Apa Itu IFSC (Indian Financial System Code) Code?

ifsc-code

Salah satu rahasia penting dibalik setiap transaksi elektronik di India adalah IFSC Code atau Indian Financial System Code. Dalam blog ini, kita akan membahas segala sesuatu tentang IFSC Code, dari definisi hingga cara kerjanya. Simak info selengkapnya dibawah ini!

Pengertian IFSC Code

IFSC atau Indian Financial System Code, adalah kode unik yang digunakan dalam sistem perbankan India. Kode ini membantu mengidentifikasi bank dan cabang yang terlibat dalam transaksi elektronik di India. IFSC sangat penting untuk memastikan dana ditransfer dengan benar dan ke cabang yang tepat.

Format IFSC

IFSC (Indian Financial System Code) adalah kode unik sepanjang 11 digit yang digunakan dalam transaksi keuangan elektronik di India. Format IFSC mencakup elemen berikut:

  1. 4 Huruf Pertama (Huruf Alfabet): Mewakili kode bank dan diambil dari inisial nama bank. Misalnya, “SBIN” untuk State Bank of India.
  2. Karakter Kelima (Angka 0): Selalu berupa angka “0” dan dicadangkan untuk penggunaan masa mendatang.
  3. 6 Karakter Terakhir (Angka atau Huruf): Mewakili kode cabang atau branch code, dapat terdiri dari kombinasi angka dan/atau huruf. Contoh: 001234.

Baca Juga: Apa Itu IBAN Code? Pengertian, Cara Cek dan Perbedaannya

Contoh Penulisan IFSC Code

  1. IFSC Code untuk State Bank of India (SBI), Cabang Mumbai Main Branch
  • Kode IFSC: SBIN0000300

Penjelasan: “SBIN” adalah kode bank untuk State Bank of India. “0000” adalah kode cabang (misalnya, kode 0300 dalam contoh di atas).

  1. IFSC Code untuk ICICI Bank, Cabang Bangalore Main Branch:
  • Kode IFSC: ICIC0000011

Penjelasan: “ICIC” adalah kode bank untuk ICICI Bank. “0000” adalah kode cabang (misalnya, kode 0011 dalam contoh di atas).

Setiap kode IFSC memiliki format yang konsisten dengan 4 huruf pertama mewakili kode bank, angka kelima selalu “0”, dan 6 karakter terakhir mewakili kode cabang. Kode cabang bisa berupa kombinasi angka dan/atau huruf, sesuai dengan kebutuhan masing-masing bank.

Fitur IFSC

IFSC Code memastikan transparansi dan akurasi dalam transaksi keuangan elektronik di India. Kode ini memungkinkan identifikasi tepat dari bank dan cabang, memfasilitasi transfer dana yang aman dan efisien.

Unik untuk Cabang Bank

IFSC Code adalah kode unik yang terkait dengan masing-masing cabang bank. Tidak ada dua cabang bank yang memiliki IFSC Code yang sama. Kode ini membedakan cabang satu dengan yang lain.

Baca Juga: Daftar Kode Bank Terlengkap Untuk Transaksi Keuangan

Mendukung Transfer Dana Elektronik

IFSC Code memungkinkan transaksi keuangan elektronik seperti NEFT, RTGS, dan IMPS. Kode ini penting untuk memfasilitasi proses transfer dana online antar bank.

Identifikasi Cabang Tertentu

Setiap karakter dalam IFSC Code memiliki makna penting. 4 karakter pertama mengidentifikasi bank, karakter kelima selalu angka “0”, dan 6 karakter terakhir mengidentifikasi cabang tertentu dari bank tersebut.

Mengurangi Kesalahan Transfer

Kode IFSC membantu menghindari kesalahan dalam transfer dana online. Karena setiap cabang bank memiliki IFSC Code yang berbeda, risiko kesalahan dalam mengalokasikan dana secara tidak tepat berkurang secara signifikan.

Cara Kerja IFSC Code

IFSC Code digunakan saat mentransfer dana elektronik, seperti RTGS, NEFT, dan IMPS. Pada saat pengiriman dana, IFSC Code dari bank penerima diperlukan untuk memastikan dana mencapai cabang yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Branch Code? Cara Menemukan dan Daftar Lengkapnya

Cara Menemukan IFSC Code

Bingung mencari IFSC Code untuk melakukan transaksi perbankan? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu kalian untuk menemukan IFSC Code:

  1. Cek Buku Tabungan Kalian: Cek di bagian depan atau belakang buku tabungan kalian. IFSC Code sering dicetak di salah satu halaman awal buku tabungan.
  2. Periksa Cek Kalian: Jika kalian memiliki cek bank, cek di bagian bawah cek. IFSC Code biasanya tercetak di situ.
  3. Gunakan Google: Cari di mesin pencari seperti Google dengan mengetikkan nama bank dan lokasi cabang. Misalnya, “IFSC Code (Nama Bank) (Lokasi Cabang)”.
  4. Kunjungi Situs Web Bank: Banyak bank memiliki situs web yang menyediakan fasilitas pencarian IFSC Code. Kunjungi situs web resmi bank kalian dan cari opsi “Cari IFSC Code” atau serupa.

Dengan langkah-langkah ini, kalian dapat dengan mudah menemukan IFSC Code bank kalian, sehingga dapat memudahkan proses transaksi keuangan kalian ke depan. 

Baca Juga: Apa Itu Bank Sort Code? Pengertian, Fungsi dan Cara Menemukannya

Daftar Tabel IFSC Code

Tabel IFSC Code berisi daftar lengkap kode IFSC untuk berbagai bank dan cabang di India. Tabel ini mencakup informasi penting yang diperlukan saat melakukan transaksi keuangan.

Bank IFSC
HDFC Bank HDFC0000128
Citibank CITI0000003
Axis Bank UTIB0000400
HSBC Bank HSBC0400002
Punjab National Bank PUNB0112000
IDBI Bank IBKL0NEFT01
Yes Bank YESB0CMSNOC
Induslnd Bank INDB0000018
State Bank of India SBIN00CARDS

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kode IFSC kalian benar! Untuk memastikan bahwa Kode IFSC yang kalian gunakan benar,  kalian dapat klik link berikut untuk memvalidasi kode IFSC kalian: Validasi Kode IFSC

Sekarang kalian telah memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai IFSC Code, dan sekarang kalian mengetahui bahwa IFSC Code merupakan suatu aspek penting dalam transaksi perbankan India. Untuk kirim uang ke India, Anda bisa gunakan Easylink sebagai Platform Transfer uang ke luar negeri.

ifsc-code-pengertian-format-dan-cara-menemukannya

About The Author