Biaya Hidup di New Zealand Bagi Mahasiswa dan Pekerja

rincian biaya hidup di new zealand

New Zealand dikenal sebagai lokasi syuting dari film The Lord of The Rings. Biaya hidup di New Zealand merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan jika Anda berencana untuk tinggal di negara ini, sebab New Zealand memiliki tingkat biaya hidup yang cukup tinggi. 

Di sini kita akan membahas estimasi biaya hidup yang perlu disiapkan bagi mahasiswa asing atau pekerja yang ingin kuliah atau bekerja di New Zealand. Oleh karena itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Rincian Biaya Hidup Untuk Mahasiswa dan Pekerja di New Zealand

Pengeluaran yang harus dikeluarkan secara rutin jika Anda tinggal di sana mencakup biaya makan dan minum, sewa tempat tinggal, kesehatan, listrik, air, transportasi, sampah, telepon, dan internet. Berikut merupakan rincian estimasi biayanya.

1. Biaya Makan & Minum di New Zealand

Untuk biaya makan di New Zealand dapat bervariasi tergantung pada porsi makan tiap individu. Secara umum, estimasi biaya makan antara makan di restoran atau masak makanan sendiri sangat berbeda. Makan di restoran dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menghemat waktu memasak, dengan opsi restoran murah yaitu sekitar NZD 25 per orang atau sekitar Rp237 ribu. 

Namun, di kota-kota besar seperti Auckland dan Wellington, biaya makan di restoran luar bisa lebih tinggi. Untuk restoran menengah, bujetnya sekitar NZD 120 atau sekitar Rp1,1 juta untuk 2 orang, sementara restoran cepat saji seperti Mcdonald’s memiliki bujet lebih murah yaitu sekitar NZD 15 atau setara dengan Rp142 ribu. 

2. Biaya Transportasi

Biaya transportasi di New Zealand juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi, jenis transportasi, dan frekuensi penggunaan. Untuk transportasi umum seperti bus, harga tiket di kota-kota besar seperti Auckland, Wellington, atau Christchurch berkisar antara NZD 2,50 hingga NZD 5 atau sekitar Rp23 ribu hingga Rp47 ribu, tergantung pada jarak perjalanan yang dituju. 

Sementara itu, tarif taksi biasanya dimulai dari sekitar NZD 3,50 hingga NZD 5,50 untuk biaya awal, dengan tambahan biaya per kilometer setelahnya. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, biaya termasuk bahan bakar yang umumnya lebih mahal daripada negara lain, serta biaya parkir dan perawatan kendaraan. 

Untuk menyewa mobil, tarifnya dapat mulai dari sekitar NZD 50 hingga NZD 150 per hari atau setara dengan Rp474 ribu hingga Rp1,4 juta, tergantung pada jenis dan durasi sewa. Sementara untuk transportasi khusus seperti pesawat atau feri antar pulau, biaya tiket bergantung pada maskapai penerbangan, jenis kapal, dan waktu pemesanan. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa tarif terbaru dan penawaran promosi agar dapat mengatur anggaran transportasi dengan lebih efisien jika Anda tinggal di New Zealand.

3. Biaya Tempat Tinggal

Biaya akomodasi merupakan salah satu kunci dalam perencanaan biaya hidup di New Zealand. Terdapat dua opsi yang dapat dipilih, yaitu tinggal tanpa menyewa apartemen (seperti tinggal di asrama atau homestay) atau menyewa apartemen sendiri.

Apabila memilih untuk tinggal di asrama atau homestay, biaya bulanan yang diperlukan untuk tempat tinggal berkisar antara NZD 800 hingga NZD 1.500 atau sekitar Rp7,5 juta hingga Rp14,2 juta. Harga ini mencakup biaya sewa tempat tidur dan akses fasilitas umum. 

Beberapa universitas juga menyertakan makanan dalam paket tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi situs resmi universitas terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh asrama.

Biaya sewa apartemen di New Zealand sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitasnya. Secara umum, biaya sewa apartemen dengan 1-3 kamar tidur di kota-kota besar seperti Auckland atau Wellington berkisar antara NZD 1.800 hingga NZD 3.000 per bulan atau sekitar Rp17 juta hingga Rp28,4 juta. 

Jika ingin memperoleh harga sewa yang lebih terjangkau, pilih apartemen di pinggir kota atau kota-kota yang lebih kecil dengan harga mulai dari NZD 1.500 hingga NZD 2.500 atau sekitar Rp7,5 juta hingga Rp23,7 juta untuk apartemen dengan 1-3 kamar.

