Biaya Hidup di Korea Mahal? Cek Faktanya di sini!

biaya hidup di korea per bulan

Dalam era globalisasi yang semakin berkembang, Korea Selatan telah menjadi salah satu destinasi yang menarik bagi banyak orang dari seluruh dunia. Entah itu untuk mengejar karir, merasakan budaya yang unik, atau hanya sekedar mengeksplorasi kehidupan sehari-hari di negeri ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk menetap di Korea Selatan. 

Namun, salah satu pertanyaan utama yang muncul di benak banyak orang adalah seberapa mahal atau terjangkaukah biaya hidup di sana? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi realitas biaya hidup di Korea Selatan, membongkar mitos tentang mahalnya hidup di negara ini, dan memberikan wawasan yang berguna bagi mereka yang merencanakan untuk tinggal di Korea Selatan.

Rincian Biaya Hidup di Korea

Rincian biaya hidup di Korea dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk lokasi, gaya hidup, dan preferensi pribadi. Berikut adalah perkiraan biaya hidup bulanan untuk beberapa aspek utama di Korea:

Sewa Tempat Tinggal

Biaya sewa apartemen atau rumah di Korea dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran properti yang dipilih. Di kota-kota besar seperti Seoul dan Busan, biaya sewa cenderung cukup tinggi. 

Sebagai gambaran, biaya sewa apartemen satu kamar tidur di pusat kota Seoul bisa mencapai sekitar 800 ribu hingga 1,5  juta won per bulan atau setara dengan Rp9,4 juta hingga Rp17,7 juta. Sedangkan jika Anda memilih di pinggiran kota, biayanya bisa lebih murah sekitar 500 ribu hingga 1 juta won atau setara dengan Rp5,8 juta hingga Rp11,7 juta.

Jika Anda seorang mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea, lebih baik untuk tinggal di asrama mahasiswa (mess) karena ini dapat membantu mengurangi biaya hidup Anda selama tinggal di Korea.

Makanan

Biaya makanan di Korea juga bervariasi, tetapi secara umum harganya cukup terjangkau. Harga makanan di restoran biasanya berkisar antara 5 ribu hingga 15 ribu won per hidangan atau setara dengan Rp58 ribu hingga Rp176 ribu, kisaran harga tersebut juga tergantung pada jenis restoran dan menu yang dipilih. 

Makan di warung atau gerai makanan jalanan biasanya lebih murah. Belanja di supermarket untuk bahan makanan mentah juga dapat membantu menghemat biaya.

Biaya Kesehatan

Setiap mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di Korea Selatan harus memiliki asuransi kesehatan yang terdaftar. Biaya premi asuransi ini berkisar antara 45 ribu hingga 50 ribu won atau setara dengan Rp500 ribu hingga Rp588 ribu per bulan.

运输

Transportasi umum di Korea, seperti kereta bawah tanah (subway) dan bus, relatif terjangkau. Biaya tiket untuk satu perjalanan dengan subway biasanya sekitar 1.250 hingga 2.000 won atau sekitar Rp 14 ribu hingga Rp23 ribu tergantung pada jarak yang dituju. Biaya taksi juga cukup terjangkau, dengan tarif awal sekitar 3.000 won dan kenaikan setiap 144 meter sekitar 100 won.

Hiburan dan Kegiatan

Biaya untuk hiburan dan kegiatan rekreasi di Korea juga bervariasi. Tiket bioskop biasanya sekitar 8.000 hingga 12.000 won atau setara dengan Rp94 ribu hingga Rp141 ribu. Untuk konser atau pertunjukan seni, harga tiketnya bisa lebih tinggi tergantung pada artis dan jenis acaranya.

Pengeluaran Lainnya

Pengeluaran lainnya seperti pakaian, barang-barang pribadi, dan kebutuhan sehari-hari juga perlu diperhitungkan. Harga-harga ini dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Penting untuk diingat bahwa ini hanyalah perkiraan biaya hidup bulanan dan angka sebenarnya dapat berbeda tergantung pada berbagai faktor.

Total Biaya Hidup di Korea per Bulan

Total biaya hidup di Korea per bulan akan sangat bervariasi tergantung pada gaya hidup individu dan lokasi tempat tinggal. Namun, berdasarkan perkiraan umum untuk biaya sewa tempat tinggal, makanan, transportasi, hiburan, dan pengeluaran lainnya, dapat dihitung sekitar 1,5 juta hingga 2,5 juta won per bulan atau setara dengan Rp 17,6 juta hingga Rp29,4 juta untuk hidup dengan nyaman di kota-kota besar seperti Seoul. 

Di daerah yang lebih terpencil atau pinggiran kota, biaya hidupnya mungkin sedikit lebih rendah, sekitar 1 juta hingga 1,8 juta won atau setara dengan Rp11 juta hingga Rp21,1 juta per bulan. Ini hanya perkiraan kasar dan biaya sebenarnya dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor individu seperti gaya hidup dan preferensi pribadi.

也阅读: 11个韩国服装供应商推荐

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di Korea

Memilih tempat tinggal atau apartemen di Korea bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa untuk mencari properti di negara lain. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih tempat tinggal di Korea.

Lokasi

Tentukan area yang ingin Anda tinggali sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pertimbangkan aksesibilitas ke tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya. Beberapa kota besar seperti Seoul, Busan, dan Incheon memiliki wilayah yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Anggaran

Buat perkiraan anggaran yang jelas untuk sewa atau pembelian properti di sana. Harga properti di Korea, terutama di kota-kota besar, tentu sangat bervariasi. Jadi, pastikan Anda memperhitungkan biaya lainnya seperti listrik, air, dan biaya perawatan gedung.

Ukuran dan Fasilitas

Pertimbangkan ukuran dan fasilitas apartemen yang dibutuhkan. Apakah Anda memerlukan satu kamar tidur, dua kamar tidur, atau lebih? Apakah Anda menginginkan fasilitas seperti gym, kolam renang, atau ruang serbaguna? Pastikan juga untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dengan cermat saat memilih.

Keamanan

Periksa tingkat keamanan dari gedung atau kompleks apartemen yang akan Anda pilih. Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti sistem keamanan, akses pintu masuk, serta penjaga keamanan.

运输

Perhatikan aksesibilitas transportasi umum dari tempat tinggal Anda. Pastikan ada stasiun kereta bawah tanah, halte bus, atau jalur transportasi lainnya yang dapat memudahkan mobilitas Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari .

Setelah mengetahui informasi tentang estimasi biaya hidup dan tips untuk memilih tempat tinggal atau apartemen di Korea Selatan, apakah Anda menjadi semakin yakin untuk menetap di sana? Tentu saja, pertimbangan utama sebelum menetap di suatu tempat adalah biaya hidup.

Jika Anda memerlukan layanan pengiriman uang ke Korea, Easylink adalah jawabannya! Kirim uang ke Korea dengan Easylink menjadi lebih aman, mudah dan cepat. Dengan biaya yang terjangkau dan proses yang cepat, Anda dapat memastikan biaya kebutuhan hidup yang stabil selama tinggal di Korea. Jadi tunggu lagi, kirim uang sekarang dan nikmati hidup Anda di Korea tanpa rasa khawatir!

Biaya Hidup di Korea Mahal Cek Faktanya di sini!

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!