bandara. Pertimbangkan opsi transportasi umum atau sewa mobil sesuai kebutuhanmu selama berada di Malaysia.

Pakaian dan Perlengkapan

Kenali iklim dan cuaca di Malaysia sebelum Anda memutuskan untuk berwisata ke Malaysia. Bawa pakaian yang sesuai, termasuk pakaian santai, pakaian renang, dan pakaian formal jika diperlukan. Sertakan juga perlengkapan perjalanan seperti tas ransel, kamera, dan power bank.

Uang dan Kartu Kredit

Jangan lupa untuk menukarkan sejumlah kecil uang lokal untuk keperluan selama berwisata di Malaysia. Anda juga dapat menyiapkan serta menggunakan kartu kredit internasional yang widely accepted di banyak tempat.

Bahasa dan Kebiasaan Lokal

Pelajari beberapa frasa dalam bahasa Melayu (Bahasa Malaysia) untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Kenali kebiasaan lokal dan etika, termasuk aturan sopan santun dan tata krama.

Tour dan Aktivitas

Rencanakan tur dan aktivitas yang ingin diikuti sebelumnya. Pertimbangkan pembelian tiket atau paket tour secara online untuk menghemat waktu dan biaya.

Asuransi Perjalanan

Pertimbangkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan yang mencakup keadaan darurat dan kesehatan. Ini dapat memberikan ketenangan pikiran selama perjalanan.

Keamanan dan Kesehatan

Catat nomor darurat negara yang Anda tuju untuk berwisata dan kontak kedutaan negara asal. Pastikan memiliki akses informasi kesehatan dan keamanan di destinasi yang dikunjungi.

Peraturan dan Kebijakan Lokal

Kenali peraturan dan kebijakan di negara yang Anda tuju untuk berwisata, termasuk aturan bea cukai dan larangan barang tertentu, agar perjalananmu tetap sesuai dengan aturan setempat.

Kenapa Kamu Harus Liburan ke Malaysia?

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki daya tarik wisata yang beragam. Mulai dari keindahan alamnya yang mempesona, budayanya yang beragam, hingga biayanya yang terjangkau, Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa Anda harus liburan ke Malaysia:

Keindahan alam yang mempesona

Malaysia memiliki keindahan alam yang mempesona, mulai dari pantai, pegunungan, hingga hutan hujan. Beberapa destinasi wisata alam yang populer di Malaysia adalah:

  • Pulau Langkawi, sebuah pulau tropis yang terkenal dengan pantainya yang indah dan air lautnya yang jernih.
  • Cameron Highlands, sebuah kawasan pegunungan yang terkenal dengan perkebunan teh dan bunganya.
  • Taman Nasional Gunung Mulu, sebuah taman nasional yang terkenal dengan gua-guanya yang besar dan indah.

Budaya yang beragam

Malaysia merupakan negara multikultural yang memiliki budaya yang beragam. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai tempat yang menarik untuk mempelajari budaya Asia. Beberapa destinasi wisata budaya yang populer di Malaysia adalah:

  • Kota Melaka, sebuah kota bersejarah yang terkenal dengan peninggalan-peninggalan sejarahnya dari berbagai periode.
  • Kota Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia yang terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya dan pusat perbelanjaannya yang modern.
  • Kuala Terengganu, sebuah kota di Malaysia Timur yang terkenal dengan budaya Melayunya yang kental.

Harga yang terjangkau

Malaysia merupakan negara yang memiliki biaya relatif terjangkau untuk dikunjungi oleh wisatawan asing. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai destinasi wisata yang populer bagi wisatawan dari berbagai kalangan.

Aksesibilitas yang mudah

Malaysia merupakan negara yang mudah untuk diakses. Jarak antara Indonesia dan Malaysia relatif dekat, sehingga waktu tempuh penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur hanya sekitar 2 jam. Selain itu, Malaysia juga memiliki jaringan transportasi yang baik, sehingga wisatawan dapat dengan mudah berkeliling ke berbagai destinasi wisata di Malaysia.

Baca Juga: 6 Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Keamanan yang terjamin

Malaysia merupakan negara yang aman dan nyaman untuk dikunjungi. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin berwisata dengan tenang dan nyaman.

Destinasi Populer di Malaysia

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang populer yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Malaysia:

Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur adalah menara tertinggi di Malaysia dan Asia Tenggara. Menara ini menawarkan pemandangan kota Kuala Lumpur yang menakjubkan. Anda dapat naik ke puncak menara melalui lift berkecepatan tinggi atau menaiki tangga spiral.

Aquaria KLCC

Aquaria KLCC adalah akuarium terbesar di Malaysia. Akuarium ini memiliki koleksi lebih dari 5.000 spesies ikan dan hewan laut dari seluruh dunia. Anda dapat melihat ikan hiu, ikan pari, dan berbagai macam ikan tropis lainnya.

Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas adalah dua menara tertinggi di dunia dari tahun 1998 hingga 2004. Menara ini adalah simbol kebanggaan Malaysia. Anda dapat mengunjungi menara ini untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari atas atau mengunjungi Sky Bridge, jembatan penghubung kedua menara.

Batu Caves

Batu Caves adalah kompleks gua Hindu yang terletak di Kuala Lumpur. Gua ini merupakan tempat suci umat Hindu dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Malaysia. Disana, Anda dapat melihat patung Murugan setinggi 43 meter, yang merupakan patung Dewa Hindu tertinggi di dunia.

The TOP Penang & Rainbow Skywalk

The TOP Penang adalah menara observasi yang terletak di Pulau Pinang. Menara ini menawarkan pemandangan kota George Town dan Selat Malaka yang menakjubkan. Anda juga dapat naik ke puncak menara melalui lift berkecepatan tinggi atau menaiki tangga spiral. Rainbow Skywalk adalah jembatan kaca yang terletak di puncak menara. Jembatan ini menawarkan sensasi berjalan di atas langit.

Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car adalah kereta gantung yang menghubungkan Pantai Cenang dengan Gunung Mat Cincang. Kereta gantung ini menawarkan pemandangan Pulau Langkawi yang menakjubkan. Anda dapat menikmati pemandangan hutan hujan, pantai, dan laut dari atas kereta gantung.

Lost World of Tambun

Lost World of Tambun adalah taman hiburan air dan bertema yang terletak di Ipoh. Taman hiburan ini memiliki berbagai macam wahana air, wahana permainan, dan atraksi bertema. Anda juga dapat menikmati wahana-wahana seru tersebut.

Sunway Lagoon

Sunway Lagoon adalah taman hiburan air dan bertema yang terletak di Petaling Jaya. Taman hiburan ini memiliki berbagai macam wahana air, wahana permainan, dan masih banyak  wahana lainnya yang tidak kalah seru. 

LEGOLAND Malaysia

LEGOLAND Malaysia adalah taman hiburan bertema LEGO yang terletak di Johor Bahru. Taman hiburan ini memiliki berbagai macam wahana permainan, atraksi, dan pertunjukan bertema LEGO. Anda dapat menikmati wahana permainan yang seru yang bertemakan LEGO disana.

Genting SkyWorlds

Genting SkyWorlds adalah taman hiburan indoor yang terletak di Genting Highlands. Taman hiburan ini memiliki berbagai macam wahana permainan seru untuk kalian kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Tempat Wisata Utama di Malaysia

Di antara banyaknya deretan destinasi wisata yang menakjubkan di Malaysia, berikut adalah beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Malaysia:

Petronas Towers, Kuala Lumpur

Ikon Malaysia yang megah dengan dua menara tertinggi di dunia menawarkan pemandangan spektakuler kota. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengunjungi ikon Malaysia ini ketika berwisata.

Gunung Kinabalu, Sabah

Puncak tertinggi di Malaysia yang menarik para pendaki dan penggemar alam. Bagi Anda yang gemar untuk mendaki gunung, Anda cocok untuk mengunjungi gunung kinabalu ini.

Pulau Langkawi, Kedah

Gugusan pulau tropis dengan pantai indah, hutan hujan, dan keindahan alam laut. Untuk Anda yang lebih menyukai pemandangan pantai yang indah dengan keindahan alamnya laut yang indah cocok bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Taman Nasional Bako, Sarawak

Salah satu taman nasional tertua di Malaysia, dengan keanekaragaman hayati yang kaya. Kalian juga wajib mengunjungi taman nasional ini ketika ingin merasakan ketenangan ketika berwisata ke Malaysia.

Melaka Historic City, Melaka

Kota bersejarah yang memiliki warisan kolonial yang kaya dan budaya unik. Bagi Anda yang menyukai sejarah, Anda wajib untuk mengunjungi tempat ini karena kota ini memiliki sejarah dan warisan budaya yang unik.

Cameron Highlands, Pahang

Perbukitan hijau dengan kebun teh yang luas dan udara sejuk pegunungan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin healing dan melihat pemandangan yang asri ketika berwisata ke Malaysia.

Pulau Perhentian, Terengganu

Pulau tropis yang menawarkan pantai berpasir putih dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

George Town, Penang

Kota bersejarah dengan seni jalanan yang terkenal dan arsitektur kolonial yang indah. Hampir sama dengan melaka historic, george town di penang juga memiliki cerita sejarah yang dalam.

Baca Juga: Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Dengan Mudah

Tanggal-Tanggal Penting di Malaysia

Malaysia memiliki berbagai macam budaya yang dimiliki, oleh karena itu berikut adalah beberapa tanggal-tanggal penting di Malaysia yang perlu kalian ketahui sebelum berwisata ke Malaysia:

Hari Kemerdekaan Malaysia (Merdeka Day)

Hari Kemerdekaan Malaysia dirayakan setiap tahun pada tanggal 31 Agustus untuk memperingati kemerdekaan Malaysia dari pemerintahan kolonial Britania pada tahun 1957.

