Fakta Menarik Tentang Negara Inggris yang Perlu Kamu Tahu

fakta menarik tentang negara inggris

Mengenali negara Inggris merupakan suatu hal yang hampir tidak bisa dilewatkan, mengingat statusnya sebagai destinasi wisata dan tempat studi yang sangat populer. Selain dikenal dengan nama Inggris, negara ini juga memiliki beberapa nama lain. 

Namun, dibalik popularitasnya Inggris memiliki berbagai fakta menarik tentang Inggris yang jarang diketahui. Apa saja rincian menarik tentang Inggris yang belum banyak orang ketahui? Mari kita temukan lebih lanjut dibawah ini!

Nama Lain Negara Inggris

Inggris, yang sering diakui sebagai tempat kelahiran sepak bola juga dikenal dengan berbagai julukan menarik yang mewakili sejarah dan karakteristiknya. 

Selain julukan populer “Britania Raya,” yang mencakup Inggris, Skotlandia, dan Wales, negara ini juga sering disebut sebagai United Kingdom yang merupakan gabungan dari Britania Raya dan Irlandia Utara. Singkatan resmi untuk negara ini adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Inggris terkenal sebagai pelopor Revolusi Industri, menjadikannya negara industri tertua di dunia. Kota-kota industri seperti Birmingham dan Sheffield, yang menjadi pusat industri berat, memberikan Inggris julukan yang menarik, yaitu “The Black Country.” 

Nama ini merujuk pada kawasan tersebut yang selalu tertutup oleh udara hitam akibat aktivitas industri yang intensif. Di balik keindahan perkotaannya dan statusnya sebagai destinasi wisata, Inggris memiliki warisan sejarah industri yang tercermin dalam julukan-julukan yang melekat padanya.

Negara-Negara di Inggris

Inggris merupakan bagian dari Kerajaan Inggris Raya yang terdiri dari empat negara yang memiliki otonomi dan identitas budaya masing-masing. Berikut adalah empat negara di Inggris beserta penjelasan singkatnya:

Inggris (England)

Inggris atau England memiliki ciri khas yaitu memiliki sejarah panjang, khususnya sejak zaman Romawi. London, ibu kota dari Inggris merupakan pusat keuangan dan budaya dunia. Terdapat berbagai situs bersejarah seperti Menara London dan istana kerajaan di Buckingham Palace.

Skotlandia (Scotland)

Skotlandia terkenal dengan alam pegunungannya, dan memiliki tradisi unik seperti pemakaian kilt dan musik tradisional seperti bagpipe. Edinburgh Castle, yang terletak di puncak bukit, adalah salah satu ikon budaya utama.

Wales

Wales memiliki kebudayaan yang kaya dengan bahasa Wales yang masih digunakan. Pemandangan alam yang memukau, termasuk Pegunungan Snowdonia dan Pantai Pembrokeshire, menjadikan Wales destinasi wisata yang menarik.

Irlandia Utara (Northern Ireland)

Irlandia Utara memiliki sejarah yang berkaitan dengan konflik etnis, tetapi kini menjadi tujuan wisata yang semakin populer. Giant’s Causeway, yang terdiri dari batu-batu berbentuk unik, dan Carrick-a-Rede Rope Bridge adalah tempat wisata yang terkenal di sini.

Keempat negara ini membentuk Kerajaan Inggris Raya dengan persatuan yang erat, sambil mempertahankan identitas dan kebudayaan unik masing-masing. Perbedaan dalam bahasa, tradisi, dan pemandangan alam menciptakan kekayaan budaya yang luar biasa di seluruh wilayah ini.

Makanan di Inggris

Makanan khas Inggris telah lama menjadi bagian dari warisan kuliner dunia. Dikenal karena kombinasi unik rasa dan tradisi kuliner yang kaya, hidangan-hidangan klasik dari negara ini telah menarik minat banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Berikut merupakan penjelasan beberapa makanan yang ada di Inggris:

Full English Breakfast

Full English Breakfast adalah sarapan khas Inggris yang terdiri dari bacon, sosis, telur, jamur, tomat, dan kacang polong. Sarapan ini biasanya disajikan dengan roti panggang dan teh atau kopi.

Porridge

Porridge adalah bubur gandum yang dimasak dengan susu atau air. Porridge biasanya disajikan dengan gula, kayu manis, atau buah-buahan.

