菲律宾生活费用详情:比印度尼西亚便宜?

biaya hidup di filipina

Filipina merupakan salah satu negara di asia tenggara yang menjadi tujuan untuk tempat berpariwisata baik untuk penduduk lokal maupun turis dari luar negeri. Selain menjadi tujuan untuk pariwisata, Filipina juga menjadi salah satu tujuan masyarakat luar untuk melanjutkan pendidikan dan bekerja di sana. 

Hal tersebut dikarenakan kualitas pendidikan yang tersedia tidak kalah bagus dengan negara asia tenggara lainnya dan biaya hidup yang relatif lebih murah yang membuat Filipina menjadi daya tarik masyarakat luar negeri.

Untuk Anda yang berencana bekerja, melanjutkan pendidikan atau menetap disana tentu Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal salah satunya adalah kira-kira berapa biaya hidup di Filipina? Jangan khawatir bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai estimasi biaya hidup di Filipina simak informasi dibawah ini ya!

Biaya Hidup di Filipina

Biaya hidup di Filipina relatif lebih rendah dan terjangkau jika dibandingkan negara-negara di asia tenggara lainnya seperti Singapura dan bahkan Indonesia. Untuk mengetahui lebih dalam estimasi biaya hidup di Filipina, berikut merupakan rinciannya:

Biaya Transportasi

Biaya hidup di Filipina meliputi biaya transportasi yang membantu mobilitas. Moda transportasi seperti taksi online, taksi konvensional, dan jeepney yang merupakan angkutan umum lokal tersedia sebagai opsi transportasi yang dapat diandalkan. Tarif perjalanan dengan jeepney sekitar 8 PHP atau sekitar Rp2.200,-, sedangkan tarif taksi adalah sekitar 15 PHP atau sekitar Rp 4.154,- per kilometer.

Biaya Akomodasi

Pertimbangan utama pertama dalam biaya hidup biasanya terkait dengan biaya akomodasi. Apakah prioritasnya lokasi dekat dengan kantor atau kampus, atau lebih mengutamakan harga sewa yang lebih terjangkau? Biaya hidup di Filipina seringkali menimbulkan dilema terkait hal ini.

Sewa apartemen yang nyaman dan baik di kota-kota besar di Filipina biasanya berkisar antara 30.000 PHP hingga 45.000 PHP per bulan atau sekitar Rp 8.200.000,- hingga Rp 12.400.000,-. Untuk apartemen studio, diperlukan anggaran sekitar 12.000 hingga 21.000 PHP per bulan. Di sisi lain, apartemen mewah biasanya disewakan sekitar 50.000 PHP per bulan.

Di kota-kota kecil, biaya sewa apartemen cenderung lebih rendah. Untuk menghemat biaya hidup, opsi untuk menyewa apartemen bersama juga bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa di Filipina.

Tagihan Utilitas

Pertimbangan biaya utilitas sangat penting dalam perhitungan biaya hidup. Biaya hidup bagi keluarga mungkin cenderung lebih tinggi daripada individu yang belum menikah karena tergantung pada penggunaan dan jumlah anggota keluarga. Rata-rata, tagihan utilitas bulanan yang mencakup air, listrik, dan pengelolaan sampah berkisar antara 6.300 PHP sampai 7.300 PHP atau sekitar Rp1.700.000,- hingga Rp 2.000.000,-.

Untuk tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia, diperlukan alokasi biaya sekitar 7 PHP hingga 8 PHP per menit untuk panggilan telepon. Rata-rata biaya kuota internet sekitar 730 PHP per bulan. Sementara untuk akses wifi, biaya bulanan bervariasi, dimulai dari 2.000 PHP hingga 2.500 PHP dengan paket yang sudah termasuk akses unlimited.

Biaya Kebutuhan Bulanan di Filipina

Diperlukan belanja rutin untuk kebutuhan sehari-hari seperti bahan memasak, camilan, perlengkapan mandi, dan lainnya. Rata-rata, harga beras di Filipina adalah sekitar 50 PHP (setara dengan sekitar Rp 13.000,- per kilogram. Sementara harga satu buah roti kadang-kadang kurang dari 50 PHP. Di samping itu, berikut adalah kisaran harga beberapa bahan makanan lainnya:

  • Susu sekitar 90 PHP per liter
  • Sayuran sekitar 90 PHP per kilogram
  • Telur sekitar 95 PHP per lusin
  • Ayam sekitar 200 PHP per kilogram
  • Air minum kemasan: sekitar 35 PHP per botol 1,5 liter

Dalam perhitungan, rata-rata biaya hidup di Filipina per bulan untuk kebutuhan bulanan berkisar antara 10.000 PHP hingga 20.000 ribu PHP.

也阅读: 11 Daftar E-Wallet Terbaik di filipina

Harga Makanan di Filipina

Bagi Anda yang sedang bekerja atau melanjutkan pendidikan di Filipina dan ingin meminimalisir pengeluaran Anda selama di Filipina, salah satu caranya yaitu dengan memasak makanan sendiri. 

