Kuliah di Jepang Persiapan, Syarat dan Biayanya

kuliah-di-jepang

Kuliah di Jepang merupakan salah satu pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Dengan kualitas pendidikan Jepang yang menjadikannya salah satu yang diakui dunia, menjadikan salah satu pilihan yang sering diambil oleh para calon mahasiswa. Dengan berbagai pilihan jurusan kuliah seperti IT, animasi, game creator hingga pariwisata.

Berikut merupakan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan jika kamu ingin kuliah di Jepang!

Persiapan yang Perlu Dilakukan

Kemampuan Berbahasa Jepang

Ambil kursus bahasa Jepang selama minimal enam bulan di institusi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kehakiman Jepang. Usahakan mencapai setidaknya level JLPT N4 sebelum berangkat agar dapat berkomunikasi dasar dengan orang lokal.

Sertifikat Bahasa Inggris

Jika kalian tertarik dengan program kuliah dalam bahasa Inggris, persiapkan dan tunjukkan hasil tes IELTS atau TOEFL sebagai salah satu syarat masuk.

Ujian Masuk Universitas

Siapkan diri untuk mengikuti ujian EJU (Examination for Japanese University) yang menilai kemampuan bahasa Jepang dan akademik calon mahasiswa asing. Lakukan persiapan dengan mencari latihan soal ujian EJU di lembaga-lembaga yang terdaftar.

Perhatikan Jadwal Pendaftaran Kampus

Pelajari jadwal pendaftaran dan tes masuk di universitas yang kamu minati. Siapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan untuk proses pendaftaran universitas.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kalian akan lebih siap menghadapi proses kuliah di Jepang. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar pengalaman studi kalian di Jepang lebih lancar dan sukses.

Apa Saja Perguruan Tinggi yang Ada di Jepang?

Beberapa perguruan tinggi terkemuka di Jepang meliputi Universitas Tokyo, Kyoto University, Osaka University, Tokyo Institute of Technology, dan Waseda University.

Universitas Tokyo adalah salah satu yang tertua dan memiliki reputasi tinggi. Kyoto University juga terkemuka dengan program penelitian yang kuat. 

Sementara itu, Osaka University dan Tokyo Institute of Technology terkenal dalam bidang sains dan teknologi. Waseda University, sebuah universitas swasta, memiliki alumni terkenal dan kemitraan internasional yang kuat.

Universitas Terbaik di Jepang

Sebelum mempersiapkan semuanya, tahapan pertama yang wajib kalian lakukan yaitu kalian perlu mengetahui serta mengenal deretan universitas terbaik Jepang yang bisa menjadi pilihan kalian untuk melanjutkan studi. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai universitas terbaik di Jepang:

Universitas Tokyo

Merupakan universitas terkemuka di Jepang dan juga dikenal di tingkat global. Menawarkan berbagai program akademik dengan fakultas terkenal, terutama di bidang hukum dan sastra.

Kyoto University

Universitas negeri tertua nomor dua di Jepang, dengan reputasi tinggi dalam penelitian ilmiah. Terkenal karena kontribusi besar dalam fisika, kimia, dan biologi molekuler.

Osaka University

Memiliki reputasi akademik yang kuat dan menawarkan berbagai program dalam bahasa Inggris. Terkenal untuk program S1 dan S2 dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknik.

Tokyo Institute of Technology

Merupakan salah satu universitas terbaik di bidang teknologi, terutama ilmu alam dan teknik. Menduduki peringkat tinggi di level nasional dan internasional.

Waseda University

Salah satu universitas swasta terbaik di Jepang, dengan sejarah panjang dan alumni terkenal. Memiliki kemitraan dengan universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia.

Ke-5 universitas ini menawarkan pendidikan berkualitas dengan berbagai program akademik dan peluang penelitian. Pilihan universitas tergantung pada minat dan tujuan akademik calon mahasiswa.

Tipe Perguruan Tinggi di Jepang

Terdapat beberapa jenis institusi pendidikan tinggi di Jepang diantaranya, Universitas Nasional dan Negeri dioperasikan serta didanai oleh pemerintah pusat atau daerah. Universitas Swasta didanai oleh badan hukum swasta dengan spesialisasi tertentu. 

Kolese Komunitas (Tanki Daigaku) lebih praktis dan fokus pada keahlian khusus, sementara Kolese Wanita (Joshibi Daigaku) menerima mahasiswa perempuan. Institut Teknologi (Kōgyō Daigaku) menawarkan program teknik dan ilmu terapan, sedangkan Institut Seni (Geijutsu Daigaku) fokus pada seni rupa, desain, dan kreativitas.

