FAQ

Transfer Dana

Berikut langkah transaksi di Easylink:
1. Transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi Easylink yang dapat diunduh dari Appstore/Playstore ataupun melalui website easylink.id
2. Login ke akun Easylink Anda
3. Klik menu “Kirim Uang” atau “Transfer”
4. Pilih mata uang tujuan
5. Masukkan nominal pengiriman dana, sistem kami akan menampilkan rate saat itu dan mengkalkulasi nilai IDR
6a. Untuk transaksi melalui aplikasi, klik “select recipient”
6b. Untuk transaksi melalui website, klik “transfer now”
8. Masukkan data penerima dana, pastikan dana sudah sesuai
9. Baca kotak deklarasi persetujuan pelanggan dan klik konfirmasi
10. Pilih metode pembayaran lalu klik lanjutkan
11. Silahkan lakukan pembayaran sesuai waktu yang tertera

Perkiraan waktu proses transaksi selesai bervariasi berdasarkan mata uang tujuan, dengan estimasi yaitu dalam menit atau pada hari kerja yang sama. Mohon hubungi Customer Support kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut +6281188813889

Anda dapat melihat biaya transaksi di Easylink melalui langkah berikut:

  1. Kunjungi website https://easylink.id/.
  2. Pada bagian “Exchange Rate Calculator”, klik bagian “select country”.
  3. Masukkan nama negara asing dan pilih mata uang asing.
  4. Biaya transaksi akan tampil pada bagian “Admin Fee”.

Biaya transaksi/ biaya admin ditanggung oleh pengirim dan dibayarkan pada saat melakukan transaksi.

Tracking transaksi dapat dilakukan dengan mengakses menu “report” pada akun Easylink. Transaksi yang gagal akan diinformasikan pada menu ini.

Syarat dan ketentuan transfer khusus untuk transaksi ke China

Jika menggunakan Akun Bank, untuk di Negara China, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Penerima harus memiliki kartu identitas PRC (Republik Rakyat Tiongkok) dan kartu debit China UnionPay. Batas per transaksi di bawah USD 3.000. Terbatas hingga 2 transaksi per penerima per hari, dengan batas tahunan USD 50.000 sesuai peraturan SAFE.
  • Kami sarankan Anda memberitahu penerima bahwa jika mereka belum pernah menerima pengiriman internasional sebelumnya, mintalah mereka untuk menyelesaikan proses verifikasi terlebih dahulu sebelum Anda mengirim uang ke penerima. Penerima hanya perlu melakukan proses verifikasi sekali (jika penerima selalu menggunakan kartu bank yang sama untuk menerima pengiriman, jika tidak, penerima perlu melakukan verifikasi kembali). Silakan pindai kode QR di bawah ini atau klik link 【verifikasi KYC】 untuk verifikasi KYC (Know Your Customer).china-bank-qr-code
  • Jika penerima memilih untuk mendaftar akun setelah instruksi transaksi dibuat, penerima akan menerima SMS dari China UnionPay dengan link pendaftaran yang diberikan.
  • *Link pendaftaran akun yang dikirim melalui SMS akan kedaluwarsa dalam waktu 72 jam sejak diterima oleh penerima. Jika penerima tidak melakukan verifikasi dalam waktu 72 jam, transaksi akan dibatalkan dan uang akan dikembalikan.

Informasi Tambahan

  • Kami menyarankan menggunakan kartu debit tipe I untuk menghindari batasan tambahan yang diberlakukan oleh bank penerbit untuk kartu debit tipe II. Batasan kartu debit tipe II adalah RMB 10.000/hari dan RMB 200.000/tahun dan mungkin mengalami pembalikan.
  • Jika kartu identitas nasional/penerima kadaluarsa, maka transaksi akan ditahan oleh bank dan uang tidak dapat dikembalikan. Transaksi akan diproses lagi setelah kartu identitas/bank diperbarui.
  • Karena kebijakan kepatuhan yang ketat dari Tiongkok, beberapa akun mungkin dibekukan baik oleh bank atau kepolisian jika terdapat masalah yang terdeteksi. Jika informasi tambahan diperlukan untuk transaksi transfer Anda, kami akan memberi tahu Anda melalui email. Mohon berikan informasi yang diperlukan dengan segera. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi layanan pelanggan.

