10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas India

oleh-oleh khas india

Ketika Anda sedang berlibur ke luar negeri, rasanya ada yang kurang apabila kita tidak membeli oleh-oleh khas negara tersebut. India merupakan salah satu negara yang memiliki kunjungan wisata yang cukup tinggi, dengan keindahan serta sejarahnya yang memukau yang menjadikan India sebagai negara tujuan untuk berlibur.

Selain keindahan alam dan sejarah bangunannya yang memukau, oleh-oleh khas India pun tak kalah digemari oleh wisatawan yang sedang berkunjung kesana. Dari kain sari yang cantik dan memukau hingga rempah-rempah India yang khas pun banyak digemari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas rekomendasi oleh-oleh khas India serta keragaman makanan khas India yang wajib kalian ketahui sebelum Anda berlibur kesana.

Oleh-Oleh Khas India

Setiap wilayah di India menghasilkan kerajinan khasnya sendiri. Delhi terkenal dengan rempah-rempah dan bumbu serta shawl pashmina, sementara di Jaipur dan Udaipur terkenal sebagai pusat produksi lukisan.

Sedangkan Kolkata dikenal sebagai penghasil tekstil. Jika Anda bingung untuk membeli oleh-oleh apa pada saat berlibur ke India, berikut rekomendasi oleh-oleh khas India:

Kain Sari

Saat mengunjungi India sepertinya kurang lengkap apabila tidak membeli kain sari. Setidaknya apabila berlibur ke India setidaknya Anda membeli satu kain sari. Pakaian ini adalah kebanggaan perempuan India yang telah dikenal hampir di seluruh dunia. Kain sari ini terkenal berasal dari Kolkata dan Varanasi.

Pashmina

Shawl pashmina dari India terkenal karena kelembutannya dan memberikan kehangatan dan kenyamanan pada saat Anda menggunakannya. Srinagar di Kashmir terkenal sebagai produsen pashmina terkemuka, namun mudah ditemukan di pasar-pasar Delhi dan Jaipur.

Kain Tenun

Tekstil India memiliki reputasi yang sudah diakui secara global, terutama kain tenun yang dikerjakan dengan detail. Karena telah diakui secara global kalian dapat membelikan oleh-oleh kain tenun khas India ini.

Perhiasan

Masyarakat India terkenal dengan kecintaan mereka pada perhiasan yang memukau. Jika Anda tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat di mana Anda dapat menemukan perhiasan cantik, pasar-pasar di kota-kota seperti Mumbai, Delhi, Jaipur, dan Goa adalah destinasi yang sempurna. 

Di sana, Anda akan menemukan berbagai macam perhiasan yang mencerminkan keindahan dan kekayaan warisan budaya India, menawarkan pengalaman berbelanja yang memuaskan.

Bumbu dan Rempah Khas India

India telah dikenal sebagai pusat rempah-rempah yang kaya akan keanekaragaman aromatik. Untuk membawa pulang kekayaan rempah khas India, Anda dapat mengeksplorasi pasar bumbu yang menarik di dua kota, yaitu Delhi dan Cochin (Kochi). 

Di sana Anda dapat menikmati pengalaman berbelanja yang menyanangkan dan menemukan beragam rempah-rempah berkualitas tinggi yang menjadi ciri khas India.

Minyak Esensial

Untuk membawa pulang minyak esensial India, kunjungilah Mysuru yang terkenal dengan produk kayu cendana. Alternatifnya, minyak esensial juga dapat ditemukan di Auroville, sebuah kota spiritual di Tamil Nadu.

Seni Ukiran Kayu

Rajasthan, terutama di kota-kota Jodhpur dan Udaipur, terkenal dengan seni ukiran kayu yang menakjubkan di berbagai produk seperti furnitur dan patung. Dua kota ini menjadi pusat keahlian seni ukir kayu yang menciptakan karya seni berkelas dan unik, memperkaya budaya dan keindahan artistik wilayah tersebut.

Teh Darjeeling dan Assam

Daerah penghasil teh Darjeeling dan Assam menawarkan teh otentik yang tak boleh dilewatkan. Namun, teh ini juga mudah ditemukan di kota-kota besar. Bagi pecinta teh, membawa pulang Teh Darjeeling dan Assam adalah cara yang baik untuk merayakan dan mengapresiasi kekayaan teh India.