Hari Malaysia

Hari Malaysia dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 September untuk memperingati pembentukan Malaysia pada tahun 1963. Pada tanggal ini, Federasi Malaysia resmi dibentuk oleh federasi Malaya, Sabah, Sarawak, dan Singapura.

Tahun Baru Cina 

Tanggal perayaan hari tahun baru China dapat berubah setiap tahunnya, perayaan ini hari penting ini dirayakan dengan besar sesuai tradisi Tionghoa.

Hari Raya Aidilfitri

Hari Raya Aidilfitri atau Hari Raya Puasa adalah perayaan umat Muslim yang dirayakan setelah sebulan berpuasa selama bulan Ramadhan di Malaysia. Ini adalah waktu untuk bersatu dengan keluarga dan teman-teman, serta berbagi kebahagiaan dan keberkahan.

Deepavali

Tanggal perayaan hari Deepavali dapat berubah setiap tahunnya, Deepavali atau Diwali dirayakan oleh umat Hindu untuk memperingati kemenangan cahaya atas kegelapan. Perayaan ini melibatkan penerangan lampu-lampu, pesta, dan pertunjukan seni.

Hari Wesak 

Tanggal Hari Wesak juga dapat berubah setiap tahunnya karena hari penting tersebut bergantung pada kalender lunar. Hari Wesak dirayakan oleh umat Buddha untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan keparahan Siddharta Gautama.

Hari Keputeraan Agung

Tanggal hari penting ini juga dapat berubah setiap tahun, hari Keputeraan Agung dilakukan untuk merayakan pemilihan atau rotasi Raja Agung Malaysia.

Tips Liburan ke Malaysia

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Malaysia, Anda perlu memperhatikan beberapa tips agar liburan Anda dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin berlibur ke Malaysia:

Menyiapkan paspor dan dokumen penting lainnya

Pastikan paspor Anda masih berlaku dan siapkan dokumen lainnya seperti visa jika diperlukan. Pastikan Anda memiliki salinan dokumen-dokumen penting seperti kartu identitas dan asuransi perjalanan.

Memesan tiket pesawat dan penginapan jauh hari

Lakukan pemesanan tiket pesawat dan akomodasi hotel jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan memastikan ketersediaan tempat.

Makanan dan minuman halal, tidak perlu khawatir

Malaysia dikenal dengan keberagaman kuliner, dan mayoritas makanan di sana halal. Namun, tetap berhati-hati dan pastikan untuk memeriksa label makanan jika Anda memiliki preferensi tertentu.

Baca Juga: Daftar Nama Mata Uang di Asia Terlengkap

Mengenali moda transportasi umum yang terdapat di Kuala Lumpur

Pelajari sistem transportasi umum di Kuala Lumpur, seperti kereta api atau bus, agar Anda dapat berkeliling dengan lebih efisien.

Membawa colokan listrik dari Indonesia

Colokan listrik di Malaysia umumnya menggunakan standar tiga pin, jadi pastikan Anda membawa adaptor atau colokan listrik yang sesuai.

Membuat rencana perjalanan yang tepat

Rencanakan rute perjalanan Anda dengan baik, termasuk tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi dan waktu yang dihabiskan di masing-masing lokasi.

Menyiapkan uang Malaysia

Tukar sejumlah uang ke mata uang Malaysia sebelum berangkat, dan pastikan juga memiliki kartu kredit atau kartu debit yang diterima di Malaysia.

Berangkat ke Malaysia di waktu yang tepat

Pertimbangkan cuaca dan musim liburan ketika merencanakan perjalanan Anda. Pilih waktu yang sesuai dengan preferensi cuaca dan kegiatan wisata yang diinginkan.

Memilih Penginapan yang Bersahabat

Pilih penginapan yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Baca ulasan dari tamu sebelumnya untuk memastikan kualitas dan kenyamanan.

Membawa Makanan Instan

Bawa beberapa makanan instan sebagai cadangan, terutama jika Anda memiliki preferensi makanan tertentu atau jika akses ke makanan tertentu sulit di beberapa lokasi.

Kesimpulan

Dengan banyaknya daya tarik yang dimiliki, Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara. Jika Anda berencana untuk berlibur ke Asia Tenggara, Malaysia adalah salah satu negara yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata di Malaysia menawarkan berbagai macam daya tarik, mulai dari keindahan alam, budaya, hingga hiburan.

Sebelum berlibur ke Malaysia Anda perlu memperhatikan setiap persiapan, salah satu persiapan yang wajib diperhatikan adalah keuangan pada saat Anda ingin berlibur ke Malaysia. Untuk itu Easylink jadi solusinya! Easylink dapat memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana dari Indonesia ke Malaysia dengan aman, mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Pakai Easylink sekarang untuk kirim uang ke Malaysia!