Jika menggunakan Alipay, yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Hanya untuk warga negara Tiongkok dan pengguna wajib mendaftarkan dompet Alipay mereka dengan nomor telepon atau alamat email yang valid.
  • Penerima harus memiliki kartu debit UnionPay yang valid (tipe I disarankan) di Tiongkok dan berhasil mengaitkan kartu bank mereka dengan dompet Alipay mereka.
  • Pilih kartu yang terkait: Penerima harus memilih kartu bank yang terhubung dengan dompet Alipay mereka untuk menerima pengiriman dalam waktu 72 jam setelah menerima pemberitahuan pengiriman pertama. Pengiriman selanjutnya akan dikirimkan ke kartu yang dipilih secara default.
  • Untuk mengganti kartu penerimaan: jika kartu yang terhubung saat ini mengalami masalah, atau akun bank yang terhubung dengan kartu tersebut mengalami masalah, penerima akan memiliki waktu hingga 72 jam untuk mengganti kartu bank lain untuk menerima pengiriman setelah menerima pemberitahuan di aplikasi. Penerima memiliki kesempatan tidak terbatas untuk mengganti kartu. Silakan buka halaman utama dompet Alipay dan klik “闪速收款” > “去设置”, lalu pilih kartu yang ingin Anda gunakan untuk menerima pengiriman.
  • Pastikan tujuan transaksi dan hubungan antara pengirim dan penerima relevan.
  • Data penerima minimum yang diperlukan:
    • Nama Tionghoa dalam pinyin (huruf Latin), nama terdaftar kartu debit UnionPay.
    • ID dompet Alipay yang valid: (baik alamat email maupun nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar dompet).
    • Format nomor CN: nomor ponsel lokal.
    • Format nomor ponsel internasional: kode negara-nomor lokal.
  • Silahkan kirimkan dokumen pendukung apapun untuk memenuhi persyaratan regulasi dan kebijakan dari Tiongkok jika Alipay meminta seperti faktur, perjanjian, sertifikat pernikahan/keluarga, dll.
  • Penerima akan menerima pemberitahuan SMS dan panggilan suara dari Alipay setelah menerima pengiriman.
  • Penerima harus memilih kartu bank (tipe I disarankan) untuk dana diterima dalam waktu 72 jam setelah menerima pemberitahuan pengiriman pertama.

Informasi Tambahan

  • Pengeluaran keluarga/mengirim ke diri sendiri: hingga 50.000 CNY per transaksi, maksimum 5 transaksi per periode 30 hari berjalan.
  • Pembayaran Pembelian Barang: hingga 50.000 CNY per transaksi, maksimum 50.000 USD per tahun.
  • Pembayaran Jasa: hingga 50.000 CNY per transaksi, maksimum 50.000 USD per tahun.
  • Batas harian yang dapat Anda transfer adalah 20.000 CNY per penerima dan batas tahunan yang dapat Anda transfer adalah 50.000 USD per penerima.
  • Namun, harap perhatikan bahwa setiap pengguna Alipay memiliki batasan transaksi yang berbeda. Pastikan Alipay penerima cukup untuk menerima uang.

Syarat dan ketentuan transfer khusus untuk transaksi ke Korea Selatan

  • KYC (Know Your Customer) diperlukan saat transfer tunggal ≥ KRW 1.000.000.
  • Tautan KYC akan dikirimkan langsung kepada penerima melalui SMS, dan penerima perlu memilih salah satu jenis ID (Kartu ID (Korea) / SIM (Korea) / Kartu Tinggal Asing) atau paspor, serta mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dan menunggu verifikasi selesai.
  • Paspor akan diverifikasi secara otomatis secara real-time. ID lainnya mungkin memerlukan verifikasi manual.
  • Tautan KYC memiliki masa berlaku selama 5 hari. Transfer akan kadaluarsa(dibatalkan) setelah periode ini.
  • Pemberitahuan melalui SMS: Jika proses KYC gagal (masalah dengan kualitas gambar kartu ID / upload).
  • Batas maksimum penerimaan tahunan adalah KRW 50.000.000.

Untuk transaksi yang sudah berjalan tidak dapat diganti atau dibatalkan.

Anda akan menerima email setiap kali terdapat pembaharuan status transaksi Anda.

Dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen berisikan informasi tujuan transaksi seperti Invoice, surat persetujuan, kontrak, dll.

Pengiriman dana dari Individu ke rekening bisnis tersedia pada beberapa negara tujuan, Berikut adalah daftar negara & mata uang tujuan untuk transaksi individu ke rekening bisnis:

  1. European Country SEPA (EURO)
  2. Hong Kong (Hong Kong Dollar)
  3. Japan (Yen)
  4. Korea (Korean Won)
  5. Malaysia (Malaysian Ringgit)
  6. Philippines (Philippines Peso)
  7. Singapore (Singapore Dollar)
  8. Thailand (Thailand Baht)
  9. United Kingdom (British Great Pound Sterling)
  10. USD Global (170+ Country)
  11. USA (US Dollar)