Seperti yang sebelumnya kalian baca bahwa belanja bahan makanan di Filipina dapat menghabiskan biaya sekitar 10.000-20.000 ribu PHP tergantung pada kebutuhan bahan dasar makanan yang Anda beli. Sedangkan apabila Anda makan di restoran satu kali makan akan menghabiskan biaya sekitar 150-250 PHP. 

Biaya Gaya Hidup di Filipina per Bulan

Penting untuk mempertimbangkan estimasi biaya gaya hidup sebelum memutuskan untuk tinggal di Filipina karena biaya ini bisa berbeda bagi setiap orang. Sebagai contoh, biaya makan restoran di Filipina lebih tinggi dibandingkan dengan biaya di Indonesia. Untuk informasi lebih rinci, berikut adalah perkiraan biaya gaya hidup yang mungkin diperlukan selama di Filipina:

  • Harga pakaian bermerek berkisar antara Rp 220.000,- hingga Rp 700.000,-
  • Sepatu kulit kisaran harga sekitar Rp 417.000,- hingga Rp1.600.000,-
  • Biaya langganan fitness club per bulan sekitar Rp 280.000,- hingga lebih dari Rp1.000.000,- 
  • Sewa lapangan tenis per jam sekitar Rp 55.000,- hingga Rp 91.000,-
  • Tiket nonton bioskop sekitar Rp 70.000,- hingga Rp 125.000,-
  • Makan untuk 2 orang di restoran kelas menengah sekitar Rp 200.000,- hingga Rp 700.000,-
  • Makanan cepat saji berkisar antara Rp 40.000,- hingga Rp 55.000,-
  • Harga bir ukuran 0,5 Liter berkisar antara Rp14.000,- hingga Rp 70.000,-

Biaya Pendidikan di Filipina

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Filipina selain estimasi biaya kehidupan di sana, kalian juga perlu memperhatikan biaya pendidikan di Filipina. Filipina memiliki universitas-universitas yang tidak kalah bagus dengan negara asia tenggara lainnya.

Pelajar internasional yang tinggal di asrama harus membayar biaya program dan fasilitas tinggal dua minggu sebelum dimulainya kelas. Biaya tersebut berkisar antara Rp 12.000.000,- hingga Rp 22.000.000,-. Biaya pendaftaran yang dibayarkan di awal akan menjadi deposit dan akan dikembalikan oleh agen jika biaya kuliah telah dibayar sepenuhnya oleh siswa. Kisaran biaya pendaftaran berkisar antara Rp 1.500.000,- hingga Rp 2.000.000,- tergantung pada universitas mana yang Anda pilih.

Kebutuhan Lain

Biaya kebutuhan lain yang dimaksud adalah biaya untuk pembelian perabotan tempat tinggal, pembelian baju, hiburan, dan keperluan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Anda perlu menyisihkan setidaknya 5.000 PHP atau setara dengan Rp 1.300.000,- dalam sebulan. Sedangkan untuk kebutuhan hiburan Anda setidaknya perlu menyisihkan uang setidaknya 1.000 PHP atau setara dengan Rp 275.000,- dalam sehari.

Tips Hemat di Filipina

Setelah mengetahui estimasi biaya kebutuhan di Filipina bagaimana menurut Anda? Apakah lebih murah? Jawabannya tentu benar, dapat Anda lihat bahwa estimasi biaya kehidupan di Filipina relatif murah. Nah, bagi Anda yang ingin menabung selama di sana berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya hidup selama tinggal atau menetap di Filipina:

  • Pilih lokasi tinggal yang berdekatan dengan kampus atau tempat kerja untuk menghindari kemacetan.
  • Pilih sayuran dan buah-buahan lokal karena harganya lebih ekonomis.
  • Hemat penggunaan listrik, air, dan pemanas ruangan dengan mematikannya saat tidak digunakan.
  • Pertimbangkan untuk menyewa apartemen bersama teman sekamar atau sekelas.
  • Memasak sendiri akan lebih menghemat, namun tak ada salahnya sesekali makan di restoran atau menghabiskan waktu di kafe.

Perlu diingat bahwa biaya hidup di kota besar Filipina seperti Manila atau Quezon bisa lebih tinggi dalam beberapa aspek. Jika biaya Anda terbatas, mempertimbangkan untuk tinggal di kota-kota kecil bisa menjadi alternatif yang lebih bijak.

Nah, gimana? Setelah mengetahui estimasi biaya hidup di Filipina apakah Anda sudah mempertimbangkan untuk tetap memilih Filipina sebagai tujuan melanjutkan pendidikan dan tempat kerja Anda di masa depan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk hidup di Filipina selain memiliki biaya kehidupan yang terjangkau Anda juga dapat mengirim uang dari Indonesia ke Filipina dengan Easylink. Dengan Easylink kirim uang ke Filipina jadi lebih aman, mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi kirim uang ke Filipina dengan Easylink sekarang juga!

form newsletter

时事通讯注册

立即注册以获取 Easylink 的最新文章!