Gampang Banget! Cara Import Barang Dari China Skala Kecil

cara-import-barang-dari-china-skala-kecil

Di era globalisasi ini akses terhadap produk impor dari berbagai negara semakin mudah, bahkan dapat ditemukan secara online di platform e-commerce. Indonesia, sebagai penerima impor yang aktif, semakin melihat bahwa terdapat lonjakan impor produk dari negara-negara seperti Tiongkok atau China. 

Impor barang dari China saat ini sedang populer, terutama bagi pelaku bisnis skala kecil yang ingin memperluas jangkauan produk dengan memanfaatkan harga yang kompetitif. Namun, dibalik potensi keuntungan, memahami cara melakukan impor barang dari China menjadi hal yang penting untuk menghindari risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses bisnis. Simak dibawah ini, untuk mengetahui informasi lengkapnya mengenai impor barang dari China ke Indonesia!

Kenapa Impor Barang Dari China?

Barang-barang impor dari China banyak diminati di Indonesia karena harganya yang terjangkau berkat upah pekerja yang rendah dan ekosistem bisnis yang berkembang di China. Meskipun sebelumnya dianggap memiliki kualitas rendah, sekarang industri di China telah meningkatkan mutunya sehingga beberapa produknya dapat bersaing dengan produk dari negara maju. 

Situasi ini menguntungkan konsumen yang senang mengikuti trend dengan cepat mengganti produk mereka dengan yang lebih baru. Harga yang terjangkau memudahkan penggantian produk, dan bagi pelaku bisnis, tingginya tingkat konsumsi menjadi keuntungan yang tidak boleh dilewatkan.

Belanja Produk China Dimana?

Anda bisa berbelanja produk dari China di berbagai platform online dan offline. Berikut adalah beberapa tempat atau platform yang umumnya digunakan untuk berbelanja produk dari China:

1. Platform E-commerce Internasional

Untuk melakukan pembelian barang dari China Anda dapat membeli di platform e-commerce seperti, Alibaba merupakan platform yang menyediakan berbagai macam produk dari pemasok dan produsen di China.

AliExpress platform e-commerce untuk pembeli dalam skala kecil, menawarkan berbagai produk dengan jumlah yang lebih kecil.

Taobao platform populer di China yang memiliki beragam produk dari pakaian, elektronik, peralatan rumah tangga, hingga aksesoris. 1688.com adalah platform B2B yang dimiliki oleh Alibaba Group. Situs ini umumnya digunakan untuk pembelian dalam jumlah besar dengan harga grosir.

2. Marketplace Lokal atau Situs Belanja Online

Beberapa situs belanja online di berbagai negara juga menyediakan produk dari China. Contohnya, di Indonesia, situs seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lainnya sering menawarkan produk dari China.

3. Pameran Dagang atau Expo Internasional

Pameran dagang internasional seringkali menjadi tempat bagi produsen dan pemasok dari China untuk memamerkan produk-produk mereka. Ini merupakan kesempatan baik untuk bertemu langsung dengan para pemasok, melihat produk secara langsung, dan menjalin hubungan bisnis.

4. Pasar Grosir atau Pusat Perbelanjaan Spesifik

Di beberapa negara, terdapat pusat perbelanjaan yang khusus menjual barang-barang impor dari China. Pengunjung bisa membeli barang secara langsung dari pedagang yang menjual barang-barang dari China.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Impor? Berikut Rekomendasi Bisnis Impor

Keuntungan Impor Barang Dari China untuk Bisnis Skala Kecil

Mengimpor produk dari China dapat memberikan banyak keuntungan, terutama untuk bisnis yang memiliki skala kecil dan baru. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari praktik tersebut:

1. Harga Lebih Terjangkau

Salah satu keuntungan utama dari impor barang dari China adalah harga yang lebih terjangkau. China dikenal sebagai produsen besar dengan biaya produksi yang relatif rendah, sehingga bisa menawarkan produk dengan harga yang lebih kompetitif. Ini memberikan peluang bagi bisnis skala kecil untuk membeli barang dengan biaya yang lebih rendah, meningkatkan potensi margin keuntungan.

2. Kualitas Produk Terjamin

Meskipun terkadang ada stereotip tentang kualitas produk dari China, banyak produsen di sana yang memproduksi barang berkualitas tinggi. Dengan melakukan riset yang cermat dan bekerja sama dengan produsen terpercaya, bisnis skala kecil bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang baik dan dapat bersaing di pasar.

3. Produk Lebih Beragam

China memiliki industri yang sangat beragam dengan banyak pilihan produk. Dari elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, hingga aksesoris fashion, banyak variasi produk tersedia di pasar China. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada bisnis skala kecil untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar atau target pelanggan mereka.

