Mobile Banking : Pengertian, Fitur dan Cara Kerja

mobile-banking

Tidak bisa kita pungkiri, era digital telah memunculkan berbagai terobosan, salah satunya adalah kemunculan mobile banking. 

Aplikasi pintar ini semakin meraih popularitas karena kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya. Apa sebenarnya kehebatan di balik istilah “mobile banking”? Ikuti penjelasan tentang apa itu mobile banking di bawah ini.

Pengertian Mobile Banking

Mobile banking adalah salah satu temuan teknologi ajaib yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi berupa membayar tagihan, mentransfer uang, memeriksa saldo, dan bahkan mengatur tabungan hanya dengan mengusap layar ponsel pintar Anda.

Dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mobile banking atau disingkat m-Banking, merupakan layanan transaksi perbankan melalui handphone dalam bentuk aplikasi m-Banking atau aplikasi bawaan.

Bayangkan seperti halnya Anda memiliki bank pribadi yang selalu siap melayani Anda, bahkan saat sedang dalam perjalanan. Mobile banking mengubah cara kita berurusan dengan uang, membuat semuanya lebih cepat, lebih mudah, dan tentu saja, lebih seru!

Fitur Mobile Banking

Mobile banking juga memiliki fitur-fitur yang beragam dan bermanfaat, disana Anda tidak hanya dapat memeriksa saldo dan histori transaksi, tapi juga dapat melihat suku bunga terkini, mengetahui lokasi ATM dan cabang terdekat, dan mengelola berbagai aspek keuangan Anda. 

Namun, tidak hanya sampai di situ, mobile banking memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dana, membayar tagihan rutin seperti listrik dan air, melakukan pembelian pulsa, dan berbagai fitur transaksi lainnya. 

Semua hal tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui sentuhan layar ponsel Anda. Dengan mobile banking, urusan finansial Anda akan jadi lebih efisien dan terjangkau.

Cara Kerja

Bagi Anda yang belum pernah mencoba untuk menggunakan mobile banking, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan diri di layanan mobile banking bank pilihan Anda. Setelah berhasil, Anda dapat mengakses menu-menu yang tertera melalui aplikasi mobile banking yang telah tersemat di ponsel Anda. 

Tidak perlu repot, unduh dan instal aplikasi mobile banking dapat dilakukan hanya dengan waktu yang singkat. Saat membuka aplikasi mobile banking, masukkan User-ID serta password untuk mengakses mobile banking Anda. Dan tentu, setiap transaksi membutuhkan OTP sebagai lapisan keamanan. Dalam genggamanmu, segala transaksi finansial tidak lagi menjadi rahasia sulit.

Baca Juga: Open Banking: Pengertian, Manfaat, Contoh dan Risikonya

Fungsi

Selain memudahkan Anda untuk melakukan cek saldo dan riwayat transaksi, berikut merupakan beberapa fungsi lain yang Anda harus tahu dari mobile banking : 

  • Memantau pengecekan saldo dan riwayat transaksi (Mutasi Rekening), serta menyajikan laporan dan aktivitas keuangan.
  • Transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM.
  • Teknologi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) pembayaran non-tunai yang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Kelebihan Mobile Banking

Dalam era digital yang semakin canggih, mobile banking muncul sebagai solusi modern konsep perbankan konvensional. 

Menggantikan antrian panjang dan proses yang rumit, mobile banking membawa kenyamanan langsung kepada Anda. Mari kita bahas kelebihan yang membuat mobile banking begitu menarik :

  • Dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui ponsel Anda.
  • Anda juga dapat melihat saldo, transaksi, dan aktivitas keuangan secara real-time.
  • Memungkinkan transfer, pembayaran tagihan, dan pembelian secara cepat dan mudah.
  • Mengurangi kunjungan ke bank fisik, menghemat waktu dan tenaga.
  • Dilengkapi dengan teknologi keamanan tinggi untuk melindungi transaksi keuangan.
  • Memungkinkan pembayaran menggunakan QR Code dan metode non-tunai lainnya.
  • Memberikan pemberitahuan langsung setiap kali ada transaksi, memastikan keamanan akun.

Kekurangan Mobile Banking

Dalam kemudahan yang di hadirkan mobile banking tentu memiliki kekurangan juga, tidak ada sistem yang sempurna. Meskipun memiliki kelebihan cemerlang, mobile banking juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan. Mari kita bahas kekurangan mobile banking :

  • Keterbatasan Keamanan, meskipun ada berbagai langkah keamanan seperti OTP (One Time Password) dan verifikasi dua faktor namun risiko keamanan seperti phishing dan akses ilegal tetap mungkin terjadi.
  • Penggunaan mobile banking memerlukan ponsel pintar dan akses internet yang stabil. Di daerah terpencil atau dengan konektivitas yang buruk, akses ke layanan mobile banking bisa menjadi sulit bahkan tidak memungkinkan.
  • Keterbatasan Fungsionalitas, meskipun banyak fungsi yang telah dimasukkan dalam aplikasi mobile banking, tetapi beberapa transaksi kompleks atau transaksi yang memerlukan bukti fisik seperti cek fisik masih memerlukan kunjungan langsung ke bank.
  • Beberapa bank mungkin mengenakan biaya untuk layanan mobile banking yang dapat menambah biaya tambahan bagi pengguna, meskipun sebagian besar bank berusaha untuk menawarkan layanan ini secara gratis.
  • Pemahaman dan keterampilan teknologi yang diperlukan untuk menggunakan mobile banking bisa menjadi hambatan bagi beberapa kalangan, terutama yang kurang terbiasa dengan teknologi.

Mobile Banking dan Remitansi

Mobile banking dan remitansi adalah duo hebat yang memudahkan transaksi keuangan lintas negara. Melalui aplikasi mobile banking, pengguna bisa dengan cepat mengakses rekening mereka dan mengirim uang ke keluarga di luar negeri. 

Praktis, bukan? Ini membantu pekerja migran dan semua orang untuk dengan mudah mengelola keuangan mereka, membantu keluarga mereka, dan mendukung perekonomian di negara asal. Modern, cepat, dan membantu banyak orang, itulah peran mobile banking dalam remitansi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana mengirim uang ke luar negeri dengan cepat, aman dan mudah? Cek artikel kami tentang Remittance untuk memahami lebih dalam mengenai mobile banking dan remitansi! Untuk akses cepat dan temukan cara termudah untuk mengelola transaksi finansial Anda.mobile-banking-banner

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!