IBAN Code: Pengertian, Cara Cek dan Perbedaanya

iban-code

Halo! Easypeople kalian udah tau belum nih bahwa salah satu kunci utama dalam mengelola transaksi lintas batas adalah memahami IBAN (International Bank Account Number). Kali ini, kita akan membahas IBAN: apa itu, bagaimana formatnya, mengapa ini penting, dan apa perbedaannya dengan Kode SWIFT. Yuk stay tuned!

Apa Itu IBAN Code?

IBAN Code adalah singkatan dari International Bank Account Number, yaitu kode yang digunakan secara global untuk mengidentifikasi unik sebuah rekening bank.

IBAN Code terdiri dari kombinasi karakter alfanumerik yang mencakup informasi kunci, seperti kode negara, kode bank, cabang bank, dan nomor rekening. Kode ini sangat penting dalam transaksi keuangan internasional, memastikan dana ditransfer dengan benar ke tujuan yang tepat. 

IBAN Code diperlukan terutama untuk transfer dana ke negara-negara di Eropa dan beberapa wilayah lainnya.

Format IBAN Code

Format IBAN Code bervariasi tergantung pada negara dan lembaga keuangan. Namun, secara umum, IBAN Code memiliki format standar yang terdiri dari kombinasi karakter alfanumerik. Berikut adalah contoh format umum untuk IBAN Code:

Country Code + Check Digits + Bank Code + Branch Code + Account Number
  1. Kode Negara (Country Code): Dua huruf yang mewakili kode negara sesuai dengan ISO 3166-1 alpha-2.
  2. Digit Pemeriksa (Check Digits): Dua digit angka yang digunakan untuk memeriksa keaslian IBAN.
  3. Kode Bank (Bank Code): Identifikasi unik untuk bank penerima.
  4. Kode Cabang (Branch Code/Sort Code): Identifikasi cabang bank penerima (jika diperlukan).
  5. Nomor Rekening (Account Number): Nomor rekening bank penerima.

Panjang total IBAN Code dan posisi dari setiap komponen dapat bervariasi tergantung pada negara. Sebagai contoh, IBAN Code untuk negara-negara di Eropa memiliki panjang total sekitar 20 hingga 34 karakter.

Kelebihan IBAN Code

IBAN Code memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi standar yang penting dalam transaksi keuangan internasional:

  1. Standarisasi Internasional: Merupakan standar global untuk memudahkan transaksi lintas negara.
  2. Mengurangi Kesalahan: Inklusi digit pemeriksa mengurangi risiko kesalahan selama proses transaksi.
  3. Otomatisasi yang Efisien: Memudahkan proses otomatisasi dalam sistem perbankan.
  4. Identifikasi Cepat: Kode negara dan kode bank memungkinkan identifikasi rekening dengan cepat.
  5. Transparansi Informasi: Menggabungkan informasi penting dalam satu string, memudahkan interpretasi.
  6. Kompatibilitas SEPA: Cocok dengan sistem pembayaran unifikasi di wilayah Euro (SEPA).

Dengan kelebihan-kelebihan ini, IBAN Code membantu memperlancar dan mengoptimalkan proses transaksi keuangan internasional, meningkatkan keakuratan, efisiensi, dan keamanan.

Baca Juga: Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Perbedaan IBAN dan Swift Code

IBAN (International Bank Account Number) dan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) code adalah dua sistem identifikasi penting yang digunakan dalam transaksi keuangan internasional.

IBAN bertugas mengidentifikasi akun individu yang terlibat dalam transaksi internasional, dengan format 22-30 karakter alfanumerik yang mencakup kode negara, kode bank, kode cabang (jika ada), dan nomor rekening. Di sisi lain, SWIFT Code bertujuan mengidentifikasi bank tertentu selama transaksi internasional dengan kode alfanumerik yang panjangnya bervariasi. 

IBAN digunakan khususnya untuk mengirim uang ke luar negeri, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem IBAN. Sebaliknya, SWIFT Code digunakan untuk berbagai transaksi, baik finansial maupun non-finansial, di seluruh dunia. Penggunaan IBAN lebih umum di negara-negara Eropa, sementara SWIFT Code digunakan secara luas di seluruh dunia. 

Pada intinya, IBAN berfokus pada identifikasi akun individu, sedangkan SWIFT Code lebih terkait dengan identifikasi bank atau lembaga keuangan dalam transaksi internasional. Kedua sistem ini memegang peran penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan transaksi keuangan global.

Apakah Indonesia Punya IBAN?

Tidak, Indonesia tidak menggunakan IBAN (International Bank Account Number) sebagai sistem identifikasi rekening bank. IBAN lebih umum digunakan di sebagian besar negara di Eropa dan beberapa negara lain di luar Eropa.

Di Indonesia, sistem identifikasi rekening bank lebih sering menggunakan berbagai bentuk identifikasi internal yang dikeluarkan oleh bank-bank dan otoritas keuangan nasional. Salah satu bentuk identifikasi yang sering digunakan adalah kode bank (biasanya merupakan kode empat digit) dan nomor rekening nasional yang diberikan oleh bank kepada pemegang rekening.

Jadi, jika kalian melakukan transaksi ke atau dari Indonesia, kalian tidak perlu menggunakan IBAN. Sebaliknya, kalian akan menggunakan sistem identifikasi yang umumnya diterapkan dalam wilayah negara tersebut.iban-code-banner

About The Author