4. Biaya Kesehatan

New Zealand memiliki sistem kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dan swasta. Warga negara New Zealand memiliki akses ke layanan kesehatan melalui sistem publik yang dikenal sebagai National Health Service (NHS). Di bawah sistem ini, sebagian besar biaya perawatan kesehatan dasar, seperti kunjungan dokter umum dan rumah sakit publik, ditanggung oleh pemerintah.

Namun, ada beberapa biaya kesehatan yang mungkin perlu ditanggung sendiri oleh warga asing atau pendatang, terutama jika mereka tidak memenuhi syarat untuk layanan kesehatan gratis atau subsidi. Biaya-biaya ini bisa mencakup:

  1. Biaya kunjungan dokter spesialis yang tidak tercakup oleh NHS.
  2. Biaya rawat inap di rumah sakit swasta.
  3. Biaya obat-obatan tertentu yang tidak disubsidi oleh pemerintah.

Untuk mengurangi risiko biaya kesehatan yang tinggi, disarankan untuk mendapatkan asuransi kesehatan pribadi atau memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk layanan kesehatan gratis yang disediakan oleh pemerintah New Zealand.

5. Biaya Lainnya

Biaya hidup di New Zealand tidak hanya mencakup biaya akomodasi, makanan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari. Bagi mereka yang berencana untuk belajar di sana, biaya pendidikan juga menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Biaya pendidikan mencakup uang sekolah, biaya bahan ajar, biaya kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. 

Selain itu, ada juga biaya bulanan untuk listrik, pemanas, sampah, dan air yaitu sekitar NZD 223 atau setara dengan Rp2,1 juta. Untuk biaya telepon dan internet, anggarannya berkisar antara NZD 60 hingga NZD 80 per bulan atau sekitar Rp569 ribu hingga Rp759 ribu. 

Total Biaya Hidup di New Zealand per Bulan

Estimasi biaya hidup selama sebulan di New Zealand bervariasi tergantung pada gaya hidup dan lokasi tempat tinggal. Secara umum, berikut adalah perkiraan biaya bulanan di New Zealand bagi mahasiswa dan pekerja.

  1. Pengeluaran wajib bulanan: sekitar NZD 600-800
  2. Biaya makanan: sekitar NZD 200-300
  3. Biaya akomodasi tanpa sewa apartemen: sekitar NZD 800-1.500
  4. Biaya sewa apartemen: sekitar NZD 1.500-3.000

Perkiraan total biaya hidup bulanan tanpa sewa apartemen adalah sekitar NZD 1.650 per orang atau NZD 5.952 atau sekitar Rp15,7 juta hingga Rp56,5 juta untuk satu keluarga beranggotakan 4 orang.

Selain biaya tersebut, ada juga biaya tambahan seperti asuransi kesehatan, transportasi tambahan, dan hiburan. Merencanakan anggaran dan mengelola pengeluaran dengan bijak sangat penting agar sesuai dengan pemasukan bulanan. Gaji bersih rata-rata di New Zealand sekitar NZD 4.722 per bulan setelah pajak.

Tips Memilih Tempat Tinggal atau Apartemen di New Zealand

Ketika Anda memilih tempat tinggal atau apartemen di New Zealand perlu pertimbangan yang matang. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan lokasi yang sesuai, seperti dekat dengan tempat kerja atau universitas serta akses transportasi umum yang mudah. Anggaran juga harus disesuaikan dengan biaya sewa tempat tinggal atau apartemen, termasuk biaya-biaya lainnya seperti listrik, air, dan internet. 

Pastikan juga untuk memeriksa fasilitas dan kondisi bangunan, serta meninjau kebijakan penyewaan sebelum membuat keputusan. Referensi atau ulasan dari penghuni sebelumnya juga dapat memberikan gambaran tentang kualitas hidup di tempat tersebut. 

Anda juga wajib untuk mengunjungi tempat secara langsung jika memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat untuk memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan sehari-hari.

Inilah gambaran biaya hidup di New Zealand untuk mahasiswa dan pekerja. Jika Anda ingin melakukan pengiriman uang ke New Zealand, bisa menggunakan layanan Easylink karena telah berlisensi resmi dari Bank Indonesia, sehingga pengiriman uang ke New Zealand dapat lebih aman, mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi, download aplikasi Easylink sekarang dan nikmati kemudahannya!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!