Makanan Khas Inggris yang Paling Populer

makanan-khas-inggris

Makanan khas Inggris telah lama menjadi bagian integral dari warisan kuliner dunia. Dikenal karena kombinasi unik rasa dan tradisi kuliner yang kaya, hidangan-hidangan klasik dari negara ini telah menarik minat banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Makanan Khas Inggris

Dari hidangan sarapan hingga sajian makan malam yang menggugah selera, Inggris memiliki sejumlah hidangan ikonik yang menjadi favorit di berbagai belahan dunia. Berikut merupakan makanan populer khas Inggris yang perlu Anda ketahui:

Sarapan

Sarapan orang Inggris biasanya beragam, tetapi beberapa hidangan umum yang sering disantap sebagai sarapan tradisional adalah:

1. Full English Breakfast

full-english-breakfast

Full English Breakfast adalah sarapan khas Inggris yang terdiri dari bacon, sosis, telur, jamur, tomat, dan kacang polong. Sarapan ini biasanya disajikan dengan roti panggang dan teh atau kopi.

2. Porridge

porridge

Porridge adalah bubur gandum yang dimasak dengan susu atau air. Porridge biasanya disajikan dengan gula, kayu manis, atau buah-buahan.

3. Eggs Benedict

eggs-benedict

Eggs Benedict adalah telur setengah matang yang disajikan di atas roti panggang dengan ham dan saus hollandaise.

4. Pancakes

Pancakes adalah kue pipih yang biasanya disajikan dengan sirup maple, mentega, atau buah-buahan.

5. Waffles

Waffles adalah kue bolu yang biasanya disajikan dengan sirup maple, mentega, atau buah-buahan.

Makan Siang

Makan siang di Inggris juga dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan rutinitas sehari-hari. Beberapa hidangan yang umumnya disantap saat makan siang di Inggris antara lain:

1. Fish and Chips

Fish and chips adalah hidangan ikan goreng yang disajikan dengan kentang goreng. Fish and chips adalah salah satu hidangan khas Inggris yang paling populer.

Baca Juga: Cara Kerja di Inggris

2. Chicken Tikka

Chicken tikka masala adalah hidangan ayam yang dimasak dengan saus masala. Chicken tikka masala adalah salah satu hidangan India yang paling populer di Inggris.

3. Shepherd’s pie

Shepherd’s pie adalah hidangan yang terbuat dari daging domba, kentang, dan wortel yang dimasak dengan saus tomat. Shepherd’s pie adalah hidangan yang populer di Inggris Utara.

4. Cottage Pie

Cottage pie adalah hidangan yang mirip dengan shepherd’s pie, tetapi menggunakan daging sapi daripada daging domba. Cottage pie adalah hidangan yang populer di Inggris Selatan.

5. Sunday Roast

Sunday roast adalah hidangan yang terdiri dari daging panggang, kentang, wortel, dan sayuran lainnya. Sunday roast adalah hidangan tradisional yang biasanya dimakan pada hari Minggu.

Baca Juga: Biaya Hidup di Inggris

Makan Malam

Makan malam di Inggris sering kali menjadi waktu untuk menikmati hidangan yang lebih substansial dan hangat setelah seharian beraktivitas. Berikut beberapa hidangan yang sering disantap sebagai makan malam di Inggris:

1. Roast Dinner

Roast dinner adalah hidangan yang mirip dengan Sunday roast, tetapi dapat dimakan kapan saja. Roast dinner biasanya terdiri dari daging panggang, kentang, wortel, dan sayuran lainnya.

2. Chicken Curry

Chicken curry adalah hidangan ayam yang dimasak dengan saus kari. Chicken curry adalah salah satu hidangan India yang paling populer di Inggris.

3. Lamb Curry

Lamb curry adalah hidangan daging domba yang dimasak dengan saus kari. Lamb curry adalah hidangan yang populer di Inggris Utara.

4. Beef Curry

Beef curry adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan saus kari. Beef curry adalah hidangan yang populer di Inggris Selatan.

Pizza adalah hidangan Italia yang populer di Inggris. Pizza biasanya disajikan dengan berbagai topping, seperti keju, daging, sayuran, dan saus tomat.

Makanan Khas Inggris yang Halal

1. Fish and Chips

Biasanya menggunakan ikan yang halal yang dicelupkan dalam adonan tepung yang juga halal, disajikan dengan kentang goreng.

2. Full English Breakfast

Dapat disiapkan dengan menggunakan sosis dan bacon halal, ditambah dengan telur, jamur, tomat panggang, baked beans, dan roti panggang.

3. Bubble and Squeak

Makanan ini terbuat dari sisa-sisa sayuran yang digoreng, biasanya kentang dan kol. Dalam versi halal, pastikan bahan dan minyak yang digunakan sesuai dengan standar halal.

4. Roast Meat

Daging panggang, seperti domba, ayam, atau beef, yang dipersiapkan dengan metode panggang. Pastikan daging dan bumbu yang digunakan berasal dari sumber yang halal.

5. Bangers and Mash

Sosis halal disajikan dengan kentang tumbuk (mashed potatoes). Pastikan bahan-bahan dan saus yang digunakan sesuai dengan standar halal.

6. Keju Cheddar

Keju ini, jika diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan yang halal, dapat dikonsumsi sesuai dengan aturan diet halal.

7. Lancashire Hotpot

Sebuah hidangan panggang tradisional yang terdiri dari daging, kentang, dan bahan lainnya. Pastikan bahan dan bumbu yang digunakan sesuai dengan standar halal.

8. Haggis Halal

Haggis biasanya terbuat dari jeroan domba, tapi beberapa produsen menyediakan versi halal dengan menggunakan daging yang halal dan bahan lain yang sesuai.

9. Eton Mess

Sebuah hidangan pencuci mulut yang terdiri dari whipped cream, buah-buahan segar, dan meringue. Ini adalah hidangan yang umumnya tidak melibatkan bahan non-halal.

10. Muffin

Kue muffin yang terbuat dari bahan-bahan halal, seperti tepung, telur, dan minyak yang sesuai dengan standar halal.

Penting untuk memastikan bahwa makanan yang diidentifikasi sebagai “halal” dipersiapkan dengan memenuhi standar dan persyaratan halal, termasuk dalam hal bahan-bahan yang digunakan dan proses persiapan.

Baca Juga: Apa Itu Routing Number? Berikut Penjelasannya

Sementara kita menikmati kelezatan makanan khas Inggris yang memikat, jangan lupakan impian Anda untuk mengejar pendidikan di Inggris atau bekerja dan hidup disana.

Jika Anda berencana untuk mengejar studi atau menetap di negara yang menawarkan keragaman makanan yang luar biasa ini, pastikan Anda telah mengatur kebutuhan keuangan Anda dengan baik.

Untuk memudahkan pengiriman uang ke Inggris, termasuk keperluan kuliah dan biaya hidup, pakai Easylink aja! untuk solusi kirim uang ke Inggris Anda dengan lebih aman, mudah dan cepat.

About The Author