Fish and chips

Fish and chips adalah hidangan ikan goreng yang disajikan dengan kentang goreng. Fish and chips adalah salah satu hidangan khas Inggris yang paling populer.

Chicken Tikka

Chicken tikka masala adalah hidangan ayam yang dimasak dengan saus masala. Chicken tikka masala adalah salah satu hidangan India yang paling populer di Inggris.

Shepherd’s pie

Shepherd’s pie adalah hidangan yang terbuat dari daging domba, kentang, dan wortel yang dimasak dengan saus tomat. Shepherd’s pie adalah hidangan yang populer di Inggris Utara.

Cottage Pie

Cottage pie adalah hidangan yang mirip dengan shepherd’s pie, tetapi menggunakan daging sapi daripada daging domba. Cottage pie adalah hidangan yang populer di Inggris Selatan.

Sunday Roast

Sunday roast adalah hidangan yang terdiri dari daging panggang, kentang, wortel, dan sayuran lainnya. Sunday roast adalah hidangan tradisional yang biasanya dimakan pada hari Minggu.

Cuaca di Inggris

Cuaca di Inggris dikenal karena perubahan yang cepat dan kecenderungan untuk cuaca yang variatif. Inggris terkenal dengan curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun. Hujan dapat terjadi kapan saja, meskipun kelembaban dan intensitasnya bervariasi di berbagai daerah.

Suhu rata-rata di Inggris bervariasi tergantung pada musim dan lokasi geografis. Suhu musim panas berkisar antara 15-25°C, sementara musim dingin dapat turun hingga di bawah 0°C, terutama di bagian utara.

Inggris terkadang mengalami panas mendadak selama musim panas, dengan suhu yang melonjak tiba-tiba. Sebaliknya, gelombang dingin dari timur laut (disebut sebagai “Beast from the East”) dapat membawa suhu yang sangat rendah dan cuaca dingin di musim dingin.

Meskipun cuaca di Inggris dapat bervariasi, perubahan ini juga menciptakan lanskap yang hijau dan subur serta memberikan warna yang unik pada pengalaman hidup sehari-hari di negara ini.

Agama yang Ada di Inggris

agama di inggris
Sumber: freepik.com

Britania Raya atau Inggris memiliki keragaman ras dan agama yang signifikan. Lebih dari setengah penduduknya memeluk agama Kristen, dengan mayoritas beraliran Protestanisme seperti Anglikan. Berikut adalah beberapa agama yang ada di Inggris beserta penjelasannya:

Kekristenan

Kekristenan adalah agama dominan di Inggris, dengan lebih dari setengah populasi memeluknya. Mayoritas penganut Kristen tergabung dalam berbagai denominasi, termasuk Anglikan, Katolik, Metodis, dan Presbiterian.

Islam

Islam menjadi agama non-Kristen terbesar di Inggris, menyumbang sekitar 4,4% dari total populasi. Komunitas Muslim terdapat di seluruh wilayah, terutama di kota-kota besar seperti London dan Birmingham.

Hindu

Agama Hindu mayoritas diikuti oleh imigran asal Asia Selatan di Inggris. Sekitar 1,3% populasi Inggris memeluk Hinduisme, dengan pusat komunitas Hindu terdapat di berbagai kota.

Yahudi

Komunitas Yahudi di Inggris menyusun sekitar 0,4% dari total populasi. Mereka memiliki sejarah panjang di Inggris dan berkontribusi pada berbagai aspek kehidupan budaya dan ekonomi.

Baha’i, Buddha, Sikh, Jainisme

Penjelasan: Agama-agama ini memiliki pengikut yang lebih kecil di Inggris. Penganut Baha’i, Buddha, Sikh, dan Jainisme membentuk bagian kecil dari keragaman agama di negara ini.

Tidak Beragama atau Agnostik

Penjelasan: Seiring waktu, jumlah orang yang tidak memeluk agama atau mengidentifikasi diri sebagai agnostik semakin meningkat. Sekitar 25,7% penduduk Britania Raya dikategorikan sebagai tidak tergabung dalam kelompok agama tertentu.

Agama di Inggris mencerminkan keragaman budaya dan sejarahnya yang kompleks. Meskipun Kekristenan tetap dominan, keberadaan dan kontribusi berbagai agama menambah warna pada lanskap keagamaan negara ini.

