Biaya Hidup di Kamboja dan Tips Hematnya

biaya hidup di kamboja

Kamboja merupakan salah satu negara yang terletak di Kawasan Asia Tenggara, dan dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki biaya hidup murah. Biaya hidup tersebut mencakup biaya untuk makanan, minuman, transportasi, tempat tinggal, dan berbagai kebutuhan lainnya. 

Namun, apakah biaya hidup di Kamboja lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Kebutuhan Hidup di Kamboja

Kebutuhan hidup di Kamboja sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi tempat tinggal, pendapatan, dan gaya hidup masing-masing individu. Meskipun kebutuhan pangan, perumahan, kesehatan, pendidikan, air bersih, lapangan kerja, dan keamanan merupakan kebutuhan dasar yang umum, akses terhadapnya sering kali tidak merata di seluruh negara. 

Meskipun Kamboja telah mengalami kemajuan dalam beberapa aspek seperti pendidikan dan kesehatan, tantangan seperti kurangnya fasilitas dan upah yang rendah masih menjadi masalah yang dihadapi oleh sebagian besar penduduknya, terutama mereka yang menetap di wilayah pedesaan.

Berapa Biaya Hidup di Kamboja?

Biaya hidup di Kamboja dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, gaya hidup, dan kebutuhan individu atau keluarga. Namun, berikut ini adalah estimasi biaya hidup di Kamboja untuk beberapa situasi.

Biaya Hidup di Kamboja Untuk Pekerja

Untuk estimasi biaya sewa tempat tinggal bagi pekerja sekitar $100 hingga $500 per bulan tergantung pada lokasi dan jenis akomodasi yang Anda pilih. Sementara untuk biaya makanan sekitar $100 hingga $200 per bulan untuk makanan dasar belum termasuk biaya beli kopi, jajan dan sebagainya. 

Untuk menghemat biaya Anda selama menetap di Kamboja disarankan untuk menggunakan transportasi umum dengan estimasi biaya yang dikeluarkan yaitu sekitar $20 hingga $50 per bulan. Sementara untuk biaya utilitas seperti biaya listrik, air, internet sekitar $30 hingga $50 per bulan.

Biaya Hidup di Kamboja Untuk Keluarga

Estimasi biaya hidup di Kamboja untuk keluarga tentu berbeda dengan biaya hidup pelajar maupun pekerja. Untuk biaya sewa tempat tinggal tentu akan lebih tinggi tergantung pada ukuran rumah dan lokasi tempat Anda tinggal. 

Biaya makanan juga cenderung akan lebih tinggi tergantung pada jumlah anggota keluarga. Selain biaya kebutuhan pokok sehari-hari, biaya pendidikan juga dapat menjadi faktor tambahan pengeluaran bagi keluarga yang ingin menetap di Kamboja.

也阅读: Rincian Biaya Hidup di Taiwan dan Cara Menghematnya

Biaya Hidup di Kamboja Untuk Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa yang menetap di Kamboja biaya sewa tempat tinggal sekitar $50 hingga $200 per bulan untuk kos atau asrama. Biaya makanan sekitar $50 hingga $100 per bulan tergantung pada pola makan dan gaya hidup masing-masing individu. 

Biaya transportasi sekitar $10 hingga $30 per bulan untuk transportasi umum dan untuk biaya keperluan pendidikan seperti buku dan biaya pendidikan lainnya dapat bervariasi tergantung pada program studi yang diambil.

Perlu diingat juga bahwa nominal di atas hanya perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu seperti lokasi dan gaya hidup masing-masing individu.

Estimasi Biaya Sehari-Hari di Kamboja

Biaya Makan

Perkiraan biaya makan per hari di Kamboja yaitu sekitar $3 hingga $10 tergantung pada tempat makan dan pilihan menu. Makanan jalanan atau di warung lokal biasanya lebih terjangkau daripada restoran mewah.

Biaya Transportasi

Biaya transportasi harian berkisar antara $1 hingga $5 tergantung pada jenis transportasi yang digunakan. Transportasi umum seperti bus atau tuk-tuk biasanya lebih murah daripada taksi. Penggunaan sepeda motor pribadi juga membutuhkan biaya tambahan untuk bahan bakar dan perawatan.

Biaya Asuransi

Biaya asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan dapat bervariasi tergantung pada jenis polis, cakupan, dan penyedia layanan. Perkiraan biaya asuransi per hari bisa berkisar antara $1 hingga $5 atau lebih, tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain dapat mencakup pengeluaran untuk keperluan sehari-hari seperti barang-barang kebutuhan pribadi, kegiatan rekreasi atau hiburan, dan biaya-biaya kecil lainnya. Perkiraan biaya ini bisa bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu, namun biasanya berkisar antara $1 hingga $10 atau lebih per hari.

