E-Wallet: Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya di Indonesia

apa itu aplikasi e wallet

Mungkin Anda semua sudah tidak asing dengan yang namanya dompet digital atau yang sering kita sebut dengan e-wallet. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan dompet digital semakin marak digunakan pasalnya dengan menggunakan dompet digital proses pembayaran dapat menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. 

Karena tingkat minat pengguna digital yang semakin meningkat banyak sekali jenis dompet digital atau e-wallet yang beredar saat ini, mari kita simak dibawah ini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai e-wallet!

Apa Itu E-Wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan layanan elektronik yang digunakan untuk menyimpan informasi alat pembayaran seperti kartu atau uang elektronik. Selain itu, layanan ini juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan dana dan digunakan untuk melakukan proses pembayaran. Ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No.18/40/PBI/2016 mengenai Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Cara Kerja E-Wallet

Cara kerja dompet digital relatif sederhana, itulah salah satu alasan mengapa ini menjadi semakin populer. Untuk memanfaatkannya, langkah awalnya adalah mengunduh aplikasi dan membuat akun. Umumnya, panduan pembuatan akun pada setiap aplikasi sangat mudah diikuti.

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengisi saldo atau top up melalui opsi yang tersedia. Dengan saldo terisi, dompet digital dapat digunakan untuk transaksi baik secara daring maupun luring. Pada transaksi daring, pengguna dapat meminta pelanggan untuk memilih e-wallet sebagai metode pembayaran. Sementara untuk transaksi luring, pengguna dapat menyediakan kode QR yang bisa dipindai oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran.

Manfaat E-Wallet

E-Wallet atau dompet digital telah menjadi solusi pembayaran yang semakin populer dan menawarkan berbagai manfaat, baik bagi pelaku bisnis maupun individu (perseorangan). Berikut merupakan manfaat e-wallet atau dompet digital bagi pelaku bisnis dan perseorangan:

Bagi Pelaku Bisnis

Terdapat manfaat untuk e-wallet bagi pelaku bisnis, berikut adalah manfaat e-wallet untuk pelaku bisnis yang menggunakan e-wallet dalam metode pembayaran mereka:

Pembayaran yang Mudah

Menerima pembayaran dari pelanggan dengan cepat dan mudah melalui e-wallet. Ini membantu memperluas jangkauan bisnis dan memberikan opsi pembayaran yang lebih fleksibel kepada pelanggan.

Efisiensi Transaksi

Penggunaan e-wallet dapat mengurangi biaya administrasi dan transaksi tunai. Hal ini meminimalkan risiko kehilangan uang dan waktu yang diperlukan untuk penghitungan uang tunai.

Pemasaran dan Promosi

Beberapa e-wallet memiliki fitur penawaran dan promosi yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menarik pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada melalui program cashback, diskon, atau hadiah.

Analisis Transaksi

E-wallet seringkali memiliki fitur laporan transaksi yang memungkinkan pelaku bisnis menganalisis pola pengeluaran pelanggan, preferensi pembelian, dan tren belanja untuk mengambil keputusan yang lebih tepat strategis.

Bagi Perseorangan

Berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh oleh pelaku perseorangan yang menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran:

Kemudahan dan Kepastian Pembayaran

Penggunaan e-wallet memudahkan transaksi sehari-hari seperti pembayaran tagihan, belanja online di e commerce, atau pembelian tiket. Ini juga memberikan kepastian bahwa pembayaran telah tercatat dengan baik.

Keamanan Transaksi

E-wallet sering dilengkapi dengan lapisan keamanan seperti verifikasi dua faktor, pemantauan transaksi, dan fitur keamanan lainnya yang membantu melindungi informasi keuangan pengguna.

Poin dan Cashback

Beberapa e-wallet menawarkan insentif berupa poin reward atau cashback setiap kali melakukan transaksi. Hal ini dapat memberikan nilai tambah kepada pengguna dalam penggunaan sehari-hari.

Manajemen Keuangan yang Lebih Baik

Dengan fitur pelacakan pengeluaran dan laporan transaksi, e-wallet membantu individu untuk memantau keuangan mereka dengan lebih baik, mengetahui pola belanja, dan mengelola anggaran dengan lebih efisien.

