Apa Itu Routing Number dan Fungsinya Bagi Transaksi Keuangan

routing-number

Pernah mendengar istilah ‘Routing Number’ di dunia perbankan? Jangan panik dulu, disini kalian akan dijelaskan apa sih sebenernya ‘Routing Number’ itu. Biar gak bingung pas lagi urus rekening bank, yuk simak dan baca sampai akhir ya! 

Apa itu Routing Number?

Routing Number adalah sejenis kode unik yang dimiliki oleh setiap bank. Kode ini digunakan untuk memudahkan kalian dalam melakukan transaksi, seperti halnya untuk mengirimkan uang dari satu tempat ke tempat lain.

Jadi, apabila kalian ingin melakukan transaksi, ‘Routing Number’ ini lah kunci agar uang kalian dapat ke tujuan dengan benar. Untuk itu penting banget tahu dan paham soal ‘Routing Number’ ini! 

Fungsi Routing Number

Fungsi ‘Routing Number’ ini penting banget dalam sistem perbankan. Dimana dia akan ditugaskan untuk mengidentifikasi bank atau lembaga keuangan asal. 

Selain itu, kode ini membantu memastikan bahwa dana yang kalian transfer atau diterima diteruskan dengan tepat ke rekening tujuan yang benar. Sederhananya, ‘Routing Number’ adalah sistem alamat yang memandu dan memastikan arus dana dalam sistem perbankan.

Jadi, ‘Routing Number’ ini benar-benar jadi jalan utama agar transaksi finansial kalian dapat berjalan dengan mulus. Keren kan? 

Perbedaan  Routing Number dengan Swift Code

Ketika berbicara tentang memahami dunia transaksi keuangan, dua kode yang seringkali menjadi bahan perbincangan adalah ‘Routing Number’ dan ‘Swift Code’. Meskipun keduanya bertujuan untuk memandu arus dana, namun perbedaan mendasar terletak pada jangkauan dan peruntukannya.

Routing Number berfungsi untuk memperlancar arus dana domestik sebagai peta jalan khusus yang membimbing uang dari satu kota ke kota lain dalam satu negara, khususnya di Amerika Serikat. 

Di sisi lain, Swift Code adalah kunci akses global. Dapat digambarkan seperti halnya paspor elektronik untuk uang kalian, dan memungkinkan transaksi di tingkat internasional. Swift Code adalah jembatan antara bank di berbagai negara.

Keduanya memiliki peran penting dalam memfasilitasi transaksi keuangan di era globalisasi ini. Jadi, kalian wajib paham fungsi dan perbedaan keduanya untuk memastikan setiap uang yang kalian kirimkan tiba dengan aman dan cepat di tujuan yang tepat! 

routing-number-banner

Bentuk Kode

Perbedaan lain terletak pada format kode yang digunakan. Routing Number biasanya terdiri atas 22 sampai 30 rangkaian angka hingga huruf, Sementara untuk Swift Code ini hanya memiliki angka kode yang terdiri dari rangkaian huruf saja.

Tujuan Penggunaannya

Perbedaan antara Routing Number dan Swift Code juga mencakup tujuan penggunaannya. Routing number bertujuan untuk mengidentifikasi akun secara spesifik, sedangkan Swift Code bertujuan untuk mengidentifikasi bank tertentu. Oleh karena itu, meskipun keduanya memiliki fungsi yang serupa, mereka memiliki tujuan penggunaan yang berbeda.

Ruang Lingkup

Sementara itu untuk dari ruang lingkup penggunaanya, Routing Number digunakan untuk skala internasional khususnya negara-negara yang ada di kawasan Eropa. Ruang lingkup penggunaan pada Swift Code lebih luas lagi karena skalanya dalam lingkup internasional tanpa adanya batasan tempat.

Cara Menemukan Routing Number

​​Mencari Routing Number sebenarnya cukup mudah karena informasi ini biasanya tertera untuk mendukung transaksi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut merupakan langkah yang dapat kamu lakukan untuk menemukan Routing number : 

  • Pada bagian atas lembaran, periksalah perutean bank dengan teliti. Biasanya, terdapat 9 digit angka yang terletak di sebelah kiri atau tengah, atau rangkaian angka yang berada di samping nomor akun kalian. Beberapa bank meletakkan string angka di sebelah kiri, sementara yang lainnya menempatkannya di tengah.
  • Kalian juga dapat memeriksa nomor perutean bank melalui akun online kalian. Setiap bank dapat meletakkannya di tempat yang berbeda.
  • Jangan ragu untuk menghubungi layanan khusus pelanggan bank dan menanyakan hal ini.
  • Periksa juga aplikasi layanan perbankan yang kalian gunakan. Informasi ini mungkin tersedia di sana.
  • Cek pernyataan bank kertas kalian, dan informasi ini biasanya tertera di sana.
  • Kalian juga dapat melihat informasi ini secara langsung melalui layanan online.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat dengan mudah menemukan apa yang disebut dengan routing number dan bagaimana cara mendapatkannya untuk keperluan transaksi kalian.

Daftar Routing Number Seluruh Bank di Indonesia

Ketika kalian akan melakukan proses transfer, maka kalian diwajibkan untuk menyertakan nomor rekening penerima dan juga kode bank. Berikut merupakan deretan kode bank di beberapa bank di indonesia :

  • BCA – 014 (0140012)
  • BRI – 002 (0020307)
  • Mandiri – 008 (0080606)
  • CIMB Niaga – 022 (0220026)
  • Muamalat – 147
  • Permata – 013 (0130307)
  • BSI – 451
  • Artha Graha – 037 (0370028)
  • Danamon – 011 (0111274)

Segera gunakan EasyLink, platform terpercaya untuk transfer dana bisnis internasional dengan cepat dan efisien. Kirim uang ke luar negeri lebih mudah dan hemat! 

Gunakan juga kode routing number untuk transaksi yang lebih lancar. Tersedia di Android dan iOS. Tunggu apalagi, kirim uang sekarang juga dan nikmati kemudahan bertransaksi dengan Easylink!

About The Author