Tips Hemat Biaya Hidup di Kamboja

Bagi kaum pelajar yang sedang menetap di Kamboja dan ingin meminimalisir pengeluaran biaya hidup Anda, berikut beberapa tips yang dapat diberikan untuk menghemat biaya hidup selama menetap di Kamboja:

  1. Cari tempat tinggal yang sesuai dengan anggaran Anda, baik itu kos, asrama, atau apartemen yang terjangkau. Berbagi tempat tinggal dengan teman atau rekan kerja juga bisa menjadi opsi untuk mengurangi biaya sewa.
  2. Makan di warung atau restoran lokal bisa lebih murah jika dibandingkan makan di tempat wisata atau restoran internasional. Cobalah makanan lokal dan jajanan khas Kamboja untuk pengalaman kuliner yang autentik dan terjangkau.
  3. Hindari menggunakan taksi jika memungkinkan, kalian dapat memanfaatkan transportasi umum seperti bus atau tuk-tuk untuk perjalanan sehari-hari. 
  4. Berbelanjalah di pasar lokal untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk membeli keperluan sehari-hari seperti makanan, buah-buahan, sayuran, dan barang rumah tangga lainnya.
  5. Jika berbelanja di pasar atau toko lokal, jangan ragu untuk menawar harga barang. Tawar menawar adalah bagian dari budaya belanja di Kamboja dan bisa membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih baik.
  6. Cari kegiatan rekreasi atau hiburan yang gratis atau murah seperti berjalan-jalan di taman, bersepeda, atau mengunjungi museum dan galeri seni yang memiliki biaya masuk yang terjangkau.

Kota-Kota Termurah di Kamboja

Berikut merupakan beberapa kota termurah di Kamboja yang dapat menjadi pilihan Anda untuk meminimalisir biaya hidup Anda selama menetap di Kamboja:

Siem Reap

Siem Reap di Kamboja dikenal sebagai tujuan wisata yang murah karena beberapa alasan. Pertama, keberadaan Angkor Wat, situs warisan dunia UNESCO, menarik banyak wisatawan, menciptakan persaingan bisnis yang ketat dan harga yang lebih terjangkau. 

Kedua, biaya hidup lokal yang rendah turut mempengaruhi harga barang dan layanan di pasar lokal, membuatnya terjangkau bagi wisatawan. Ketiga, ketersediaan opsi akomodasi, restoran, dan layanan yang terjangkau memberi banyak pilihan bagi wisatawan dengan anggaran terbatas. Hal ini membuat Siem Reap menjadi salah satu destinasi wisata yang ramah kantong di Asia Tenggara.

Battambang

Battambang merupakan kota terbesar kedua di Kamboja dan terkenal dengan keindahan arsitektur kolonial Prancis serta kehidupan malam yang aktif. Meskipun memiliki fasilitas yang cukup lengkap, Battambang masih dianggap sebagai salah satu kota termurah di Kamboja karena biaya hidup yang relatif rendah, terutama dalam hal akomodasi dan makanan.

Kampot

Kampot terletak di sepanjang Sungai Kampot yang indah, terkenal dengan kebun lada dan alam yang menakjubkan. Kota ini menawarkan suasana yang lebih tenang dan santai jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Kamboja. Biaya hidup di Kampot cenderung lebih rendah karena tidak sepopuler tempat wisata lainnya di negara ini, sehingga akomodasi, makanan, dan hiburan lebih terjangkau.

Koh Kong

Koh Kong adalah kota pelabuhan utama di Kamboja yang terletak di pesisir barat daya negara ini. Meskipun Koh Kong memiliki potensi pariwisata yang besar, namun sebagian besar wilayahnya masih belum populer di industri pariwisata, sehingga biaya hidup di sini cenderung lebih rendah. Akomodasi, makanan, dan transportasi umum di Koh Kong seringkali lebih terjangkau daripada di kota-kota lain yang lebih populer.

Faktor-faktor seperti tingkat pariwisata, kepadatan penduduk, dan tingkat persaingan bisnis mempengaruhi biaya hidup di setiap kota di Kamboja. Kota-kota yang jarang dikunjungi oleh wisatawan sering menawarkan biaya hidup yang lebih terjangkau bagi penduduk lokal dan wisatawan.

Setelah memperoleh informasi mengenai perkiraan biaya hidup dan tips memilih tempat tinggal di Kamboja, apakah Anda semakin yakin untuk menetap di sana? Tentu saja, biaya hidup menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk menetap di suatu tempat.

Jika Anda memerlukan layanan pengiriman uang ke Kamboja, Easylink adalah jawabannya! Kirim uang ke Kamboja dengan Easylink jadi lebih aman, mudah dan cepat. Dengan biaya yang terjangkau dan proses yang cepat, Anda dapat memastikan biaya kebutuhan hidup yang stabil selama tinggal di Kamboja. Jadi tunggu apa lagi, kirim uang sekarang dan nikmati kemudahannya dengan Easylink!

easylink call to action blog

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!