GCash: Pengertian, Cara Daftar dan Keuntungannya

aplikasi gcash

Saat ini sistem pembayaran digital telah berkembang dengan pesat dimana sistem pembayaran tersebut telah menjadi umum digunakan bagi kalangan masyarakat. Sistem ini menggantikan uang tunai dengan transaksi online atau digital. Kelebihan sistem pembayaran digital tidak hanya terletak pada kemudahannya, tetapi juga pada tingkat keamanan yang lebih tinggi yang ditawarkannya.

Salah satu sistem pembayaran digital terkenal saat ini adalah “GCash“. GCash merupakan e-wallet yang sangat populer di kalangan masyarakat Filipina, namun saat ini kepopulerannya telah merambah ke beberapa negara lainnya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertiannya, keuntungan menggunakan GCash, serta langkah-langkah pendaftaran dan penggunaannya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud GCash?

GCash merupakan platform keuangan digital yang mengizinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi keuangan menggunakan perangkat seluler mereka.

Diperkenalkan pada tahun 2004 oleh Globe Telecom, salah satu penyedia layanan seluler terkemuka di Filipina, GCash telah tumbuh dengan cepat dan menjadi komponen penting dalam rutinitas sehari-hari masyarakat di Filipina.

Keuntungan Menggunakan GCash

GCash merupakan e-wallet yang sangat populer di Indonesia, dan dari kepopulerannya tersebut terdapat beberapa keuntungan bagi kalian yang ingin menggunakan GCash, diantaranya sebagai berikut:

1. Keamanan yang Terpercaya

GCash memiliki sistem keamanan yang kuat, termasuk proteksi yang canggih terhadap transaksi dan data pengguna. Fitur keamanan seperti PIN, otentikasi dua faktor, dan enkripsi data digunakan untuk melindungi informasi pribadi serta keuangan pengguna.

2. Aksesibilitas

Melalui aplikasi mobile, pengguna dapat mengakses layanan GCash kapan saja dan di mana saja. Ini memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi keuangan, pembayaran, atau transfer dana dengan mudah hanya menggunakan ponsel mereka.

3. Transaksi Tanpa Uang Tunai

GCash memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai di berbagai tempat, termasuk toko, restoran, atau layanan online. Hal ini memudahkan pembayaran tanpa harus membawa uang fisik.

4. Manajemen Keuangan yang Lebih Baik

Dengan fitur seperti riwayat transaksi yang tercatat, pengguna dapat dengan lebih mudah melacak dan mengelola keuangan mereka. Ini membantu dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan secara lebih efisien.

5. Pembayaran Secara Online

Pengguna dapat membayar tagihan rutin seperti listrik, air, telepon, atau layanan internet secara online melalui GCash. Mereka juga dapat melakukan pembelian barang atau layanan digital secara langsung melalui aplikasi.

6. Transfer Uang ke Rekening Bank

Selain melakukan transaksi dalam aplikasi, pengguna dapat mentransfer dana dari akun GCash mereka langsung ke rekening bank lokal yang terdaftar, memudahkan proses pengiriman dan penerimaan dana.

7. Cashback dan Promosi

GCash sering kali menawarkan berbagai promosi, diskon, dan cashback untuk transaksi tertentu. Hal ini memberikan insentif bagi pengguna untuk melakukan lebih banyak transaksi dan memanfaatkan layanan GCash secara lebih aktif.

Bagaimana Cara Daftar Akun GCash?

Terdapat dua metode mudah untuk daftar akun GCash yaitu melalui aplikasi GCash atau dengan menekan *143#. Berikut langkah-langkahnya:

Cara membuat akun GCash menggunakan aplikasi GCash

  1. Unduh aplikasi GCash di perangkat seluler Anda.
  2. Buka aplikasi dan masukkan nomor ponsel Anda, lalu klik “Selanjutnya“.
  3. Verifikasi nomor ponsel dengan kode otentikasi 6 digit yang akan dikirim melalui pesan teks.
  4. Isi detail pribadi Anda, tinjau informasi yang telah dimasukkan, dan klik “Kirim“.
  5. Jika ada kode referensi, masukkan untuk memenuhi syarat promo pendaftaran.
  6. Buatlah 4 digit Mobile Personal Identification Number (MPIN) atau pin ponsel Anda.
  7. Tinjau dan setujui syarat dan ketentuan platform, lalu klik “Kirim“.
  8. Terakhir, klik “Lanjutkan untuk Masuk” untuk mulai menggunakan akun GCash baru Anda.

Cara membuat akun GCash dengan menekan *143#

  1. Tekan *143# pada ponsel Anda.
  2. Pilih opsi GCash dari menu yang ditampilkan, lalu klik “Kirim“.
  3. Pilih opsi Daftar dan klik “Kirim“.
  4. Tentukan Nomor Identifikasi Pribadi Seluler (MPIN) dan masukkan dua kali untuk verifikasi.
  5. Isi semua informasi yang diperlukan untuk membuat akun Anda.
  6. Setelah itu, pilih opsi Daftar dan klik “OK” pada layar konfirmasi.

Dengan menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda siap menggunakan akun GCash baru Anda. cukup unduh aplikasi GCash dari toko aplikasi dan lakukan instalasi.

Cara Menggunakan GCash

Jika Anda tertarik untuk menggunakan GCash, prosesnya sangat mudah! Cukup ikuti 4 langkah sederhana berikut:

  1. Unduh aplikasi GCash dari Google Play Store atau App Store, dan lakukan instalasi di ponsel Anda.
  2. Daftar dengan mengikuti instruksi yang diberikan di aplikasi. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel dan melakukan verifikasi identitas.
  3. Isi saldo GCash Anda dengan mentransfer uang dari rekening bank atau dengan melakukan top-up melalui outlet fisik.
  4. Mulailah menggunakan GCash untuk berbagai transaksi, pembayaran tagihan, pembelian online, dan transfer uang.

GCash merupakan solusi keuangan digital terkemuka di Filipina yang telah mengubah gaya hidup jutaan orang. Dengan kemampuannya untuk melakukan berbagai transaksi tanpa menggunakan uang tunai, GCash telah merevolusi cara orang Filipina mengelola keuangan mereka. 

Dengan fitur-fitur keamanan canggih dan kemudahan akses melalui aplikasi mobile , GCash tetap menjadi pilihan utama untuk kebutuhan keuangan digital Anda. Dalam era berkembangnya teknologi dan keuangan digital, GCash akan terus berkembang untuk menghadirkan inovasi-inovasi keuangan lainya.

Cara melakukan top-up saldo ke GCash dari rekening di Indonesia

Jika Anda merupakan pengguna setia GCash yang ingin melakukan top up saldo e-wallet atau melakukan pembayaran dengan aman, mudah, dan cepat.

Easylink adalah pilihan yang tepat! Cukup dengan melalui handphone serta dengan biaya admin IDR 30,000 saja, Anda bisa dengan lebih mudah melakukan top up saldo e-wallet GCash Anda.

Jadi, tunggu apalagi pake Easylink sekarang untuk mendapatkan pengalaman top up saldo yang lebih terjangkau dan cepat dimana uang Anda akan sampai dalam beberapa menit! 

Saat ini aplikasi easylink sudah tersedia di App Store dan Google Play Store. Ayo, download Easylink sekarang juga untuk menikmati kemudahan, kecepatan dan admin fee yang lebih terjangkau dalam mengirim uang ke luar negeri. Pastikan tidak melewatkan kesempatan ini!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!