8 Tradisi di Singapura yang Wajib Kamu Ketahui

tradisi di singapura

Singapura merupakan sebuah negara yang berlokasi di ujung selatan Semenanjung Malaya yang telah mengukir sejarahnya sebagai salah satu pusat ekonomi dan keuangan terkemuka di dunia. Selain pesatnya perkembangan ekonomi disana, Singapura juga dikenal karena keberagaman budayanya yang kaya. Mari kita telaah lebih dalam mengenai sejarah, etnis, dan tradisi yang membuat Singapura begitu unik.

Sejarah Singapura

Singapura merupakan salah satu negara yang saat ini menjadi salah satu pusat keuangan dan teknologi terkemuka di dunia, memiliki sejarah panjang yang mencakup berbagai periode signifikan. 

Masa pra-kolonial melihat Singapura sebagai pemukiman Melayu pada abad ke-14, dengan berdirinya Kesultanan Singapura pada abad ke-15 yang menjadi pusat perdagangan penting. Inggris kemudian mengambil alih Singapura pada abad ke-19, membawa pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan dan pengembangan pelabuhan. 

Perang Dunia II membawa pendudukan Jepang dan penderitaan bagi penduduk, sebelum Singapura kembali ke pemerintahan Inggris. Pada tahun 1963, Singapura bergabung dengan Malaysia sebelum akhirnya memperoleh kemerdekaan pada tahun 1965. 

Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Lee Kuan Yew, Singapura mengalami transformasi ekonomi dan sosial yang luar biasa, menjadi negara yang sukses dan maju. 

Hingga kini, Singapura terus menjadi inspirasi bagi banyak negara melalui keberhasilannya dalam menciptakan masyarakat multi etnis yang harmonis dan mengelola sumber daya dengan efisien. Sejarah Singapura mencerminkan daya juang dan ketekunan yang membentuk fondasi kuat untuk keberhasilan saat ini.

Suku Bangsa Negara Singapura

Singapura memiliki tingkat populasi warga asing tertinggi keenam di dunia, dengan sekitar 42% dari total penduduk. Warga asing ini menyumbang sebanyak 50% dalam sektor jasa negara tersebut, berasal dari berbagai negara seperti Tiongkok, Malaysia, Filipina, Amerika Utara, Timur Tengah, Eropa, Australia, Bangladesh, dan India. 

Singapura menempati peringkat kedua sebagai negara terpadat di dunia setelah Monako. Pada tahun 2009, populasi Singapura mencapai 4,99 juta jiwa, dengan 3,73 juta jiwa merupakan warga negara dan penduduk tetap (“Singapore Residents”). 

Warga negara pada tahun tersebut mencapai 3,2 juta jiwa. Komposisi etnis atau suku bangsa penduduk Singapura meliputi 74,2% kelompok bahasa Tionghoa, 13,4% Melayu, dan 9,2% India, sementara Eurasia, Arab, dan kelompok lainnya membentuk 3,2% dari total populasi.

Tradisi Apa Saja yang Ada di Singapura?

Singapura adalah negara yang multikultural, dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Buddha, Hindu, dan Kristen. Oleh karena itu, berbagai perayaan keagamaan dirayakan dengan meriah di Singapura. Berikut adalah beberapa perayaan keagamaan yang paling populer di Singapura:

Tahun Baru Imlek (Imlek)

Tahun Baru Imlek (Imlek) adalah perayaan terpenting bagi orang-orang Tionghoa di Singapura. Perayaan ini dirayakan selama 15 hari, dimulai dengan Tahun Baru Imlek dan berakhir dengan Cap Go Meh. Selama perayaan Imlek, orang-orang Tionghoa biasanya membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mengunjungi kuil untuk berdoa. Mereka juga merayakannya dengan makan malam keluarga, memberikan angpao, dan menyalakan kembang api.

Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri adalah perayaan terpenting bagi umat Muslim di Singapura. Perayaan ini menandai berakhirnya bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam. Selama perayaan Idul Fitri, umat Muslim biasanya mengenakan pakaian baru, pergi ke masjid untuk shalat Idul Fitri, dan mengunjungi keluarga dan teman-teman. Mereka juga merayakannya dengan makan malam keluarga dan berbagi makanan.

Baca Juga: 6 Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Deepavali

Deepavali adalah perayaan terpenting bagi umat Hindu di Singapura. Perayaan ini menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan. Selama perayaan Deepavali, umat Hindu biasanya membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mengunjungi kuil untuk berdoa. Mereka juga merayakannya dengan menyalakan lampu minyak, menyalakan petasan, dan makan malam keluarga.

Hari Raya Natal

Hari Raya Natal adalah perayaan terpenting bagi umat Kristen di Singapura. Perayaan ini menandai kelahiran Yesus Kristus. Selama perayaan Natal, umat Kristen biasanya menghadiri misa, menghias pohon Natal, dan memberikan hadiah. Mereka juga merayakannya dengan makan malam keluarga dan bertukar kartu Natal.

Hungry Ghost Festival (Festival Hantu Kelaparan) 

Hungry Ghost Festival adalah festival tradisional Tionghoa yang dirayakan selama 15 hari, dimulai pada 15 Juli. Festival ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada roh-roh orang yang telah meninggal. Selama festival ini, orang-orang Tionghoa biasanya mengunjungi kuburan untuk membersihkan dan mendoakan orang yang telah meninggal. Mereka juga menyediakan makanan dan minuman untuk roh-roh orang yang telah meninggal.

Ritual Waisak

Ritual Waisak adalah ritual keagamaan Buddha yang dirayakan untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha Gautama. Ritual ini dirayakan dengan melepaskan burung merpati, menyalakan lilin, dan berdoa.

Festival Thaipusam

Festival Thaipusam adalah festival keagamaan Hindu yang dirayakan untuk menghormati Dewa Murugan. Festival ini ditandai dengan perarakan yang melibatkan umat Hindu yang membawa kavadi, yaitu tandu yang dihiasi dengan duri dan benda-benda tajam.

Parade Chingay

Parade Chingay adalah parade budaya yang diadakan setiap tahun di Singapura. Parade ini menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari berbagai etnis di Singapura dengan ?melibatkan pawai hiasan, pertunjukan seni, dan kostum-kostum warna-warni.

Kesimpulan

Dengan sejarah yang kaya dan keragaman etnisnya, Singapura menawarkan pandangan yang menakjubkan tentang bagaimana sebuah negara dapat menggabungkan warisan lama dengan tren modern. Dengan perayaan-perayaan budaya yang meriah, Singapura menjadi tempat di mana harmoni antarbudaya dan kemajuan bertemu, menciptakan sesuatu yang memukau bagi penduduk dan pengunjungnya. 

Bagi Anda yang memiliki kebutuhan untuk mengirim uang ke Singapura, pakai Easylink aja! Easylink merupakan solusi terbaik untuk layanan pengiriman uang ke luar negeri, selain pengiriman uang ke Singapura Easylink juga dapat mengirim uang ke lebih dari 170 negara baik dengan mata uang lokal maupun USD Global. 

Jadi, tunggu apalagi? Pakai Easylink sekarang juga untuk pengiriman ke luar negeri yang lebih aman, mudah dan cepat!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!