Hari-Hari Penting dan Hari Libur di Inggris

Berikut adalah beberapa hari penting dan hari libur di Inggris beserta penjelasannya:

  1. Tahun Baru (New Year’s Day) – 1 Januari: Merayakan pergantian tahun baru, sering diisi dengan pesta dan kembang api.
  2. Paskah (Easter): Tanggal berubah setiap tahun, merayakan kebangkitan Yesus Kristus. Jumat Agung dan Senin Paskah juga merupakan hari libur.
  3. Hari Buruh (May Day) – 1 Mei: Merayakan perjuangan buruh dan sering diisi dengan perayaan dan acara umum.
  4. Hari Kemerdekaan (Early May Bank Holiday): Hari libur pertama dalam musim panas, biasanya jatuh pada Senin pertama di bulan Mei.
  5. Hari Spring Bank – Akhir Mei: Jatuh pada Senin terakhir di bulan Mei, memberikan akhir pekan tiga hari.
  6. Trooping the Colour: Biasanya diadakan pada awal Juni untuk merayakan ulang tahun resmi Ratu.
  7. Hari Pangeran Philip (Prince Philip’s Birthday): Merayakan ulang tahun Pangeran Philip pada pertengahan Juni.
  8. Hari Ayah (Father’s Day) – Minggu Ketiga di Juni: Merayakan peran ayah dalam keluarga.
  9. Hari Bastille (Bastille Day) – 14 Juli: Meskipun ini adalah perayaan Prancis, sejumlah kecil acara juga dapat ditemukan di Inggris.
  10. Hari Bank Summer (Summer Bank Holiday) – Akhir Agustus: Memberikan akhir pekan tiga hari pada Senin terakhir di bulan Agustus.
  11. Hari Buruh (Labour Day) – Awal September: Serupa dengan Hari Buruh di bulan Mei, merayakan prestasi gerakan buruh.
  12. Halloween – 31 Oktober: Merayakan malam sebelum Hari Raya Semua Orang Kudus dengan kostum dan perayaan yang menakutkan.
  13. Hari Pengingat (Remembrance Day) – 11 November: Memperingati para prajurit yang gugur dalam Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua.
  14. Hari Bank Natal (Christmas Bank Holiday) – 25 Desember: Merayakan Hari Natal, diisi dengan pesta, pertukaran hadiah, dan berbagai tradisi.
  15. Hari Kedua Natal (Boxing Day) – 26 Desember: Hari libur tradisional diisi dengan olahraga, belanja, dan acara keluarga.

Baca Juga: Tips Hemat Biaya Hidup di Inggris Selama Sebulan

Tempat Wisata di Inggris

tempat wisata di inggris
Sumber: freepik.com

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa tempat wisata populer di Inggris, yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berlibur kesana:

Menara London

Terletak di tepi Sungai Thames, Menara London adalah simbol sejarah yang menakjubkan. Dibangun pada abad ke-11, menara ini memiliki sejarah sebagai penjara, istana, dan tempat penyimpanan permata kerajaan.

Museum British

Merupakan museum terbesar di Inggris, Museum British menyimpan lebih dari 8 juta artefak dari seluruh dunia. Koleksinya mencakup sejarah alam, seni, dan budaya manusia.

Mata London

Sebuah roda observasi raksasa yang menyajikan pemandangan indah kota London. Terletak di South Bank of the River Thames, London Eye adalah salah satu atraksi modern yang populer.

Tower Bridge

Jembatan ikonik yang melintasi Sungai Thames. Terkenal dengan struktur menariknya yang dapat diangkat untuk memberikan jalan bagi kapal besar.

Galeri Nasional

Terletak di Trafalgar Square, Galeri Nasional menyimpan koleksi seni Eropa yang luar biasa. Pengunjung dapat menikmati lukisan dari berbagai periode sejarah.

Museum Sejarah Alam

Terletak di Exhibition Road, museum ini memamerkan koleksi yang mencakup fosil, mineral, dan artefak sejarah alam dari seluruh dunia.

Museum Victoria and Albert

Disebut juga V&A, museum ini fokus pada seni dan desain. Koleksinya mencakup berbagai bidang seperti fashion, fotografi, dan seni dekoratif.

Baca Juga: Kerja di Inggris: Cara, Syarat, Budaya Kerja dan Gaji

Biara Westminster

Sebuah bangunan bersejarah yang menjadi tempat penobatan dan pemakaman bagi para raja dan ratu Inggris. Biara ini juga menampilkan arsitektur gotik yang mengagumkan.

