Daftar Nama Mata Uang di Negara Asia Dengan Nilai Tukarnya

mata uang negara asia

Asia adalah salah satu benua yang sangat luas dan beragam, dengan berbagai negara dan budaya. Setiap negara di Asia memiliki mata uangnya masing-masing, yang mencerminkan sejarah dan budayanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar nama mata uang di negara-negara Asia. Artikel ini akan memberikan informasi lengkap tentang nama mata uang, simbol mata uang, dan nilai tukar mata uang tersebut.

Mata Uang Negara Asia Tenggara

Mata uang di wilayah Asia Tenggara bervariasi dan setiap negara memiliki mata uang resminya sendiri. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai mata uang yang digunakan di beberapa negara di Asia Tenggara:

Negara Mata Uang
Brunei Darussalam Dolar Brunei (BND)
Filipina Peso Filipina (PHP)
Indonesia Rupiah Indonesia (IDR)
Kamboja Riel Kamboja (KHR)
Laos Kip Laos (LAK)
Malaysia Ringgit Malaysia (MYR)
Myanmar Kyat Myanmar (MMK)
Singapura Dolar Singapura (SGD)
Thailand Baht Thailand (THB)
  Vietnam Dong Vietnam (VND)
Timor Leste   Dolar AS (USD)

Nilai tukar mata uang di Asia Tenggara bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi negara, kebijakan moneter, dan peristiwa politik. Secara umum, nilai tukar mata uang di Asia Tenggara cenderung stabil. Berikut adalah nilai tukar mata uang di Asia Tenggara:

  • Dolar Brunei (BND) adalah mata uang Brunei Darussalam. Mata uang ini diikat dengan dolar Singapura dengan nilai tukar 1 BND = 1,00 SGD.
  • Riel Kamboja (KHR) adalah mata uang Kamboja. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang sangat rendah terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 4.000 KHR.
  • Indonesia Rupiah (IDR) adalah mata uang Indonesia. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang relatif stabil terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 14.500 IDR.
  • Kip Laos (LAK) adalah mata uang Laos. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang sangat rendah terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 12.000 LAK.
  • Ringgit Malaysia (MYR) adalah mata uang Malaysia. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang relatif stabil terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 3.800 MYR.
  • Kyat Myanmar (MMK) adalah mata uang Myanmar. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang sangat rendah terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 1.700 MMK.
  • Peso Filipina (PHP) adalah mata uang Filipina. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang relatif stabil terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 266 PHP.
  • Dolar Singapura (SGD) adalah mata uang dolar Singapura. Mata uang ini dianggap sebagai mata uang yang stabil dan kuat, sehingga sering digunakan sebagai mata uang cadangan di berbagai negara.
  • Baht Thailand (THB) adalah mata uang Thailand. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang relatif stabil terhadap dolar AS, yaitu 1 USD = 650 THB.
  • Dong Vietnam (VND). Dong adalah mata uang Vietnam yang paling banyak digunakan di kawasan Asia Tenggara. Satu dong setara dengan sekitar 0,00002 dolar AS.

Mata Uang Negara Asean

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara. Negara-negara anggota ASEAN termasuk Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar (sebelumnya dikenal sebagai Burma), Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sepuluh negara anggota ASEAN menggunakan mata uang yang berbeda-beda, yaitu:

Negara Mata Uang
Singapura Dolar Singapura (SGD)
Malaysia Ringgit Malaysia (MYR)
Thailand Baht Thailand (THB)
Brunei Darussalam Dolar Brunei (BND)
Indonesia Rupiah Indonesia (IDR)
Filipina Peso Filipina (PHP)
Myanmar Kyat Myanmar (MMK)
Vietnam Dong Vietnam (VND)
Kamboja Riel Kamboja (KHR)
Laos Kip Laos (LAK)

Mata Uang yang Berlaku di Asean

ASEAN sedang mempertimbangkan untuk menciptakan mata uang sendiri, yang disebut ASEAN Dollar. Mata uang ini akan memudahkan perdagangan dan investasi antar negara anggota ASEAN.

Namun, masih banyak tantangan yang harus diselesaikan sebelum ASEAN Dollar dapat diimplementasikan. Salah satu tantangannya adalah perbedaan nilai tukar mata uang antar negara anggota ASEAN. Selain itu, perlu ada kesepakatan tentang bagaimana mata uang ini akan dikelola dan diawasi.

Jika ASEAN Dollar dapat diimplementasikan, maka akan menjadi salah satu pencapaian terbesar ASEAN. Mata uang ini akan memperkuat integrasi ekonomi antar negara anggota ASEAN dan meningkatkan daya saingnya di dunia internasional.

