Telegraphic Transfer: Pengertian, Manfaat Hingga Biayanya

pengertian-telegraphic-transfer

Telegrahic Transfer (TT) adalah cara mengirim uang yang sudah ada sejak zaman dahulu, metode ini membantu untuk mengirimkan uang antarnegara menggunakan kode – kode tertentu.

Metode ini memanfaatkan teknologi komunikasi yang dipakai dalam telegram atau surat kawat. Telegram adalah pesan yang dikirimkan dari satu pihak ke pihak lain dengan kombinasi kode, yang kemudian ditransmisikan menggunakan telegraf.

Telegraf sendiri merupakan alat untuk mengirim pesan menggunakan kabel listrik yang menghubungkan satu tempat, ke tempat lain baik di satu negara maupun antarnegara. Teknologi ini populer digunakan di abad ke-18 hingga akhir abad ke-20.

Lembaga keuangan pertama yang menggunakan teknologi Telegrahic Transfer (TT) ini adalah Wester Union di Amerika Serikat pada tahun 1851.

Saat itu, pengiriman uang menggunakan Telegrahic Transfer (TT) lebih cepat dibandingkan mengirim dengan metode manual menggunakan kuda atau kapal.

Manfaat Telegraphic Transfer (TT)

Pada dasarnya, manfaat dari Telegraphic Transfer (TT) pada masa itu adalah mempermudah pengiriman uang antarnegara. Kala itu, jika Anda memiliki kebutuhan untuk mengirimkan uang ke benua yang berbeda.

Anda tinggal datang ke bank ke tempat Anda menyimpan uang Anda, sampaikan data yang dibutuhkan seperti nama pengirim, nama penerima, serta jumlah uang yang ingin dikirim.

Setelahnya, operator bank tersebut akan mengirim kode morse ke bank penerima. Dan penerima tinggal datang ke bank penerima untuk mengambil uang kiriman tersebut.

Selain telegraphic transfer, ada metode transfer uang ke luar negeri lain. Namanya Wire Transfer, ingin tahu? Anda bisa klik artikel Wire Transfer berikut.

Biaya Telegraphic Transfer (TT)

Pada dasarnya proses Telegraphic Transfer (TT) melibatkan 3 bank yaitu, bank pengirim, bank perantara, dan bank penerima. Masing – masing bank tersebut akan menetapkan biaya komisi untuk memproses pengiriman dananya.
Terdapat 2 komponen biaya pada metode Telegraphic Transfer (TT) yaitu,

  • Komisi bank: bank pengirim, bank perantara, dan bank penerima akan membebankan biaya untuk memproses pengiriman dana.
  • Margin Kurs Mata Uang: Bank juga akan mengambil biaya dari kurs mata uang yang ditukarkan sesuai dengan ketentuan bank. Kurs bank biasanya lebih tinggi dari kurs yang berlaku di pasar, atau kurs tengah.

Biaya ini juga berbeda untuk setiap banknya, jadi pastikan kembali dengan bank pilihan Anda.

Batas Transfer Harian Telegraphic Transfer (TT)

Batas transfer harian menggunakan metode Telegraphic Transfer (TT) juga beragam, tergantung dengan bank pilihan Anda. Jadi pastikan kembali dengan layanan pelanggan bank pilihan Anda ya.

Baca Juga: Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat BRI

Kesimpulan Telegraphic Transfer (TT)

Telegraphic Transfer (TT) pada zamannya menjadi inovasi terbaik yang pernah ada untuk membantu melakukan pengiriman uang antarnegara. Dengan adanya keterlibatan dari beberapa bank, tentunya biaya yang dibutuhkan akan lebih tinggi, dan proses yang lebih lama.

Alternatif Transfer Uang ke Luar Negeri yang Aman dan Cepat? Pakai Easylink!

Namun, seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat muncul juga lebih banyak alternatif yang lebih cepat, dan ekonomis. Dengan Easylink, Anda bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan cara yang lebih cepat dan ekonomis.

Easylink dapat membantu Anda untuk mengirimkan uang dan diterima dalam mata uang lokal negara tujuan, USD, dan Euro.

Easylink menawarkan solusi kirim uang ke luar negeri dengan cara yang lebih mudah, dan murah. Semua dilakukan dari tempat Anda berada saat ini, karena dengan Easylink prosesnya 100% online.

Dengan biaya yang tentunya lebih murah, karena Easylink biaya transfer menggunakan Easylink FLAT Rp 50.000,- (Promo), dan juga kurs yang kompetitif.

banner-telegraphic-transfer

About The Author