Jurusan Perkuliahan yang Ada di Jepang

Di Jepang, tersedia berbagai jurusan perkuliahan di universitas-universitas terkemuka. Mulai dari ekonomi, ilmu komputer, dan teknologi informasi hingga kedokteran, seni dan desain, serta ilmu sosial. Tak hanya itu, terdapat pilihan jurusan seperti hukum, bahasa dan budaya, serta lingkungan dan sains alam. 

Setiap jurusan memungkinkan mahasiswa untuk mendalami bidang minat mereka dan mempersiapkan diri untuk karir yang diinginkan. Jepang dikenal dengan program-program akademik yang berkualitas di berbagai bidang, menjadikannya destinasi populer bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan tinggi.

Syarat Kuliah di Jepang

Syarat kuliah di Jepang meliputi kemampuan berbahasa Jepang atau Bahasa Inggris, ijazah sekolah menengah atau setara, ujian masuk universitas, pengumpulan dokumen seperti transkrip akademik dan surat rekomendasi, serta memastikan sumber pendanaan mencukupi. 

Selain itu, diperlukan visa pelajar untuk tinggal dan belajar di Jepang. Mahasiswa disarankan untuk memeriksa persyaratan khusus universitas yang kalian tuju.

Berapa Lama Kuliah di Jepang?

Durasi kuliah di Jepang bervariasi tergantung jenjang studi. Program sarjana biasanya berlangsung selama empat tahun. Sementara itu, untuk program pascasarjana, magister umumnya memakan waktu sekitar dua tahun, sedangkan doktoral bisa antara tiga hingga lima tahun atau lebih tergantung pada spesialisasi dan penelitian yang dilakukan. 

Mahasiswa internasional harus memperhitungkan masa studi dan rencana akademik dengan baik untuk mengatur perjalanan studi mereka di Jepang.

Biaya Kuliah di Jepang

Biaya kuliah di Jepang tergantung universitas dan jenjang studi. Universitas negeri sekitar ¥540,000 per tahun, sementara swasta berkisar ¥875,000 hingga ¥3,700,000 per tahun. Pendaftaran biasanya ¥235,000 hingga ¥1,300,000. Program pascasarjana lebih terjangkau, antara ¥515,000 hingga ¥1,250,000 per tahun, dengan biaya pendaftaran ¥190,000 hingga ¥225,000.

也阅读: Kirim Uang ke Jepang Dengan Mudah Pakai Easylink

Kenapa Kuliah di Jepang?

Kuliah di Jepang menawarkan pengalaman unik dengan kualitas pendidikan yang terkenal di seluruh dunia. Selain itu, alasan untuk kuliah di Jepang termasuk:

Lingkungan Aman dan Ramah

Jepang dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan yang tinggi dan masyarakat yang ramah.

Biaya Hidup yang Lebih Murah

Meskipun biaya kuliah bisa tinggi, biaya hidup di Jepang bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Barat.

Tersedia Beasiswa

Banyak universitas dan lembaga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional, membantu meringankan biaya kuliah.

Kesempatan Karir Global

Jepang merupakan pusat teknologi dan inovasi, membuka kesempatan karir global setelah lulus.

Kualitas Pendidikan Tinggi

Jepang memiliki universitas-universitas ternama dengan fokus pada riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Tips Kuliah di Luar Negeri Lainnya:

  1. Kuliah di Inggris
  2. Kuliah di Jerman
  3. Kuliah di Australia
  4. Kuliah di Turki
  5. Kuliah di Luar Negeri
  6. Kuliah di Taiwan

Bagaimana Cara Mendaftar Kuliah di Jepang?

Untuk mendaftar kuliah di Jepang, kalian harus memilih program dan universitas yang diinginkan, persiapkan dokumen seperti transkrip akademik dan hasil ujian bahasa, isi formulir pendaftaran dengan benar, dan kirimkan dokumen sesuai persyaratan universitas.

Ikuti ujian masuk jika diperlukan, tunggu hasil seleksi, dan lanjutkan dengan proses visa jika diterima. Setelah itu, bergabunglah dengan universitas pilihan kalian di Jepang.

Jika kalian mencari kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola keuangan selama kuliah, Easylink adalah solusi yang tepat! Dengan layanan kami, kalian dapat dengan mudah 转账 untuk biaya kuliah, biaya hidup, atau keperluan lainnya, dengan cepat, aman, dan efisien.

Jangan biarkan urusan finansial membebani perjalanan pendidikan kalian. Pilih Easylink dan nikmati kemudahan dalam setiap langkah menuju masa depan yang lebih baik. Jadikan pengalaman kuliah di Jepang lebih berkesan dengan keamanan finansial yang kami tawarkan!

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!