Camden Market

Merupakan pasar yang beragam di kawasan Camden di London. Terkenal dengan toko-toko unik, seni jalanan, dan atmosfer yang berenergi tinggi.

Taman Hyde

Salah satu taman terkenal di London, Taman Hyde menawarkan ruang terbuka yang luas, danau, dan jalur bersepeda. Tempat yang populer untuk bersantai dan berolahraga di tengah hiruk-pikuk kota.

Fakta Menarik Tentang Inggris

fakta menarik tentang inggris
Sumber: freepik.com

Selain dengan kepopuleran keindahan alam dan beragam jenis makanan lezat dari negara Inggris, Negara ini memiliki 12 fakta menarik yang tentunya belum banyak orang yang mengetahui. Berikut adalah penjelasannya:

Kereta Api Tertua Di Dunia Terdapat Di Inggris

Kereta api tertua tersebut adalah Stephenson’s Rocket, yang pertama kali beroperasi pada jalur Liverpool-Manchester pada tanggal 15 September 1830.

Negara Asal Film Harry Potter

Banyak lokasi di Inggris, seperti Alnwick Castle (sebagai Hogwarts), King’s Cross Station (stasiun kereta ke Hogwarts), dan Platform 9¾ di London, menjadi ikonik dalam pembuatan film Harry Potter.

The Beatles Band Legendaris Yang Berasal Dari Inggris

The Beatles terdiri dari empat anggota: John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Mereka memulai karir mereka di Liverpool pada awal 1960-an.

Box Telepon Berwarna Merah Yang Ikonik

Telepon berwarna merah yang sering terlihat adalah K2 model yang dirancang oleh Sir Giles Gilbert Scott dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1926.

Programmer Pertama Di Dunia Dari Inggris

Ada Lovelace, putri dari penyair Lord Byron, bekerja dengan Charles Babbage pada mesin analitik dan diakui sebagai penulis algoritma pertama yang dimaksudkan untuk dijalankan oleh mesin tersebut.

Baca Juga: Kirim Uang ke Inggris Dengan Aman, Cepat dan Mudah

Tempat Awal Revolusi Industri

Kota Manchester di Inggris dianggap sebagai salah satu pusat awal Revolusi Industri, dengan banyak pabrik tekstil dan inovasi industri lainnya.

Bukan Pengkonsumsi Teh Terbanyak Di Dunia

Inggris sebenarnya berada di peringkat ketiga dalam konsumsi teh per kapita, di belakang Irlandia dan Turki.

Penemu World Wide Web (WWW)

Tim Berners-Lee membangun prototipe sistem pertama untuk World Wide Web pada tahun 1990, di CERN, Swiss, meskipun dia adalah seorang ilmuwan komputer Inggris.

Big Ben Bukanlah Sebuah Jam

Big Ben adalah nama lonceng di dalam Elizabeth Tower, yang merupakan bagian dari kompleks parlemen di London. Nama “Big Ben” sebenarnya merujuk pada lonceng besar yang berdentang di dalam menara tersebut.

Mempunyai 33 Situs Warisan Dunia

Beberapa situs Warisan Dunia di Inggris meliputi Stonehenge, Tower of London, dan City of Bath.

Tidak Memiliki Gunung Berapi Aktif

Inggris tidak memiliki gunung berapi aktif di daratan utama. Meskipun ada aktivitas vulkanik di masa lalu, saat ini tidak ada gunung berapi yang aktif.

Pelajar Internasional Terbanyak Berasal Dari Asia

Banyak pelajar internasional di Inggris berasal dari negara-negara Asia seperti Tiongkok, India, Malaysia, dan Arab Saudi, membuatnya salah satu destinasi pendidikan tinggi paling multikultural di dunia.

Dalam menjelajahi fakta menarik tentang Inggris, kita dapat melihat betapa kaya dan beragamnya negara ini dalam sejarah, budaya, dan warisannya. Dari julukan yang mencerminkan identitasnya hingga keindahan tempat wisata yang ikonik, Inggris menjadi destinasi yang menarik perhatian wisatawan dan peneliti sepanjang masa.

Baca Juga: Kuliah di Inggris: Tips, Syarat, Jurusan dan Biayanya

Dengan makanan khas yang lezat, agama yang beragam, dan perayaan hari-hari penting yang meriah, Inggris tidak hanya menawarkan keindahan alam dan sejarahnya tetapi juga menciptakan pengalaman yang mendalam bagi siapa pun yang ingin mengenal lebih dekat negara ini.

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!