Rincian Biaya Hidup di Arab Saudi Beserta Tipsnya

biaya hidup di arab saudi untuk pekerja

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk tinggal atau bekerja di Arab Saudi? Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah biaya hidup di negara ini. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek biaya hidup di Arab Saudi, mulai dari kebutuhan dasar seperti akomodasi, makanan, transportasi, hingga tips hemat untuk mengelola anggaran Anda dengan lebih baik. 

Baik Anda seorang pekerja, keluarga, atau mahasiswa, informasi tentang biaya hidup di Arab Saudi akan membantu Anda merencanakan keuangan Anda dengan lebih efisien. Jadi, simak informasi lengkapnya dibawah ini!

Berapa Biaya Hidup di Arab Saudi?

Biaya hidup di Arab Saudi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti kota tempat tinggal, gaya hidup, dan kebutuhan individu atau keluarga. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di Arab Saudi untuk beberapa situasi:

  • Biaya Hidup di Arab Saudi Untuk Pekerja

Biaya akomodasi di Arab Saudi bervariasi, dengan sewa apartemen satu kamar di pusat kota Riyadh atau Jeddah dapat mencapai antara 1.000 hingga 1.500 SAR (Rp4,3-6,4 juta) per bulan. Di daerah-daerah lain atau di luar pusat kota, biaya sewa lebih terjangkau. 

Pengeluaran makanan bulanan bisa berkisar antara 800 hingga 1.500 SAR (Rp3,4-6,4 juta), tergantung pada tempat makan dan preferensi makanan. Biaya transportasi bulanan, termasuk bahan bakar dan perawatan kendaraan pribadi, biasanya sekitar 500 hingga 1.000 SAR (Rp2,1-4,3 juta). 

Pengeluaran kesehatan dapat bervariasi, tetapi biaya asuransi kesehatan bulanan biasanya antara 200 hingga 500 SAR (Rp864 ribu-2,1 juta) tergantung pada jenis asuransi dan cakupan.

  • Biaya Hidup di Arab Saudi Untuk Keluarga

Biaya hidup untuk keluarga di Arab Saudi dapat mencakup berbagai pengeluaran penting. Untuk akomodasi, biaya sewa apartemen dengan dua atau tiga kamar di pusat kota biasanya berkisar antara 1.500 hingga 3.500 SAR (Rp6,4-15,1 juta) per bulan. 

Pengeluaran makanan bulanan untuk keluarga bisa mencapai 1.500 hingga 3.000 SAR (Rp6,4-12,9 juta), tergantung pada ukuran keluarga dan preferensi makanan. Transportasi juga menjadi faktor penting, dengan biaya bulanan sekitar 1.000 hingga 2.000 SAR (Rp4,3-8,6 juta) untuk keluarga dengan kendaraan pribadi dan perjalanan reguler. 

Selain itu, biaya pendidikan untuk anak-anak di sekolah internasional atau dengan kurikulum internasional dapat mencapai 2.000 SAR (Rp8,6 juta) per bulan per anak. Semua ini perlu dipertimbangkan dengan cermat dalam perencanaan keuangan keluarga di Arab Saudi.

  • Biaya Hidup di Arab Saudi Untuk Mahasiswa

Biaya hidup untuk mahasiswa di Arab Saudi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Untuk akomodasi, biaya sewa apartemen atau asrama biasanya berkisar antara 800 hingga 1.000 SAR (Rp3,4-4,3 juta) per bulan, tergantung pada fasilitas dan lokasi tempat tinggal. 

Pengeluaran makanan bulanan untuk mahasiswa juga dapat bervariasi, dengan perkiraan antara 500 hingga 1.000 SAR (Rp2,1-4,3 juta), bergantung pada gaya hidup dan preferensi makanan. Biaya transportasi untuk mahasiswa yang menggunakan transportasi umum biasanya sekitar 200 hingga 500 SAR (Rp864 ribu-2,1 juta)  per bulan. Semua ini perlu diperhitungkan dengan cermat dalam perencanaan keuangan mahasiswa di Arab Saudi.

  • Biaya Hidup di Arab Saudi Per Hari

Biaya hidup per hari di Arab Saudi, yang meliputi makanan dan transportasi, bisa rata-rata sekitar 100 hingga 200 SAR (Rp432-864 ribu). Untuk makanan, ini termasuk biaya untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Biaya ini bisa berbeda tergantung pada tempat makan dan jenis makanan yang dipilih, seperti restoran atau masakan rumahan. Sedangkan untuk transportasi, biaya harian akan tergantung pada penggunaan transportasi umum atau pribadi, serta jarak perjalanan yang ditempuh.

