Rincian Biaya Hidup di Belanda Selama Satu Bulan

rincian biaya hidup di belanda satu bulan

Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda saat ini mencapai sekitar 395 ribu jiwa, hal tersebut menjadikannya salah satu negara Eropa dengan populasi WNI terbanyak. Hal ini membuat Belanda menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin menetap atau tinggal di luar negeri terutama di Eropa. 

Selain memiliki pemandangan yang indah dan menarik untuk dieksplorasi di sana juga terdapat komunitas WNI yang cukup besar sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dengan lebih mudah. Mayoritas WNI di Belanda adalah pekerja dan mahasiswa, yang memerlukan biaya hidup yang relatif sama dengan penduduk lokal. Lalu, berapa estimasi biaya hidup di sana? Mari kita cari tahu jawaban di bawah ini!

Rincian Biaya Hidup di Belanda

Berikut merupakan Estimasi biaya hidup di Belanda bagi pekerja dan mahasiswa yang merantau sendiri maupun bersama keluarga. Meskipun kebutuhan mereka bervariasi, secara umum mencakup hal-hal yang sama, seperti:

1. Biaya Makan & Minum di Belanda

Harga makanan di Belanda dapat dikatakan memiliki harga yang relatif sangat tinggi, terutama jika dibandingkan dengan Indonesia. Sebagai perumpamaan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp100 ribu atau sekitar 5,83 Euro hanya bisa membeli 3,5 kg beras di Belanda. 

Sementara di Indonesia, harga rata-rata beras premium sekitar Rp14 ribu per kg, sehingga dengan uang Rp100 ribu bisa mendapatkan sekitar tujuh kilogram beras dua kali lipat dari jumlah yang didapat di Belanda.

Dari perumpamaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa biaya hidup di Belanda jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Namun, hal tersebut sebanding dengan besarnya gaji yang diterima oleh pekerja di sana. 

Menurut beberapa sumber, rata-rata gaji kotor pekerja di Belanda berkisar antara 2.187 hingga 7.014 Euro per bulan, setara dengan Rp37,5 juta hingga Rp120,2 juta. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk bekerja di Belanda?

2. Biaya Transportasi

Pilihan transportasi umum di Belanda dapat dikatakan sangat beragam dan memberikan pelayanan yang baik. Karena hal itu, biaya hidup untuk transportasi di negara tersebut cenderung cukup tinggi. Seperti contohnya, biaya transportasi umum rata-rata mencapai 40 hingga 100 Euro per bulan atau sekitar dengan Rp685 ribu hingga Rp1,7 juta. 

Meskipun begitu, mahasiswa dan pekerja dapat mengurangi biaya hidup dengan menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat-tempat tertentu terutama jika jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, kampus, atau kantor. Di Belanda, sepeda dapat dibeli dengan harga berkisar antara 50 hingga 100 Euro, setara dengan Rp857 ribu hingga Rp1,7 juta.

3. Biaya Tempat Tinggal

Pada umumnya, biaya tempat tinggal di Belanda juga cenderung tinggi. Untuk menyewa satu kamar standar, seseorang perlu mengeluarkan dana sekitar 300 hingga 350 Euro per bulan atau sekitar Rp5,1 juta hingga Rp6 juta.

Bagi mahasiswa yang tinggal di Belanda seringkali memperoleh akomodasi dengan biaya tersebut dari kampus seperti asrama atau dorm. Namun, biaya hidup untuk pekerja mungkin lebih tinggi karena mereka biasanya harus menyewa tempat tinggal dari pihak swasta atau umum.

4. Biaya Lainnya

Selain kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi, ada juga beberapa kebutuhan tambahan lainnya yang perlu dipenuhi selama tinggal di Belanda. Kebutuhan ini bersifat opsional dan dapat dipenuhi sesuai kebutuhan individu.

Misalnya, sebagai seorang mahasiswa Anda membutuhkan beberapa keperluan seperti buku pelajaran, melakukan penelitian, biaya listrik, internet, asuransi kesehatan dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu memperhitungkan biaya untuk kebutuhan tambahan ini ketika menyusun anggaran bulanan untuk hidup di Belanda.

Total Biaya Hidup di Belanda per Bulan

Total biaya hidup di Belanda per bulan dapat dihitung dengan menggabungkan estimasi biaya makanan, transportasi, tempat tinggal, dan kebutuhan tambahan lainnya. Berikut estimasi total biaya hidup di Belanda per bulan:

  1. Biaya Makanan & Minuman: Kisaran 4,26 Euro untuk 3,5 kilogram beras, atau sekitar Rp73 ribu untuk beras di Belanda. Biaya makanan lainnya dapat bervariasi tergantung preferensi dan pola makan individu.
  2. Biaya Transportasi: Kisaran 40-100 Euro untuk transportasi umum per bulan, atau sekitar Rp685 ribu hingga Rp1,7 juta.
  3. Biaya Tempat Tinggal: Kisaran 300-350 Euro untuk satu kamar standar per bulan, atau sekitar Rp5,1 juta hingga Rp6 juta.
  4. Biaya Lainnya: Biaya tambahan seperti kebutuhan sehari-hari, buku pelajaran, dan lain-lain, sekitar 1.080 Euro atau sekitar Rp18,5 juta.

Dengan demikian, total estimasi biaya hidup di Belanda per bulan untuk satu orang dapat mencapai sekitar 1.424 Euro atau sekitar Rp24,4 juta. Meskipun angka ini cukup besar, namun jika dibandingkan dengan gaji bulanan di sana, jumlah pengeluaran ini mungkin masih bisa ditanggung, sehingga masih ada potensi untuk menabung.

Tips Menghemat Biaya Hidup di Belanda

Untuk menghemat biaya hidup saat tinggal di Belanda, sangat penting untuk mengingat perbedaan biaya hidup antara keluarga dan individu, karena tentunya memiliki estimasi yang sangat berbeda. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat diterapkan:

  1. Menahan diri dari aktivitas konsumtif, seperti nongkrong atau kegiatan hiburan yang mahal.
  2. Memasak sendiri untuk mengurangi biaya makanan, daripada membeli makanan di luar.
  3. Memanfaatkan fasilitas umum atau diskon untuk transportasi, seperti kartu langganan transportasi umum.
  4. Berbelanja dengan bijak, mempertimbangkan kualitas dan harga produk sebelum membeli.
  5. Mencari tempat tinggal yang terjangkau, dengan mempertimbangkan lokasi, fasilitas, dan biaya sewa.
  6. Memanfaatkan promosi atau diskon untuk kebutuhan sehari-hari, seperti belanja keperluan rumah tangga atau pakaian.

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan dapat mengurangi pengeluaran bulanan Anda dan membantu mengantisipasi kebutuhan mendesak yang mungkin timbul ketika tinggal di Belanda.

Namun, selain menerapkan tips di atas perlu juga untuk melakukan upaya lainnya seperti halnya, jika ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan Easylink dengan biaya admin fee yang sangat terjangkau hanya dengan Rp30 ribu saja Anda sudah dapat mengirim uang ke lebih dari 170 negara. Jadi, tunggu apalagi download aplikasi Easylink sekarang dan rasakan kemudahannya!

biaya hidup di belanda

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!