Baik bagi pelaku bisnis maupun perseorangan, e-wallet memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam transaksi keuangan sehari-hari serta memfasilitasi pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Baca Juga: Daftar E-Wallet Terbaik di Filipina

Kelebihan E-Wallet

Penggunaan dompet digital menawarkan berbagai manfaat dan kemudahan yang signifikan dalam melakukan transaksi. Berikut adalah beberapa manfaat utama e-wallet yang dapat dinikmati:

Transaksi Lebih Efisien dan Cepat

Berbeda dengan transaksi non-tunai lainnya, dompet digital memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan otomatis. Contohnya, Anda bisa melakukan transaksi in-app atau offline hanya dengan melakukan pemindaian kode QR. Sistem e-wallet juga mampu mendeteksi kesalahan input data atau nominal untuk memastikan keakuratan transaksi.

Pengurangan Risiko Uang Palsu

Dompet digital membantu meminimalisasi risiko uang palsu yang biasa terjadi pada transaksi konvensional. Kemampuannya dalam mengelola uang digital memastikan transaksi berjalan tanpa khawatir akan keaslian uang.

Keamanan Transaksi yang Terjamin

Layanan e-wallet menggunakan teknologi enkripsi yang meningkatkan keamanan data pengguna dari ancaman kejahatan cyber.

Rekam Jejak Transaksi yang Terperinci

Semua transaksi yang dilakukan melalui e-wallet tercatat dengan baik dan detail, termasuk waktu, jumlah uang, tujuan pembayaran, dan informasi penting lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memantau laporan transaksi secara jelas.

Baca Juga: Aplikasi Kirim Uang ke Luar Negeri Terbaik

Integrasi dengan Berbagai Lembaga

E-wallet tidak hanya digunakan untuk berbelanja, tetapi juga mendukung pembayaran kepada berbagai lembaga seperti PDAM dan PLN dengan integrasi yang mudah.

Kekurangan E-Wallet

E-wallet memang memiliki banyak sekali keunggulan dimana salah satunya adalah tingkat kemudahan dan efisiensi waktu. Namun, e-wallet memiliki kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan juga sebelum menggunakan:

Keterbatasan Jumlah Merchant

Layanan e-wallet masih dalam tahap perkembangan, yang menyebabkan jumlah merchant yang menerima pembayaran digital masih terbatas.

Biaya Administrasi

Setiap transaksi melalui dompet digital biasanya dikenai biaya layanan yang bervariasi, tergantung pada jenis transaksi dan kebijakan dari masing-masing layanan e-wallet.

Risiko Konsumsi Berlebihan

Kemudahan, kecepatan transaksi, dan penawaran promosi dari e-wallet dapat mendorong pengguna untuk bertransaksi lebih dari kebutuhan. Oleh karena itu, pengguna perlu berhati-hati dan mempertimbangkan setiap keputusan transaksi saat menggunakan dompet digital.

Cara Menggunakan E-Wallet

Penggunaan e-wallet atau dompet digital dapat bervariasi tergantung pada platform dan penyedia layanan e-wallet yang digunakan. Berikut adalah langkah umum yang dapat diikuti untuk menggunakan e-wallet:

Unduh Aplikasi E-Wallet

Unduh aplikasi e-wallet yang diinginkan dari toko aplikasi resmi (Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS).

Registrasi dan Buat Akun

Buka aplikasi e-wallet dan ikuti langkah-langkah untuk membuat akun. Biasanya, Anda akan diminta untuk memberikan informasi pribadi seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan kadang-kadang dokumen identifikasi.

Tambahkan Uang ke Dompet Digital Anda

Pilih opsi “Tambah Uang” atau “Isi Saldo” dan pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti transfer bank, kartu debit/kredit, atau metode lain yang tersedia di aplikasi.

Pilih Jenis Transaksi yang Diinginkan

Setelah saldo tersedia di e-wallet, Anda dapat memilih jenis transaksi yang ingin dilakukan, seperti pembayaran tagihan (listrik, air, telepon, internet, dll.), belanja online di toko-toko yang menerima metode pembayaran  e-wallet, transfer uang ke pengguna lain yang juga menggunakan e-wallet yang sama, penggunaan untuk pembelian di toko fisik yang menerima pembayaran e-wallet.

Konfirmasi Transaksi

Saat melakukan transaksi, pastikan untuk memasukkan jumlah yang tepat dan konfirmasikan transaksi sebelum menyelesaikannya.