4. Potensi Keuntungan Lebih Besar

Dengan harga yang lebih terjangkau, kualitas yang baik, dan variasi produk yang luas, impor barang dari China dapat meningkatkan potensi keuntungan bagi bisnis skala kecil. Dengan menawarkan produk dengan harga yang kompetitif, bisnis bisa menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Alipay? Berikut Penjelasannya

Cara Impor Barang Dari China ke Indonesia

Ada beberapa cara untuk melakukan impor barang dari China ke Indonesia yang bisa Anda pilih, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara impor barang dari China ke Indonesia:

1. Melalui Marketplace/e-Commerce

Cara impor barang dari China ke Indonesia yang paling umum dan mudah adalah melalui marketplace atau e-commerce China. Oleh karena itu, berikut merupakan langkah-langkah untuk impor barang dari China melalui marketplace atau e-commerce:

  1. Pilih produk yang ingin Anda impor, Anda dapat mencari produk yang Anda inginkan dengan menggunakan kolom pencarian atau dengan browsing di kategori-kategori produk yang tersedia.
  2. Bandingkan harga dan kualitas produk, pastikan Anda membandingkan harga dari beberapa penjual sebelum melakukan transaksi. Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk seperti bahan, ukuran, dan fitur-fitur yang ditawarkan.
  3. Lakukan transaksi, setelah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda bisa melakukan transaksi dengan penjual. Anda bisa membayar dengan menggunakan kartu kredit, PayPal, atau metode pembayaran lainnya yang didukung oleh marketplace tersebut.
  4. Pastikan barang Anda sudah dikirim, setelah Anda melakukan transaksi, penjual akan mengirimkan barang Anda ke alamat Anda di Indonesia. Anda bisa melacak status pengiriman barang Anda melalui sistem pelacakan yang disediakan oleh marketplace tersebut.

2. Melalui Jalur Pelabuhan

Cara impor barang dari China ke Indonesia melalui jalur pelabuhan merupakan cara tradisional. Cara ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mengimpor barang dalam skala besar. Cara impor barang dari China melalui jalur pelabuhan adalah sebagai berikut:

  1. Temukan supplier yang tepat, Anda bisa menemukan supplier barang di China melalui online atau offline. Jika Anda menemukan supplier melalui online, Anda perlu memastikan bahwa supplier tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.
  2. Buat kontrak, sebelum melakukan transaksi, Anda perlu membuat kontrak dengan supplier. Kontrak ini berisi kesepakatan antara Anda dan supplier, seperti harga barang, jumlah barang, metode pembayaran, dan pengiriman barang.
  3. Lakukan pembayaran, setelah Anda membuat kontrak, Anda perlu melakukan pembayaran kepada supplier. Anda bisa membayar dengan menggunakan metode pembayaran yang didukung oleh supplier.
  4. Lakukan pengiriman barang, setelah Anda melakukan pembayaran, supplier akan mengirimkan barang Anda ke Indonesia. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia yang terpercaya.

3. Melalui Jalur Pribadi

Cara impor barang dari China ke Indonesia melalui jalur pribadi adalah cara yang paling berisiko. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin mengimpor barang dalam jumlah kecil atau barang yang tidak bisa dibeli melalui marketplace atau e-commerce. Cara impor barang dari China melalui jalur pribadi adalah sebagai berikut:

  1. Pergi ke China, Anda bisa pergi ke China secara langsung untuk membeli barang yang Anda inginkan.
  2. Bawa barang ke Indonesia, Setelah Anda membeli barang, Anda bisa membawanya langsung ke Indonesia. Anda perlu memastikan bahwa barang tersebut memenuhi persyaratan impor yang berlaku di Indonesia.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam impor barang dari China

Berikut adalah penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses impor barang dari China:

1. Legalitas Barang yang Diimpor

Penting untuk memastikan bahwa barang yang diimpor memenuhi semua persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Pastikan untuk memahami prosedur impor, dokumen-dokumen yang diperlukan, serta memastikan bahwa barang tersebut tidak melanggar larangan impor yang berlaku di negara Anda.

2. Pemilihan Supplier atau Pemasok

Memilih supplier atau pemasok yang terpercaya dan berkualitas merupakan langkah krusial dalam proses impor. Lakukan riset menyeluruh terkait reputasi, kualitas produk, pengalaman, serta ulasan dari supplier yang akan Anda pilih. Jalin komunikasi yang baik dengan mereka untuk memastikan kerjasama yang berkelanjutan.

Baca Juga: Apa Itu Cross Border? Cara Kerja Dan Dampaknya Barang Impor

3. Estimasi Biaya Impor

Sebelum melakukan impor barang, lakukan perhitungan biaya secara teliti. Biaya impor tidak hanya meliputi harga barang dan ongkos kirim, tetapi juga biaya bea cukai, pajak impor, biaya penyimpanan, asuransi, dan biaya lainnya. Mengetahui perkiraan biaya secara detail akan membantu dalam perencanaan keuangan bisnis Anda.

4. Durasi Pengiriman Barang

Waktu pengiriman barang dari China ke Indonesia bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi pemasok, metode pengiriman yang dipilih, serta kelancaran proses bea cukai di kedua negara. Pastikan untuk mendapatkan perkiraan waktu pengiriman yang realistis dari pemasok Anda agar Anda dapat mengatur persiapan dan manajemen stok dengan baik.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis impor barang dari China ke Indonesia untuk membantu proses kirim uang Anda dapat menggunakan Easylink. Dengan Easylink proses pengiriman uang ke China untuk kebutuhan bisnis impor akan lebih aman, mudah dan cepat serta tentunya dengan biaya admin yang terjangkau. Tunggu apalagi kirim uang ke luar negeri sekarang untuk kebutuhan bisnis maupun personal pakai Easylink!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!