Kebutuhan Biaya Hidup di Arab Saudi

Biaya hidup di Arab Saudi dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu biaya akomodasi, biaya makan, biaya transportasi, biaya asuransi, dan biaya lain-lain. Berikut adalah rincian biaya hidup di Arab Saudi:

  • Biaya Akomodasi

Biaya akomodasi di Arab Saudi dapat bervariasi tergantung pada kota dan lokasi. Harga sewa apartemen dan rumah dipengaruhi oleh fasilitas dan ukuran properti. Contohnya:

  • Apartemen 1 kamar tidur di Pusat Kota: 1.000-1.500 SAR (Rp4,3-6,4 juta)
  • Apartemen 1 kamar tidur di luar Pusat Kota: 800-930 SAR (Rp3,4-4 juta)
  • Apartemen 3 kamar tidur di Pusat Kota: 1.500-3.500 SAR (Rp6,4-15,1 juta)
  • Apartemen 3 kamar tidur di luar Pusat Kota: 1.200-2.700 SAR (Rp5,1-11,6 juta).
  • Biaya Makan

Biaya makan di Arab Saudi bervariasi tergantung pada pilihan restoran dan jenis kuliner. Harga makanan di restoran low range berkisar antara 15-50 SAR (Rp64-216 ribu) per menu, sementara makanan di restoran mid range untuk porsi dua orang lengkap dengan tiga hidangan dipasang dengan harga 100-350 SAR (Rp432 ribu-1,5 juta).

  • Biaya Transportasi

Biaya transportasi di Arab Saudi dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraan dan penggunaan. Contohnya, biaya publik transport dalam sebulan di Arab Saudi berkisar 200 SAR atau Rp864 ribu, sementara biaya sewa mobil dapat berharga 1.500-1.800 SAR atau Rp6,4-7,7 juta.

  • Biaya Asuransi

Biaya asuransi di Arab Saudi tidak terlalu jelas, namun umumnya biaya asuransi kesehatan di Arab Saudi dapat berharga antara 100-500 SAR (Rp432 ribu-2,1 juta) per bulan.

  • Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain di Arab Saudi dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan. Contohnya, biaya internet dapat berharga 100-350 riyal atau Rp432 ribu-1,5 juta per bulan, sementara biaya barang-barang elektronik dapat berharga antara 100-500 SAR (Rp432 ribu-2,1 juta) per bulan.

Dengan memperhatikan biaya-biaya di atas, individu dapat menghemat biaya hidup di Arab Saudi dengan memilih opsi yang lebih murah dan lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

easylink call to action blog

Tips Hemat Biaya Hidup di Arab Saudi

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya hidup di Arab Saudi. Carilah akomodasi yang terjangkau, seperti apartemen sesuai budget atau asrama dan rumah kos yang lebih ekonomis. 

  1. Pertama, masak sendiri di rumah untuk mengurangi biaya makan dibandingkan makan di luar. Manfaatkan fasilitas publik gratis atau berbiaya rendah seperti taman atau perpustakaan. 
  2. Kedua, belanja dengan cermat dengan membandingkan harga di berbagai toko dan memanfaatkan diskon serta promo yang tersedia. 
  3. Ketiga, memilih biaya sewa tempat tinggal dengan biaya yang lebih rendah.
  4. Keempat, gunakan transportasi umum jika memungkinkan untuk mengurangi biaya kendaraan pribadi. 
  5. Kelima, manfaatkan kartu diskon atau keanggotaan yang memberikan potongan harga. 
  6. Keenam, hemat energi dengan menggunakan listrik, air, dan energi secara efisien. 

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat mengelola keuangan lebih baik dan menghemat biaya hidup selama tinggal di Arab Saudi.

Kota-Kota Termurah di Arab Saudi

Kota-kota di Arab Saudi yang terkenal dengan biaya hidup yang lebih terjangkau umumnya memiliki beberapa alasan yang menjadikannya murah:

  • Buraidah

Terletak di pusat negara dan merupakan ibu kota provinsi Qassim, Buraidah menawarkan biaya hidup yang lebih rendah karena merupakan pusat ekonomi regional dengan tingkat persaingan yang lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya seperti Riyadh.

  • Hail

Kota ini terletak di bagian utara Arab Saudi dan lebih terpencil, sehingga memiliki biaya hidup yang lebih rendah karena harga properti, makanan, dan layanan lainnya cenderung lebih terjangkau.

  • Najran

Terletak di dekat perbatasan Yaman, Najran memiliki biaya hidup yang terjangkau karena kurangnya tekanan ekonomi yang tinggi dan tingkat persaingan yang lebih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar.

  • Al Qurayyat

Kota ini terletak di provinsi Al Jawf dan memiliki biaya hidup yang lebih rendah karena merupakan kota yang relatif kecil dengan tingkat pengembangan ekonomi yang lebih sederhana.

  • Al Bahah

Terletak di barat daya Arab Saudi, Al Bahah adalah kota pegunungan yang menawarkan biaya hidup yang lebih terjangkau karena kurangnya urbanisasi yang besar dan tingkat pengembangan yang lebih rendah.

Alasan-alasan tersebut menjadikan kota-kota ini sebagai pilihan bagi mereka yang mencari biaya hidup yang lebih terjangkau di Arab Saudi, baik untuk tinggal, bekerja, atau berinvestasi.

Setelah membahas tentang estimasi biaya hidup hingga tips menghemat biaya hidup di Arab Saudi, Easylink dapat membantu kalian untuk merealisasikannya lho! Untuk kalian yang memiliki kebutuhan pengiriman uang ke Arab Saudi dengan biaya yang lebih hemat pake Easylink aja! Dengan Easylink kalian hanya memerlukan biaya mulai dari Rp30 ribu untuk bisa kirim uang ke luar negeri. Jadi tunggu apalagi kirim uang ke Arab Saudi pake Easylink sekarang!

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!