6 Cara Kerja di Luar Negeri Beserta Syarat dan Ketentuannya

cara-kerja-di-luar-negeri

Bekerja di luar negeri saat ini lebih mudah daripada sebelumnya berkat akses internet dan platform informasi pekerjaan digital. Mencari pekerjaan di dalam maupun di luar negeri menjadi lebih sederhana dengan bantuan teknologi. 

Mungkin pertanyaan yang akan muncul adalah bagaimana caranya memperoleh pekerjaan di luar negeri? Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang berminat memulai karir di luar negeri dan cara untuk mencari pekerjaan di luar negeri!

Cara Mendapatkan Kerja di Luar Negeri

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri:

  1. Program Kerja Sambil Liburan (Working Holiday Visa): Manfaatkan program visa kerja sambil liburan yang ditawarkan oleh beberapa negara. Program ini memungkinkan Anda untuk bekerja sambil menikmati liburan di negara tujuan.
  2. Melalui Agen: Gunakan jasa agen perekrutan atau perusahaan rekrutmen yang memiliki jaringan dan kontak dengan perusahaan di luar negeri.
  3. Menjadi Freelancer: Memanfaatkan kemampuan atau keahlian Anda sebagai freelancer dapat menjadi jalur untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri, terutama dalam bidang seperti desain grafis, penulisan, pemrograman, dan lainnya.
  4. Mengikuti Program Volunteer: Bergabung dengan program sukarelawan di luar negeri dapat membantu Anda membangun jaringan, pengalaman kerja, dan kesempatan untuk bekerja secara lebih permanen.
  5. Cari Lowongan Via Job Portal: Gunakan situs web portal pekerjaan internasional yang dapat membantu Anda menemukan lowongan di luar negeri sesuai dengan keahlian dan minat Anda.
  6. Melalui Program Magang: Banyak program magang internasional yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar atau organisasi di luar negeri. Bergabung dengan program magang ini dapat membuka jalan menuju kesempatan pekerjaan yang lebih baik.

Syarat Kerja di Luar Negeri

Memenuhi semua persyaratan kerja di luar negeri akan membantu memastikan bahwa Anda dapat bekerja secara legal dan memenuhi standar yang diperlukan di negara tempat Anda bekerja. Berikut merupakan persyaratan yang Anda butuhkan:

  1. Memiliki Paspor yang sah
  2. Memiliki Visa kerja
  3. Memiliki Keahlian sesuai bidang
  4. Usia minimal 18 tahun
  5. Kondisi fisik dan mental yang sehat
  6. Terdaftar dalam program jaminan sosial.

Baca Juga: Kerja di Inggris: Cara, Syarat dan Gajinya

Tips Kerja di Luar Negeri

Jika Anda bermimpi bekerja di luar negeri, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memulai perjalanan karir di luar negeri:

  1. Pahami Negara Tujuan: Kenali budaya, kebiasaan, dan aturan di negara yang akan dituju untuk bekerja agar dapat beradaptasi dengan lebih baik.
  2. Lihat Situs Online Lowongan Kerja Luar Negeri: Telusuri situs online yang menyediakan informasi lowongan kerja di luar negeri sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.
  3. Perdalam Skill dan Persiapkan Mental: Tingkatkan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan serta persiapkan mental untuk menghadapi perubahan lingkungan dan budaya.
  4. Lengkapi Dokumen: Pastikan dokumen-dokumen seperti paspor, visa, ijazah, dan dokumen penting lainnya dalam kondisi lengkap dan sah.
  5. Memiliki Sponsor: Ada beberapa program atau perusahaan yang memerlukan sponsor atau penjamin untuk memfasilitasi proses kerja di luar negeri. Pastikan Anda memiliki kontak atau sponsor yang valid.
  6. Mempersiapkan Biaya: Siapkan dana untuk kebutuhan awal seperti transportasi, akomodasi, dan biaya hidup di negara yang dituju sebelum mendapatkan penghasilan dari pekerjaan di luar negeri.

Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Kerja di Luar Negeri

Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan di luar negeri, penting untuk mengetahui jenis pekerjaan yang diminati di pasar global. Berikut merupakan beberapa pekerjaan yang sangat dicari di luar negeri:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
  2. Hubungan Internasional (International Relations)
  3. Pemasaran Digital (Digital Marketing)
  4. Ilmu Data (Data Science)
  5. Kebijakan Publik (Public Policy)
  6. Teknik (Engineering)
  7. Akuntansi (Accounting)
  8. Keuangan (Finance)

Beberapa pekerjaan seperti software engineering, pemasaran digital, dan data science dapat dilakukan dari jarak jauh (remote). Ini memungkinkan Anda untuk bekerja untuk perusahaan di luar negeri dan menerima penghasilan dalam mata uang asing tanpa harus meninggalkan rumah Anda!

Baca Juga: Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Dengan Aman dan Mudah

Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMA/SMK

Cara-cara bagi lulusan SMA/SMK untuk bekerja di luar negeri saat ini telah menjadi lebih mudah dan dapat diakses melalui beberapa opsi, diantaranya:

1. Melalui Agency Tenaga Kerja

Lulusan SMA/SMK dapat memanfaatkan layanan dari agen tenaga kerja yang menghubungkan calon tenaga kerja dengan peluang kerja di luar negeri. Agensi ini membantu dalam proses pendaftaran, seleksi, dan pemrosesan dokumen yang dibutuhkan untuk bekerja di negara tertentu.

2. Membuat Visa Tokutei Ginou

Di Jepang, ada program visa tokutei ginou yang memungkinkan lulusan SMA/SMK untuk bekerja di bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan oleh industri Jepang. Visa ini memfasilitasi akses ke pekerjaan di negara tersebut.

3. Melalui Job Portal

Job portal atau situs pencarian kerja online dapat menjadi sumber informasi utama untuk mencari lowongan kerja di luar negeri bagi lulusan SMA/SMK. Mereka dapat melihat dan melamar posisi yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

4. Mengikuti Program Volunteer

Program sukarela di luar negeri adalah cara bagi lulusan SMA/SMK untuk mendapatkan pengalaman kerja internasional. Ini dapat membuka peluang untuk belajar, berkontribusi, dan membangun jaringan yang bermanfaat untuk karir di masa depan.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa menjadi pilihan untuk memulai karir di luar negeri bagi lulusan SMA/SMK, seperti menjadi penulis, customer service, perawat lansia, ABK (anak buah kapal), housekeeping staff, sales retail, dan kasir.

Baca Juga: 6 Cara Transfer Dari Luar Negeri ke Indonesia

Nah, diatas merupakan beberapa persyaratan, cara dan tips untuk dapat bekerja di luar negeri bagi lulusan sarjana maupun SMA/SMK. Dalam tips kerja di luar negeri salah satu poin penting adalah mempersiapkan biaya kebutuhan selama Anda bekerja di luar negeri. 

Setelah mendapatkan pekerjaan di luar negeri Anda dapat menggunakan Easylink untuk membantu Anda dalam proses pengiriman uang ke luar negeri dengan lebih aman, mudah dan cepat. Tunggu apalagi, yuk pakai Easylink dalam proses pengiriman uang ke luar negeri sekarang juga!

About The Author