Keamanan dan Verifikasi

Pastikan untuk mengaktifkan fitur keamanan yang disediakan oleh aplikasi e-wallet, seperti PIN, verifikasi dua faktor, atau fitur keamanan lainnya yang ditawarkan untuk melindungi akun Anda.

Pantau dan Kelola Transaksi

Gunakan fitur laporan transaksi yang biasanya ada di dalam aplikasi untuk melacak pengeluaran, memantau riwayat transaksi, dan mengelola keuangan Anda dengan lebih baik.

7 E-Wallet Terpopuler di Indonesia

Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi menggunakan e-wallet, bahkan, aplikasi e-wallet pra-kerja juga memanfaatkan beberapa aplikasi yang tersedia. Jika Anda masih bingung dalam memilih e-wallet yang cocok sebagai aplikasi pembayaran harian, ada baiknya mempertimbangkan beberapa aplikasi yang direkomendasikan berikut ini.

1. OVO

OVO adalah aplikasi e-wallet yang dikembangkan oleh Lippo Group dan SoftBank. Seiring perkembangannya, OVO telah berkolaborasi dengan berbagai merek lain seperti Grab dan Tokopedia. Sebagai salah satu opsi dompet digital yang sering digunakan di Indonesia, OVO menawarkan berbagai fitur yang mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran, transfer dana, pembelian pulsa, dan layanan lainnya.

2. Dana

DANA memasuki pasar Indonesia pada tahun 2018 sebagai pesaing baru dibandingkan dengan pesaing lainnya. Berdasarkan data Riset iPrice Group, DANA telah naik peringkat di kuartal II 2019, menggeser LinkAja dari posisi ketiga.

Dikenal sebagai salah satu e-wallet yang populer di Indonesia, DANA menjadi pilihan banyak masyarakat. DANA menyediakan sejumlah fitur transaksi digital yang memudahkan pengguna, termasuk pembayaran tagihan, belanja online, transfer uang, serta pembelian pulsa dan paket data.

3. GoPay

GoPay merupakan salah satu e-wallet yang paling terkenal di Indonesia dan dimiliki oleh GOTO, sebuah perusahaan teknologi keuangan. GoPay menyajikan berbagai layanan termasuk pembayaran online, tagihan, pembelian pulsa, transportasi, dan transaksi di toko konvensional. Selain itu, GoPay juga memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer uang antar pengguna GoPay lainnya.

4. ShopeePay

ShopeePay merupakan e-wallet yang diproduksi oleh Shopee, salah satu dari perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara. E-wallet Shopee menyuguhkan beragam fitur serta kenyamanan dalam melakukan transaksi digital, mencakup pembayaran tagihan, pembelian online, dan juga transfer uang antar pengguna ShopeePay.

5. ISaku

ISaku merupakan salah satu e-wallet yang tersedia di Indonesia, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan transaksi digital dengan cara yang sederhana dan efisien. i.Saku menyajikan beragam fitur termasuk pembayaran tagihan, pembelian voucher game, pengisian pulsa, dan juga transfer uang.

6. Jenius Pay

Jenius Pay adalah aplikasi e-wallet yang dapat diakses melalui platform aplikasi Jenius. Jenius merupakan layanan perbankan digital yang dikeluarkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Selain melakukan transaksi menggunakan pemindaian kode QR, Jenius Pay juga menyediakan opsi pembayaran dengan $Cashtag, yang berfungsi sebagai username unik yang dimiliki oleh pengguna individu.

7. LinkAja

LinkAja adalah layanan pembayaran yang beroperasi dengan menggunakan server sebagai basisnya, merupakan salah satu produk utama dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang sudah terdaftar di Bank Indonesia. Sejak 21 Februari 2019, Finarya telah resmi memperoleh izin dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital yang berbasis hukum dengan penekanan pada Sistem Keamanan Informasi.

E-wallet merupakan aplikasi dompet digital yang digunakan untuk mempermudah Anda pada saat melakukan transaksi secara online atau nontunai.

Minat masyarakat Indonesia terhadap perkembangan pembayaran digital yang semakin pesat dapat membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memperhatikan tingkat kemudahan, kecepatan, keamanan dalam melakukan transaksi.

Daftar Newsletter

Daftar sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari Easylink!