Mata Uang Negara Asia Timur

Mata uang negara-negara Asia Timur tentu tidaklah sama, meskipun terdapat kesamaan seperti Korea Utara dan Korea Selatan yang menggunakan mata uang bernama won namun hakikat nilainya tentu berbeda. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama penjelasan nama mata uang negara Asia Timur berikut ini:

Negara Mata Uang
Tiongkok Yuan Tiongkok (CNY)
Jepang Yen Jepang (JPY)
Korea Selatan Won Korea Selatan (KRW)
Korea Utara Won Korea Utara (KPW)
Hong Kong Dolar Hong Kong (HKD)
Taiwan Dolar Taiwan (TWD)
Makau Pataca Macau (MOP)
Mongolia Tugrik Mongolia (MNT)

Mata Uang Negara Asia Barat

Mata uang di negara-negara Asia Barat pun memiliki variasi. Meskipun ada beberapa kesamaan, seperti penggunaan mata uang dinar di beberapa negara seperti Irak, Yordania, dan Bahrain, namun nilai sebenarnya serta kebijakan dan kondisi ekonomi negara tersebut dapat membuat nilai mata uangnya berbeda. 

Baca Juga: Daftar Mata Uang Dunia Terlengkap

Sehingga, meskipun menggunakan nama yang serupa, nilai sebenarnya masing-masing mata uang tersebut bisa sangat berbeda. Berikut adalah mata uang yang berlaku di negara-negara Asia Barat:

Negara Mata Uang
Arab Saudi Riyal Saudi (SAR)
Armenia Dram (AMD)
Azerbaijan Manat (AZN)
Bahrain Dinar Bahrain (BHD)
Georgia Lari Georgia (GEL)
Iran Rial Iran (IRR)
Irak Dinar Iraq (IQD)
Israel Shekel Baru Israel (ILS)
Kuwait Dinar Kuwait (KWD)
Turki Lira Turki (TRY)
Lebanon Pound Lebanon (LBP)
Oman Rial Oman (OMR)
Palestina Pound Mesir, Dinar Yordania, Shekel Baru Israel
Qatar Riyal Qatar (QAR)
Siprus Euro (EUR)
Suriah Pound Suriah (SYP)
Uni Emirat Arab Dirham Uni Emirat Arab (AED)
Yaman Riyal Yaman (YER)
Yordania Dinar Yordania (JOD)

Mata Uang Negara Asia Selatan

Mata uang di negara-negara Asia Selatan memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun ada beberapa kesamaan dalam nama mata uang, seperti penggunaan rupee di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal, nilai sebenarnya serta faktor-faktor ekonomi dan kondisi pasar di setiap negara membuat nilai mata uang mereka berbeda satu sama lain. 

Sehingga, walaupun menggunakan nama yang sama, nilai sebenarnya dari masing-masing mata uang tersebut bisa jauh berbeda. Berikut adalah mata uang yang berlaku di negara-negara Asia Selatan:

Negara Mata Uang
India Rupee India (INR)
Pakistan Rupee Pakistan (PKR)
Bangladesh Taka (BDT)
Sri Lanka Rupee Sri Lanka (LKR)
Nepal Rupee Nepal (NPR)
Bhutan Ngultrum (BTN)
Maladewa Rufiyaa (MVR)
Afghanistan Afghani (AFN)

Mata Uang Negara Asia Tengah

Sebagian besar dari wilayah Asia Tengah mengandalkan transaksi dalam bentuk uang tunai. Meskipun terdapat sedikit mesin ATM di luar kota besar, mayoritas hanya menerima kartu Visa. Biasanya, toko dan restoran tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, kecuali di hotel bintang lima. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda untuk membawa sejumlah uang tunai dalam bentuk dolar AS yang dapat kalian pecahkan. Berikut adalah daftar mata uang di negara-negara Asia Tengah:

Negara Mata Uang
Kazakhstan Tenge Kazakhstan (KZT)
Kyrgyzstan Som Kyrgyzstan (KGS)
Tajikistan Somoni Tajikistan (TJS)
Uzbekistan Som Uzbekistan (UZS)
Turkmenistan Manat Turkmenistan (TMT)

Dengan mengetahui nama dan informasi singkat tentang mata uang di negara-negara Asia, kalian dapat lebih memahami budaya dan sejarah di tiap negara-negara di kawasan Asia. 

Buat kalian yang ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan cepat dan mudah, cukup gunakan Easylink untuk mengirim uang dengan bebas ke lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut untuk kirim uang ke luar negeri.

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!