Keramik Khas Khurja

Khurja di Uttar Pradesh terkenal dengan kerajinan tembikar atau keramiknya yang dihiasi dengan tangan. Produk keramik termasuk mangkuk, piring, dan hiasan dekoratif.

Lukisan Miniatur

Lukisan Miniatur India adalah oleh-oleh khas yang menawan karena mewakili kekayaan budaya dan tradisi India dalam detail yang luar biasa. Dengan menceritakan cerita mitologi dan sejarah, serta memperlihatkan keindahan arsitektur dan kehidupan sehari-hari, lukisan ini menangkap esensi India dengan palet warna berani dan keterampilan tangan yang tinggi.

Baca Juga: Kirim Uang ke India Dengan Aman, Cepat dan Mudah

Makanan Khas India

India merupakan negara yang kaya akan budaya dan kuliner. Ada banyak makanan khas India yang wajib dicoba baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Berikut ini adalah 8 makanan khas India yang wajib dicoba:

Masala Dosa

Masala dosa merupakan salah satu makanan khas India yang paling populer. Masala Dosa adalah sejenis pancake tipis yang terbuat dari adonan fermentasi yang diisi dengan kentang berbumbu (masala). 

Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras dan lentil yang dipanggang di atas wajan panas. Masala dosa biasanya disajikan dengan chutney, sambar, dan kari sehingga dapat menciptakan kombinasi rasa yang lezat.

Chaat

Chaat adalah makanan ringan khas India yang terbuat dari berbagai macam bahan, seperti kentang, kacang-kacangan, tepung gram, sayuran, yogurt. 

Chaat biasanya disajikan dengan chutney dan bumbu-bumbu lainnya. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebut dapat menciptakan rasa yang segar, manis, asam, dan pedas sekaligus, menciptakan ledakan rasa di lidah.

Dal Makhani

Dal Makhani adalah hidangan sup kacang hitam dan kacang merah yang dimasak dalam saus krim dan tomat. Sup ini terbuat dari kacang hitam, krim, susu, dan rempah-rempah. Rasanya kaya, lembut, dan penuh rempah, sering dihidangkan dengan nasi, roti naan atau roti tawar.

Vada Pav

Vada pav adalah burger atau sandwich khas India yang terbuat dari adonan roti dan vada (patty yang terbuat dari kacang hijau) yang digoreng dan disajikan dalam roti pav dengan saus dan chutney. Vada pav biasanya disajikan dengan chutney dan sambar.

Paratha

Paratha adalah roti khas India yang terbuat dari adonan tepung gandum. Roti ini biasanya dimasak di atas wajan panas dengan mentega atau minyak. Paratha bisa disajikan dengan berbagai macam topping, seperti kari, telur, keju, yoghurt atau chutney.

Dhokla

Dhokla adalah sejenis kue kukus yang terbuat dari tepung gram yang difermentasi. Hidangan ringan ini disajikan dengan saus hijau dan kadang-kadang disertai dengan kelapa parut.

Tandoori Chicken

Tandoori Chicken adalah ayam yang dipanggang dalam oven tandoor. Ayam ini biasanya dibumbui dengan rempah-rempah, seperti kunyit, cabai, dan ketumbar sehingga dapat memberikan cita rasa yang unik dan lezat serta memiliki aroma rempah yang cukup kuat. Ayam ini sering disajikan dengan nasi, naan atau roti.

Pani Puri

Pani Puri adalah camilan ringan yang terdiri dari bola tepung yang diisi dengan kentang, kacang, dan saus cuka segar. Makanan ini biasanya disajikan dengan air kaldu yang dingin dan menyegarkan. Camilan ini harus dimakan sekaligus untuk menikmati sensasi meletupkan rasa segar di mulut.

Baca Juga: Apa Itu IFSC Code? Berikut Penjelasannya

Melalui artikel ini, kita telah menjelajahi kekayaan oleh-oleh khas India yang mencakup seni, kerajinan, serta bermacam-macam jenis makanan yang tidak kalah menarik. Dari kain sari eksklusif hingga rempah-rempah yang bermutu tinggi. 

Selain itu, rekomendasi oleh-oleh dan hidangan khas India yang beragam juga dapat menjadi panduan bagi mereka yang ingin membawa pulang potongan keindahan dan rasa dari tanah yang kaya budaya ini. 

Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin sudah tidak akan bingung lagi untuk menentukan makanan serta oleh-oleh apa saja yang nanti akan dibeli pada saat berlibur ke India.