Apa Itu Cross Border? Cara Kerja dan Dampaknya Barang Impor

cross-border

Dalam dunia globalisasi, transaksi cross border atau lintas batas menjadi fenomena yang umum dalam perdagangan internasional. Pahami lebih dalam mengenai pengertian, cara kerja, dampak dari transaksi cross border, serta alternatifnya dengan QR Cross Border,  yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Transaksi Cross Border

Transaksi Cross Border merujuk pada segala jenis transaksi keuangan atau perdagangan yang melibatkan pihak-pihak dari dua negara atau lebih. Dalam konteks ini, “Cross Border” menandakan bahwa transaksi tersebut melintasi batas negara dan melibatkan subjek-subjek dari yurisdiksi yang berbeda.

Contoh transaksi Cross Border meliputi pembayaran internasional, perdagangan internasional barang dan jasa, investasi lintas negara, serta transfer uang antar negara. 

Transaksi ini memerlukan keterlibatan berbagai lembaga keuangan, organisasi perdagangan, dan pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan kepatuhan hukum internasional.

Dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, transaksi Cross Border dapat menjadi lebih kompleks, namun sekaligus memberikan peluang untuk pertumbuhan ekonomi dan kerja sama internasional. 

Pemahaman yang baik tentang aspek hukum, keuangan, dan regulasi yang terkait dengan transaksi Cross Border menjadi kunci untuk mengelola dan memaksimalkan potensi dalam konteks perdagangan global.

Baca Juga: Devisa: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Cara Kerja Transaksi Cross Border

Dalam konteks kerja transaksi pembayaran lintas batas, setiap negara memiliki mata uangnya sendiri, yang membuat transaksi tersebut bersifat non-fisik. Bank internasional menyediakan rekening bersama untuk mitra asing, memungkinkan berbagai bank melakukan pembayaran menggunakan mata uang asing.

Mitra asing ini bisa berupa lembaga keuangan atau bank yang dimiliki oleh setiap negara. Rekening internasional ini akan dikreditkan oleh satu entitas dan didebitkan dengan jumlah yang sama oleh entitas lain.

Sebagai contoh, dalam transaksi e-commerce lintas batas dari Indonesia ke Malaysia, bank di Indonesia akan mengirimkan instruksi pembayaran ke bank di Malaysia untuk pelanggan tersebut. Bank di Malaysia kemudian akan mengkredit rekening nasabah penerima menggunakan mata uang bank Indonesia.

Namun, tidak semua bank terhubung langsung secara internasional. Jika itu terjadi, perlu adanya perantara seperti bank koresponden untuk memfasilitasi transaksi tersebut.

Dampak Barang Impor Cross Border

Impor cross border membawa dampak signifikan pada perekonomian dan pasar global. Keberadaan barang impor memperluas pilihan konsumen, meningkatkan tingkat persaingan, dan mendorong efisiensi serta inovasi di tingkat lokal.

Sementara itu, industri lokal dapat merasakan dampaknya, menghadapi tekanan bersaing dan perubahan dalam pola produksi. Namun, impor juga membuka peluang diversifikasi ekonomi, mengurangi risiko ketergantungan pada satu pasar atau sumber. Lebih dari itu, transaksi lintas batas dapat memperkuat hubungan diplomatik dan mempengaruhi nilai tukar mata uang. 

Dengan pemahaman akan dampak-dampak ini, penting bagi pemangku kepentingan untuk merancang kebijakan yang seimbang dan strategi yang mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.transaksi-cross-border

QR Cross Border Untuk Alternatif Antar Negara

Dalam periode terkini, Bank Indonesia telah menguji coba QR Cross Border dengan Thailand dan Malaysia. Inovasi ini memungkinkan kedua negara untuk melaksanakan dan menerima pembayaran melalui kode QR.

Keberadaan QRIS Cross Border memegang peran penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, investasi, digitalisasi perdagangan, serta menjaga stabilitas ekonomi. Pendekatan ini juga berpotensi membantu UMKM untuk memperluas jangkauan.

Adopsi konsumen internasional mempermudah proses pembelian produk lokal, serta memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dengan memungkinkan wisatawan untuk melakukan transaksi secara efisien dan mudah.

Dengan berkembangnya teknologi, QR Cross Border menjadi solusi alternatif yang efisien dalam transaksi antar negara. Semakin dalam pemahaman kita terhadap dinamika transaksi lintas batas, semakin baik pula kita dapat mengoptimalkan potensi perdagangan internasional dengan menghadirkan inovasi yang memudahkan dan mempercepat proses transaksi.

About The Author